Sering Dianggap Sehat, 7 Camilan Ini Justru Bikin Berat Badan Naik

sering-dianggap-sehat,-7-camilan-ini-justru-bikin-berat-badan-naik

Camilan yang sering dianggap sehat ini ternyata bisa membuat berat badan naik/Foto: Freepik.com/freepik

Ngemil sering kali menjadi kesenangan bagi sebagian besar orang, terutama para perempuan. Di pasaran, mudah sekali menemukan berbagai camilan lezat sesuai selera, ada yang menyehatkan dan ada juga yang sebaliknya.

Bagi Beauties yang sedang menjaga berat badan, tentu akan lebih berhati-hati dalam memilih camilan, dan pastinya akan lebih memilih camilan yang menyehatkan dan tidak membuat berat badan naik.

Namun jangan sampai terkecoh, Beauties. Karena sering kali beberapa camilan dengan label sehat justru belum tentu menyehatkan dan malah membuat berat badan naik!

Nah, melansir dari CNN Indonesia, berikut beberapa camilan yang sering dianggap sehat, namun malah bisa membuat berat badan naik. 

1. Kue Beras

Ilustrasi kue beras/Foto: Freepik.com/freepik

Kue beras atau rice cake biasanya sering memberikan label rendah kalori dan bebas lemak. Namun ternyata, indeks glikemik kue beras sangat tinggi, yakni dengan skor 82. Sementara itu, indeks glikemik merupakan ukuran bagaimana suatu makanan meningkatkan gula darah atau insulin.

Makanan dengan indeks glikemik tinggi memang dapat memberikan dorongan energi, tetapi dapat membuat kamu lapar dalam beberapa jam, sebagaimana dikutip dari Eat This, Not That!. 

2. Keripik Pisang

Ilustrasi keripik pisang/Foto: Freepik.com/freepik

Untuk memenuhi kebutuhan serat, konsumsi buah sangatlah penting. Akan tetapi, pilihlah buah segar, bukan dalam bentuk keripik. Begitu juga dengan keripik pisang. Meski pisang termasuk buah yang kaya manfaat, namun tidak dengan olahannya. 

Setelah diolah sedemikian rupa, keripik pisang terdapat tambahan lemak jenuh dan kalori. Diet tinggi lemak jenuh dapat merusak produksi hormon yang meregulasi nafsu makanan. 

3. Granola

Ilustrasi granola/Foto: Freepik.com/freepik

Karena dibuat melalui proses penambahan minyak dan gula, maka granola bisa mengandung kalori tinggi. Karena itulah Beauties, granola mungkin tidak sesehat kelihatannya. 

Namun, tak masalah jika kamu mengonsumsinya sebagai camilan. Asalkan perhatikan porsinya. 

4. Yogurt Rasa

Ilustrasi yogurt rasa/Foto: Freepik.com/KamranAydinov

Yogurt mengandung protein yang mengenyangkan, pembentuk otot, dan probiotik yang bermanfaat bagi perut. Karena itu, yogurt termasuk makanan yang sangat baik untuk menurunkan berat badan.

Namun tidak dengan yogurt berperisa, karena mengandung gula tambahan. Lebih baik pilih yogurt tawar tanpa tambahan perisa rasa apa pun. Kamu bisa menambahkan rasa dengan memberikan topping buah-buahan atau kacang-kacangan.

5. Smoothie Kemasan

Ilustrasi smoothie/Foto: Freepik.com/freepik

Smoothie buah terdengar seperti minuman yang menyehatkan. Akan tetapi, jika kamu membeli smoothie kemasan, bisa jadi sudah ada tambahan gula yang berlebihan di dalamnya. Banyak dari smoothie kemasan yang dijual tersebut dicampur dengan produk olahan susu berkalori tinggi dan pemanis. 

Karena itu Beauties, sebaiknya kamu tidak mengonsumsinya secara berlebihan, atau buat sendiri smoothie dan tetap memperhatikan kalorinya.

6. Keripik Sayur

Ilustrasi keripik sayur/Foto: Freepik.com/freepik

Meski tampak lezat dan menyehatkan, namun camilan ini bisa saja membuat berat badan naik. Karena keripik sayur penuh garam dan minyak. 

Kamu bisa mencoba menikmati camilan dari sayur dengan cara yang lebih sehat. Potonglah sayuran segar dan masukkan ke dalam kulkas. Setelah dingin, sayuran bisa dinikmati dengan hummus atau saus buatan sendiri dari minyak zaitun dan perasan lemon. 

7. Kacang dengan Pemanis Tambahan

Ilustrasi kacang/Foto: Freepik.com/freepik

Kacang-kacangan termasuk camilan yang menyehatkan. Namun, akan sebaliknya jika kacang tersebut mengandung pemanis tambahan. 

Misalnya, kacang panggang dengan madu mengandung 4 gram gula tambahan per sajian. Jika satu kemasan terdiri dari 2-3 sajian, maka asupan gula pun meningkat dan membuat berat badan naik. 

Itulah Beauties, beberapa camilan yang sering dianggap sehat, namun justru bisa membuat berat badan naik, apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan. Karena itu, hindari atau bijaklah dalam mengonsumsinya jika ingin menurunkan berat badan.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Sering Dianggap Sehat, 7 Camilan Ini Justru Bikin Berat Badan Naik

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us