Bisa Real Time, Sistem Aplikasi Jamin Kesejahteran Pekerja Migran Luar Negeri Diluncurkan

bisa-real-time,-sistem-aplikasi-jamin-kesejahteran-pekerja-migran-luar-negeri-diluncurkan

Jakarta, jurnal9.tv -Munculnya berbagai masalah ketenagakerjaan di luar negeri atau sering disebut Pekerja Migran Indonesia, direspon oleh para pemerhati dan pelaku usaha dengan meluncurkan Sistem Aplikasi Kesejahtaraan Pekerja Migran Indonesia (PMI) Di luar Negeri. Sistem Aplikasi ini oleh Staf Ahli Bidang Manajemen Krisis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Fajar Hutomo Kamis (19/9), di Hotel Grand Melia Jakarta. Hadir mendampingi peluncuran itu, CEO PT Sistem Pintar Global, Dato’ Dr. Fauzi Mohamad dan H. Adek Erfil Manurung, SH yang bertindak sebagai komisaris di perusahaan tersebut. Sejumlah asosiasi dan stakeholder ketenagakerjaan juga dalam peluncuran tersebut.

Adek Erfil Manurung, mengatakan Sistem ini bertujuan memantau kesejahteraan Pekerja Migran Indonesia Ketika bekerja diluar negeri. Melalui system ini semua Pekerja Migran Indonesia di luar negeri akan dapat mengirim pesanan singkat melalui Handphone, bahkan jika diperlukan bantuan segera atau Distress Message. “Bila ada kejadian mendesak yang menimpa pekerja migran kita di luar negeri, maka sistem ini secara otomatis dan Real Time akan mengirim pesanan darurat kepada Kedutaan Republik Indonesia setempat, Kementerian Ketenagakerjaan di Indonesia dan juga lembaga perlindungan pekerja sebagaimana BP2MI,” tegasnya.

Adek juga menjelaskan sistem aplikasi ini juga akan mendeteksi lokasi Pekerja Migran Indonesia, Alamat, nama majikan Pekerja Migran Indonesia. Untuk menjalankan sistem ini, pihaknya telah bekerjasama dengan para Stake Holder berkaitan Pekerja Migran Indonesia sebagaiman Lembaga Bantuan Hukum Laskar Merah Putih (LBH LMP), Asosiasi Perusahaan Tenaga Kerja Indonesia (APJATI), Asosiasi Perusahaan Penempatan Tenaga Kerja Indonesia (ASPATAKI), Himpunan Pengusaha Jasa Tenaga Kerja Indonesia (Himsataki), Perkumpulan Pengusaha Penempatan Pekerja Migran Indonesia (Perpemindo) serta Himpunan Pemeriksa Tenaga Kesehatan Indonesia (HIPTEK).

Sementara itu, Fajar Hutomo saat peluncuran mengatakan pemerintah, khususnya Kementerian Parkwisata dan Ekonomi.Kreatif mendukukung sepenuhnya inisiatif PT Sistem Pintar Global ini. Baginya, Pekerja migran adalah duta-duta besar bangsa di luar negeri yang selain menghasilkan devisa, juha bisa menperkenalkan budaya bangsa bahkan mengundang wisatawan dari luar negeri. “Contoh.sederhananya adalah populernya indomie dan mie instan di seluruh dunia adalah berkat jasa pekerja migran kita yang memperkenakan kepada dunia sekitarnya,” ujarnya. (*)

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Bisa Real Time, Sistem Aplikasi Jamin Kesejahteran Pekerja Migran Luar Negeri Diluncurkan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us