Contoh susunan acara dalam peringatan Maulid Nabi

contoh-susunan-acara-dalam-peringatan-maulid-nabi

Jakarta (ANTARA) –

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan salah satu tradisi penting bagi umat Islam yang dilakukan setiap tahun untuk mengenang kelahiran Rasulullah.

Acara ini biasanya diselenggarakan di masjid, aula, sekolah ataupun tempat umum, serta melibatkan jamaah muslim dari berbagai kalangan.

Maulid Nabi menjadi hari besar umat Islam yang diperingati setiap 12 Rabiul Awal dalam kalender hijriah. Tahun ini, peringatan Maulid Nabi jatuh pada 16 September 2024.

Acara Maulid Nabi 1446 H dapat diadakan di berbagai lokasi. Untuk memastikan kelancaran, perlu disusun rangkaian acara yang tepat.

Bagi Anda yang sedang merencanakan acara Maulid Nabi di masjid, aula, sekolah, atau tempat umum lainnya, simaklah contoh umum susunan acara Maulid Nabi dalam artikel ini.

Contoh umum susunan acara Maulid Nabi

1. Pembukaan

Acara dimulai dengan pembukaan oleh pembawa acara. Biasanya, pembukaan ini disertai dengan pembacaan basmalah dan doa singkat untuk keberkahan acara.

2. Pembacaan ayat suci Al-Qur’an

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an. Pembacaan ini dilakukan oleh qari atau hafiz yang sudah ditunjuk sebelumnya.

3. Pembacaan shalawat Nabi

Seluruh peserta diajak melantunkan shalawat Nabi bersama-sama. Shalawat ini merupakan ungkapan cinta dan penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW.

4. Ceramah Maulid Nabi

Puncak acara biasanya adalah ceramah atau tausiyah dari seorang ustaz atau kiai. Ceramah ini berisi pesan-pesan keagamaan yang meneladani akhlak Nabi Muhammad SAW serta relevansi ajaran beliau dengan kehidupan masa kini.

5. Doa bersama

Setelah ceramah, doa bersama dipimpin oleh seorang pemuka agama. Doa ini biasanya ditujukan untuk keberkahan, keselamatan, dan kebaikan umat Islam, baik di dunia maupun akhirat.

6. Penutup

Acara diakhiri dengan penutupan oleh pembawa acara. Sebagai penutup, ucapan terima kasih disampaikan kepada seluruh peserta dan panitia. Acara bisa diakhiri dengan saling bersalaman dan ramah tamah.

Dapat diketahui, Setiap daerah atau komunitas mungkin memiliki variasi kegiatan dalam susunan acara peringatan Maulid Nabi, namun inti dari perayaan tetap konsisten, yaitu meningkatkan kecintaan dan penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW.

Kegiatan dalam Maulid Nabi

Pada peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, biasanya dilakukan kegiatan-kegiatan keagamaan sebagai berikut:

1. Tausiyah

2. Membaca sholawat

3. Bersedekah

4. Mengadakan majelis taklim

5. Mengadakan pertunjukan nasyid

6. Berbagi makanan

7. Membaca lebih banyak surah dalam Al Qur’an

8. Memperbanyak ibadah

9. Membaca sejarah Nabi Muhammad SAW

10. Mendengarkan kajian

Berikut merupakan contoh umum susunan acara Maulid Nabi yang sederhana namun penuh makna. Selain memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW, acara ini juga berfungsi sebagai sarana untuk meningkatkan keimanan dan ukhuwah antar sesama umat Islam.

Pewarta: M. Hilal Eka Saputra Harahap

Editor: Alviansyah Pasaribu

Copyright © ANTARA 2024

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Contoh susunan acara dalam peringatan Maulid Nabi

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us