Membongkar Budaya Patriaki di sebagian Masyarakat Madura dengan Pendekatan Trilogi Fatwa KUPI

membongkar-budaya-patriaki-di-sebagian-masyarakat-madura-dengan-pendekatan-trilogi-fatwa-kupi

Mubadalah.id – Hingga saat ini, yang menjadi persoalan di sebagaian masyarakat Madura adalah soal kuatnya peran laki-laki daripada para perempuan. Dalam berbagai bidang di ruang publik maupun domestik banyak dikuasai oleh para laki-laki.

Sehingga para perempuan diminta hanya untuk patuh kepada semua perintah laki-laki. Dalam bahasa yang berkembang saat ini, kepatuhan perempuan kepada laki-laki, kita kenal dengan budaya patriaki. Sebuah budaya yang menempatkan perempuan hanya sebagai kelas dua dibanding laki-laki.

Bahkan dengan budaya patriaki yang berkembang di sebagian masyarakat di Madura, justru menjadi kesempatan bagi para laki-laki untuk mendomestifikasi, dan merendahkan perempuan. Bahkan tidak sedikit menganggap para perempuan hanya sebagai pelengkap untuk kehidupannya.

Faktor Penyebab

Namun, dengan melihat realitas tersebut, sebetulnya apa sih penyebab budaya patriaki ini begitu melekat di sebagian masyarakat Madura. Dalam refleksi melihat realitas di kehidupan, saya mencoba mengkaji terkait apa saja faktor penyebabnya.

Pertama, agama dan tradisi keagamaan. Masyarakat Madura kita kenal sebagai komunitas yang religius, dengan mayoritas beragama Islam. Interpretasi konservatif dari ajaran agama sering kali memperkuat peran gender tradisional, di mana laki-laki dianggap sebagai pemimpin keluarga dan masyarakat, sementara perempuan diharapkan menjalankan peran domestik.

Kedua, kultur laki-laki sebagai pemimpin. Di Madura, laki-laki sering kali dianggap sebagai kepala keluarga dan pemimpin di berbagai aspek kehidupan. Status sosial laki-laki sering dikaitkan dengan kemampuan mereka dalam melindungi dan mengatur keluarga, yang memperkuat peran dominan laki-laki dalam masyarakat.

Ketiga, pendidikan yang terbatas untuk perempuan. Meskipun pendidikan formal semakin meluas, dalam sebagian masyarakat Madura, perempuan sering kali memiliki akses yang lebih terbatas terhadap pendidikan daripada laki-laki.

Keempat, nilai-nilai lokal. Nilai-nilai lokal yang terwariskan dari generasi ke generasi cenderung menempatkan perempuan dalam peran subordinat. Peran perempuan sering kali terbatas pada urusan rumah tangga dan mengurus anak, sementara laki-laki mengambil peran di ruang publik dan sebagai pengambil keputusan.

Dengan empat faktor penyebab tersebut, menurut saya hal inilah yang sangat mempengaruhi kehidupan perempuan di Madura. Mereka menghadapi tembok besar yang menyulitkan mereka untuk tumbuh dan berkembang. 

Sehingga, mau tidak mau, tembok besar tersebut harus kita bongkar, dengan kehidupan yang lebih maslahat dan berkeadilan bagi perempuan. Kita bisa memulainya dengan mengajak para perempuan untuk terlibat di ruang-ruang yang strategis dalam membangun kehidupan.

Misalnya, kita bisa mengajak atau berkolaborasi dengan para ulama perempuan Madura untuk mengisi ruang-ruang tersebut. Termasuk mengajak mereka untuk terlibat aktif dalam berbagai kehidupan di masyarakat. Seperti mengisi pengajian, menjadi ibu nyai, mengelola komunitas, menjadi bagian dari lembaga-lembaga keagamaan, menjadi dosen, rektor dan lain sebagainya.

Trilogi Fatwa KUPI

Keterlibatan ulama perempuan dalam kehidupan terutama memiliki perspektif Trilogi Fatwa KUPI (mubadalah, makruf dan keadilan hakiki), menurut saya bisa menyelesaikan berbagai permasalahan yang tengah dihadapi oleh perempuan di dalam lingkungannya. Apalagi trilogi KUPI menjamin kehidupan perempuan dan laki-laki lebih setara, adil, maslahah dan tidak ada yang menempatkan mereka lebih tinggi maupun rendah.

Karena dalam konsep ini menekankan bahwa laki-laki dan perempuan adalah manusia. Keduanya harus sama-sama harus saling menghormati, menghargai dan memuliakan.

Sehingga dengan pendekatan Trilogi Fatwa KUPI, saya meyakini tembok besar (budaya patriaki) bisa kikis dengan secara perlahan. Dengan begitu kehidupan perempuan di Madura menjadi perempuan yang terhormat dan sama-sama memiliki otoritas untuk kehidupannya. []

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Membongkar Budaya Patriaki di sebagian Masyarakat Madura dengan Pendekatan Trilogi Fatwa KUPI

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us