Ikan arsik hingga sambal teri medan menu andalan area kontrol PON 2024

ikan-arsik-hingga-sambal-teri-medan-menu-andalan-area-kontrol-pon-2024

Medan, Sumatera Utara (ANTARA) – Berbagai makanan khas Sumatera Utara (Sumut), seperti ikan arsik, ayam natinombur, daun ubi tumbuk, hingga sambal teri Medan menjadi menu andalan di area kontrol utama Pengurus Besar (PB) Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Wilayah Sumut di Hotel Santika Premiere Dyandra Medan.

Salah satu koki di Hotel Santika, Lijon Parhusip mengatakan berbagai menu andalan tersebut disajikan untuk pengunjung sejak pembukaan pusat media (media center) utama PON pada Minggu (8/9).

“Menunya berganti-ganti selama 20 hari ini supaya tamu-tamu tidak bosan,” ujar Lijon di Medan, Sumatera Utara, Kamis.

Adapun pada area kontrol utama PB PON XXI 2024 Wilayah Sumut terdapat dua ruangan kontrol, yakni pusat komando (command center) utama dan pusat media utama untuk PON XXI 2024 wilayah Sumut.

Pada hari pertama saat pembukaan pusat media utama, Lijon menuturkan pihaknya menyajikan ayam natinombur untuk pengunjung. Ayam tersebut merupakan makanan khas Suku Batak Toba dengan ciri khas rempah andaliman.

Selanjutnya sepanjang PON berlangsung, kata dia, berbagai menu yang disajikan akan terus berganti.

Selain menjadi area kontrol utama PBN PON XXI 2024, Hotel Santika Premiere Dyandra juga menjadi lokasi pertandingan salah satu cabang olahraga pada perhelatan PON 2024, yakni dancesport.

Sementara itu, salah satu jurnalis peliput PON XXI 2024 dari Nusa Tenggara Timur, Aloysius Tani, mengaku sangat nyaman berada di pusat media utama PON XXI 2024 wilayah Sumut, yang difasilitasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tersebut.

Aloysius, yang merupakan Jurnalis RRI Kupang, mengatakan fasilitas pada pusat media utama yang berada di area kontrol utama tersebut lengkap dan nyaman.

“Semua fasilitas tersedia dari WiFi, ruangan dingin, stopkontak banyak, serta makan dan minum juga selalu tersedia,” ucap Aloysius.

PON Aceh-Sumut 2024 diselenggarakan pada 8-20 September, namun sejumlah pertandingan sudah digelar sejak akhir Agustus. Sebanyak 65 cabang olahraga akan dipertandingkan dalam perhelatan di dua wilayah tersebut, yang diisi mulai dari cabang olahraga tradisional hingga modern.

Pembukaan PON XXI 2024 telah berlangsung pada Senin (9/9) di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh. Sementara itu, acara penutupan akan dilaksanakan pada Jumat (20/9) di Stadion Utama Sport Center Sumut, yang dijadwalkan akan dihadiri Presiden Joko Widodo.

Adapun PON Aceh-Sumut 2024 menjadi edisi terbesar dalam sejarah karena melibatkan hampir 13.000 atlet dan 6.000 lebih ofisial. Selain itu, PON kali ini juga menjadi yang pertama dilaksanakan di dua provinsi sebagai tuan rumah.

Baca juga: Festival Kuliner Serpong suguhkan aneka makanan khas Medan

Baca juga: Omzet Pakkat makanan khas Mandailing Natal naik 100 persen di Medan

Baca juga: Sepiring Mie Kangkung Belacan, buatmu tak kan lupakan Medan

Pewarta: Agatha Olivia Victoria

Editor: Alviansyah Pasaribu

Copyright © ANTARA 2024

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Ikan arsik hingga sambal teri medan menu andalan area kontrol PON 2024

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us