9 Macam Pakaian yang Harus Dihindari saat Naik Pesawat, Sebelum Rencana Liburan Catat Dulu!

9-macam-pakaian-yang-harus-dihindari-saat-naik-pesawat,-sebelum-rencana-liburan-catat-dulu!

Beberapa pakaian yang harus dihindari saat naik pesawat/Foto: Freepik.com/freepik

Saat kamu memilih alat transportasi berupa pesawat untuk melakukan perjalananmu, tentu memperhatikan kenyamanan selama penerbangan sangatlah penting. Terlebih lagi jika perjalanan udara tersebut membutuhkan waktu yang lama.

Salah satu bentuk kenyamanan yang harus diperhatikan ialah pakaian yang akan kamu kenakan saat naik pesawat. Karena ada beberapa jenis pakaian yang tidak disarankan untuk dikenakan saat naik pesawat.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut beberapa jenis pakaian yang sebaiknya dihindari saat naik pesawat. Simak di bawah ini!

1. Celana Ketat

Ilustrasi memakai celana ketat/Foto: Freepik.com/freepik

Celana ketat atau skinny sebaiknya dihindari saat naik pesawat. Pasalnya, celana ini dapat membatasi gerak dan mempengaruhi kenyamanan, terutama bagi kamu yang cenderung mengalami kembung saat bepergian. 

Menurut Leah Wise, penata gaya pribadi dan blogger perjalanan, celana ketat tidak cocok untuk penerbangan jarak jauh. “Karena Anda duduk dalam waktu yang lama, pinggang dan kancing dapat menekan perut Anda,” katanya, sebagaimana dilansir dari Best Life. 

2. Celana Pendek

Ilustrasi memakai celana pendek/Foto: Freepik.com/yanalya

Sebaiknya, hindari memakai celana pendek saat terbang menggunakan pesawat. Karena celana pendek tidak memberikan banyak perlindungan bagi kaki dari kuman. Melansir dari Glam, kursi pesawat tidak sebersih yang kita duga, meskipun pramugari telah berusaha sebaik mungkin untuk menjaga semuanya tetap bersih selama penerbangan. 

Kita tidak pernah tahu, mungkin saja sebelumnya ada penumpang yang menyeka tangan di kursi setelah makan camilan, menggosok hidung, atau membersihkan muntahan bayi. 

3. Atasan Tanpa Lengan

Ilustrasi memakai atasan tanpa lengan/Foto: Freepik.com/freepik

Atasan tanpa lengan sebaiknya dihindari saat naik pesawat. Karena saat berada di udara, AC kemungkinan besar akan menyala dengan volume penuh.

“Jika Anda memilih atasan tanpa lengan, bersiaplah untuk mengenakan beberapa lapis pakaian. Pastikan Anda memiliki kaus atau jaket untuk dikenakan di atasnya,” kata Wise. 

4. Jumpsuit

Ilustrasi memakai jumpsuit/Foto: Freepik.com/kroshka__nastya

Meski terlihat stylish, sebaiknya hindari jenis pakaian satu ini saat naik pesawat. Pasalnya, memakai jumpsuit hanya akan merepotkan dirimu sendiri saat menggunakan toilet di dalam pesawat. 

Karena kamu terpaksa harus membuka seluruh bagian atas jumpsuit. Tanpa sadar, pakaian tersebut bisa menyentuh lantai yang kotor. Alhasil, kuman dan bakteri pun menempel di pakaianmu. Demikian dikutip dari detikTravel

5. Pakaian yang Terbuka atau Tembus Pandang

Ilustrasi memakai baju yang agak terbuka/Foto: Freepik.com/jcomp

Untuk menghormati penumpang lain, ada baiknya kamu menghindari memakai pakaian yang terbuka atau tembus pandang. Karena mengingat di dalam pesawat tentunya dipenuhi berbagai orang dengan segala usia. 

Oleh sebab itu, pilihlah sikap aman, karena mungkin ada penumpang anak-anak di sekitarmu. 

6. Pakaian Berwarna Putih

Ilustrasi memakai baju putih/Foto: Freepik.com/lookstudio

Sebenarnya tidak masalah menggunakan pakaian berwarna putih saat naik pesawat. Namun, perlu diketahui bahwa pesawat bukanlah tempat yang paling bersih. Karena bisa saja di kursi pesawat menempel sisa-sisa makanan atau minuman yang belum dibersihkan.

Hal ini tentu dapat menimbulkan noda pada pakaian putih yang sulit dihilangkan. 

7. Pakaian dengan Bahan Kain Halus

Ilustrasi memakai pakaian dengan bahan kain halus/Foto: Freepik.com/lookstudio

Pakaian dengan bahan dari kain halus seperti sutra, sifon, satin, dan renda perlu dihindari saat naik pesawat. Karena saat kamu hendak duduk, pakaianmu bisa saja tersangkut di tepi atau sudut, yang menyebabkan robekan, atau bisa saja kamu terjebak duduk di sebelah anak kecil yang suka menarik-narik pakaian. 

Apa pun bisa saja terjadi saat kamu berada di pesawat. Jika kamu mengenakan pakaian yang sangat tipis atau halus, kemungkinan robekan dan sobekan merupakan risiko yang harus diperhitungkan. 

8. Pakaian dengan Bahan Kain yang Gatal

Ilustrasi memakai sweater/Foto: Freepik.com/freepik

Saat naik pesawat, sebaiknya kamu menghindari pakaian dengan bahan kain yang gatal seperti sweater yang berasal dari serat wol dan legging lateks elastis. Karena jenis pakaian ini dapat mengiritasi kulit dengan cara yang menyebabkan rasa gatal.

Mengalami rasa gatal selama penerbangan tentu sangat mengganggu. Karena kamu merasa seperti terjebak dalam pakaian tersebut sampai mendarat. 

9. Pakaian dengan Bahan Kain Kusut

Ilustrasi memakai baju yang mudah kusut/Foto: Freepik.com/freepik

Beberapa gaun, celana, dan atasan yang trendi terbuat dari kain yang kusut. Bahan kain yang kusut memiliki permukaan yang berkerut, dan umumnya ditutupi oleh puncak dan lembah kecil dari atas ke bawah. Pakaian dengan bahan kain yang kusut sebaiknya dihindari saat naik pesawat. 

Setiap kali kamu bergerak dengan pakaian yang kusut, pakaian tersebut berpotensi menimbulkan banyak suara. Jika pakaianmu mengeluarkan suara setiap kali kamu membetulkan posisi duduk, meraih sesuatu, atau berdiri untuk menggunakan kamar mandi, maka ini bisa saja mengganggu penumpang lain. 

Nah, itulah sederet pakaian yang tidak disarankan untuk dikenakan saat naik pesawat. Jadi, gunakanlah pakaian yang nyaman, aman, dan tidak mengganggu orang lain ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
9 Macam Pakaian yang Harus Dihindari saat Naik Pesawat, Sebelum Rencana Liburan Catat Dulu!

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us