10 Cara Mengatasi Update Google Play Error Biar Terpasang!

10-cara-mengatasi-update-google-play-error-biar-terpasang!
10 Cara Mengatasi Update Google Play Error Biar Terpasang!

Cara Mengatasi Update Google Play Error - Header

Gadgetren – Google Play Store telah menjadi bagian penting dalam sistem operasi Android. Kebanyakan orang memerlukannya untuk memasang atau memperbarui aplikasi di dalam ponsel mereka.

Maka dari itu, kita mungkin akan sedikit kesulitan untuk mengoperasikan ponsel Android saat toko aplikasi buatan Google tersebut tiba-tiba mengalami masalah. Setidaknya kita nanti perlu mencari solusi supaya bisa mengatasinya.

Salah satu masalah yang sering muncul saat menggunakan Play Store adalah proses update aplikasi maupun layanan tersebut bisa tiba-tiba menjadi error. Ada banyak penyebabnya tetapi kurang lebih dapat diatasi sebagai berikut.

1. Cek Koneksi Internet

Memeriksa koneksi di ponsel menjadi langkah pertama yang bisa dicoba saat mengalami masalah dalam update Play Store. Sambungan internet baik melalui jaringan seluler maupun WiFi soalnya sangat diperlukan untuk menggunakan layanan tersebut.

Kita dalam hal ini dapat mencoba mengecek koneksi seluler dengan mengaktifkan mode pesawat untuk sementara waktu, kemudian mengaktifkannya kembali. Kita juga dapat mencoba berpindah lokasi ke tempat yang lebih tinggi dan terbuka jika diperlukan.

Apabila memang sulit mendapat sinyal, kita pun dapat beralih dari jaringan seluler ke WiFi. Koneksi yang ditawarkan oleh sambungan WiFi umumnya mempunyai kecepatan yang lebih dan stabil sehingga memungkinkan pembaruan berjalan lancar.

2. Cek Ruang Penyimpanan

Faktor kedua yang dapat menyebabkan error dalam proses pembaruan di layanan Play Store terletak pada ketersediaan ruang penyimpanan. Saat memori internal perangkat penuh, mengunduh berkas yang diperlukan pun jadi tidak memungkinkan.

Saat ruang penyimpanan menipis dan tidak mencukupi untuk mengunduh berkas pembaruan, kita pun dapat mencoba mengosongkannya dengan menghapus aplikasi-aplikasi yang sudah tidak terpakai atau data-data yang sudah diperlukan.

Untuk menghapus aplikasi-aplikasi yang sudah tidak diperlukan, kita dapat memakai fitur bawaan Play Store seperti langkah di atas. Kita selanjutnya bisa menggunakan aplikasi pengelola berkas atau file manager bawaan ponsel untuk data-data yang lain.

3. Cek Pembaruan Sistem Operasi

  • Buka halaman Settings di ponsel yang digunakan.
  • Cari dan buka menu pembaruan sistem.
  • Ketuk tombol Check for updates.
    Cara Mengatasi Update Google Play Error 6
  • Pasang pembaruan sistem jika tersedia.

Masalah pembaruan yang error untuk Play Store juga bisa terjadi akibat bug atau kompabilitas dari sistem operasi. Dalam menanganinya, sangat penting untuk memastikan bahwa perangkat sudah menjalankan peranti lunak yang paling mutakhir.

Dalam sejumlah kasus, mungkin perlu menunggu selama beberapa waktu sebelum menerima pembaruan sistem. Bahkan terkadang kita juga terpaksa harus membeli sebuah ponsel baru jika perangkat memang sudah tidak kompatibel lagi.

4. Buka Ulang Google Play Store

Gagalnya pembaruan Play Store juga bisa terjadi karena aplikasi yang tidak berjalan sebagaimana seharusnya seperti penumpukan perintah atau kesalahan membaca data. Menyegarkan aplikasi tersebut makanya bisa menjadi salah satu penanganan yang bisa dipertimbangkan.

Sama seperti aplikasi-aplikasi yang lain, menyegarkan Play Store pun dapat dilakukan dengan memaksa berhenti lalu menjalankannya kembali. Kita dalam hal ini dapat memanfaatkan fitur pengelolaan aplikasi di dalam pengaturan sistem operasi Android.

5. Muat Ulang Perangkat

Memuat ulang perangkat juga dapat menjadi solusi yang bisa dicoba saat pembaruan Play Store mengalami masalah. Dengan melakukannya, sistem di dalam perangkat akan berjalan secara lebih segar.

Sistem dalam hal ini akan berjalan dengan fitur, aplikasi, hingga layanan yang diperlukan untuk menyalakan perangkat saja. Sementara itu, proses yang mungkin menyebabkan masalah dalam pembaruan Play Store akan dihentikan.

6. Bersihkan Cache atau Data Google Play Store

Membersihkan cache atau data yang menumpuk juga menjadi salah satu langkah yang dapat dicoba apabila pembaruan Play Store mengalami error. Penumpukan dari kedua jenis berkas tersebut terkadang dapat menyebabkan sejumlah masalah pada aplikasi berkaitan.

7. Pasang Ulang Pembaruan Google Play Store

Kesalahan dalam pemasangan berkas pembaruan seperti ketidaksesuaian atau kerusakan data juga dapat menyebabkan sejumlah masalah di Play Store. Termasuk di antaranya dapat membuat proses update aplikasi maupun layanan tersebut menjadi terkendala.

Memasang ulang pembaruan aplikasi Play Store pun dapat menjadi salah satu upaya yang diambil apabila hal itu terjadi. Dengan begitu, perangkat bisa memperoleh data-data yang sesuai atau mengunduh kembali berkas yang mungkin mengalami kerusakan.

8. Tambahkan Ulang Akun Google

Sebagai opsi lain, kita juga dapat menambahkan ulang Akun Google ke dalam ponsel atau tablet. Masalah pembaruan Play Store juga mungkin terjadi karena kesalahan sinkronisasi atau penambatan data antara profil di server dan perangkat.

9. Hapus Cache Google Play Services

Karena berjalan secara berkaitan, gangguan pada Play Store juga dapat disebabkan oleh masalah yang terjadi di Google Play Services. Membersihkan cache layanan ini makanya layak untuk dicoba saat pembaruan mengalami kendala.

10. Pasang Ulang Aplikasi yang Dimaksud

Jika pembaruan hanya gagal untuk aplikasi tertentu saja, memasang ulang aplikasi bersangkutan pun bisa menjadi solusi selanjutnya. Kita dalam hal ini hanya perlu menghapus lalu mengunduh kembali aplikasi tersebut.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
10 Cara Mengatasi Update Google Play Error Biar Terpasang!

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us