Indonesia Digerayangi Mata-mata Xi Jinping?

indonesia-digerayangi-mata-mata-xi-jinping?

PinterPolitik.com – Siapa yang gak kenal James Bond? Mata-mata kondang yang jadi icon dari genre film spy thriller, yang film-film terbarunya selalu ditunggu para penggemar dunia klandestin dari seluruh dunia. Kendati karakter fiksi, James Bond merupakan mata-mata yang bertugas di bawah MI6, agensi mata-mata yang beneran yang memang ada di Inggris.

Yess, seperti di film, MI6 pun sering digadang-gadang sebagai salah satu agensi mata-mata terbaik dunia, bersamaan dengan CIA dari Amerika Menariknya, karena film mata-mata Barat yang begitu banyak, muncul pula stereotipe bahwa dunia spionase mancanegara hanya digeluti oleh negara-negara Eropa, Amerika, dan Rusia saja. Sedangkan, salah satu aktivitas spionase internasional modern yang paling menarik saat ini justru adalah aksi mata-mata dari Tiongkok.

Yess, kalau kita bertanya ke orang-orang, jangankan aksi spionase, nama agensi mata-mata luar negeri dari Tiongkok saja mungkin banyak yang tidak tahu. Padahal, di negara-negara berkembang Asia ada indikasi bahwa justru infiltrasi mata-mata Tiongkok lebih masif dari negara Barat. Karena itu, menarik untuk kita pertanyakan, kira-kira sudah seberapa dalam ya, aksi spionase Tiongkok menyusupi Indonesia?

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Indonesia Digerayangi Mata-mata Xi Jinping?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us