5 Alasan Mengapa Kamu Harus Mandi Air Dingin Setiap Pagi, Benarkan Bikin BB Turun?

5-alasan-mengapa-kamu-harus-mandi-air-dingin-setiap-pagi,-benarkan-bikin-bb-turun?

Ade Irma Suryani | Beautynesia

Jumat, 04 Oct 2024 05:00 WIB

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Mandi Air Dingin Setiap Pagi, Benarkan Bikin BB Turun?

Manfaat mandi air dingin setiap pagi/Foto: Freepik/user18526052

Mandi air dingin di pagi hari sering kali menjadi sesuatu yang agak menakutkan atau mengejutkan bagi sebagian besar orang. Alasannya ,karena tidak ingin merasa kedinginan. Karena itu, jika disuruh memilih, banyak orang lebih memilih mandi dengan air hangat daripada air dingin. 

Padahal, kebiasaan mandi air dingin di pagi hari memiliki banyak manfaat kesehatan lho. Melansir dari India Times, berikut beberapa alasan mengapa kamu harus mempertimbangkan mandi air dingin setiap pagi. Simak di bawah ini!

1. Meningkatkan Kewaspadaan dan Energi

Ilustrasi/Foto: Freepik.com/freepik

Selain menyegarkan, mandi air dingin di pagi hari dapat memberikan dorongan energi alami untuk mengawali harimu dengan penuh semangat. Kejutan air dingin dapat merangsang sistem saraf, meningkatkan detak jantung, dan mengaktifkan pernapasan dalam, sehingga membuat tubuh merasa segar dan waspada. 

2. Meningkatkan Sirkulasi dan Kesehatan Kulit

Ilustrasi/Foto: Freepik.com/user18526052

Mandi air dingin menyebabkan pembuluh darah menyempit, sehingga melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh. Hal ini dapat membantu mengurangi peradangan, mempercepat penyembuhan, dan membuat kulit tampak berseri. 

Selain itu, mandi air dingin juga dapat mengencangkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak, sehingga kulit tampak lebih bersih dan kencang. 

3. Meningkatkan Fungsi Kekebalan Tubuh

Ilustrasi/Foto: Freepik.com/freepik

Mandi air dingin juga memiliki efek stimulasi pada sistem kekebalan tubuh, meningkatkan produksi sel darah putih dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.

Terpapar air dingin secara teratur dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu mencegah penyakit umum seperti pilek dan flu. 

4. Meningkatkan Suasana Hati

Ilustrasi/Foto: Freepik.com/teksomolika

Mandi air dingin di pagi hari juga dapat meningkatkan suasana hati menjadi lebih positif. Karena mandi air dingin dapat memicu pelepasan endorfin, neurotransmitter yang meningkatkan perasaan bahagia dan sejahtera. 

Mandi air dingin dapat membantu meredakan gejala stres, kecemasan, dan depresi, sehingga kamu akan merasa lebih positif dan tangguh sepanjang hari. 

5. Meningkatkan Metabolisme dan Penurunan Berat Badan

Ilustrasi/Foto: Freepik.com/freepik

Paparan dingin dapat mengaktifkan jaringan adiposa coklat, yaitu sejenis lemak yang menghasilkan panas dan membakar kalori untuk menjaga tubuh tetap hangat. Mandi air dingin secara teratur dapat meningkatkan metabolisme, meningkatkan pengeluaran kalori, dan mendukung upaya penurunan berat badan. 

Selain itu, mandi air dingin juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu mengatur kadar gula darah. 

Nah Beauties, itulah manfaat mandi air dingin setiap pagi, baik untuk kesehatan fisik maupun mental. Jadi, bukan lagi alasan untuk kamu tidak mencobanya. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Komentar

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama memberikan komentar.

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
5 Alasan Mengapa Kamu Harus Mandi Air Dingin Setiap Pagi, Benarkan Bikin BB Turun?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us