Mau Hidup Sehat? Ikuti 5 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Mengurangi Konsumsi Gula

mau-hidup-sehat?-ikuti-5-cara-yang-bisa-dilakukan-untuk-mengurangi-konsumsi-gula

Mau Hidup Sehat? Ikuti 5 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Mengurangi Konsumsi Gula

Budi Rahmah Panjaitan | Beautynesia

Rabu, 09 Oct 2024 06:30 WIB

Mau Hidup Sehat? Ikuti 5 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Mengurangi Konsumsi Gula

Foto: Freepik.com/benzoix

Apakah Beauties salah satu pecinta makanan manis yang banyak mengandung gula? Apapun jawabannya, kita tentu sepakat bahwa cita rasa manis memang begitu nikmat dan menggiurkan. Tidak heran jika makanan dan minuman bercita rasa manis tidak hanya disukai kalangan usia tertentu.

Namun di samping itu, kita perlu menyadari keberadaan kandungan gula di dalamnya. Ya, konsumsi gula memang perlu dibatasi karena bisa menimbulkan berbagai risiko kesehatan seperti diabetes, obesitas, dan lainnya. Meskipun kita merasa cukup sulit untuk sepenuhnya terhindar dari gula, kita tetap punya pilihan untuk mengurangi konsumsinya.

Mengutip dari laman Verywellhealth, berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi konsumsi gula.

1. Periksa Label Makanan

Memeriksa label makanan/ Foto: Freepik.com/freepik

Memeriksa label makanan/ Foto: Freepik.com/freepik

Apakah Beauties salah satu orang yang selalu periksa label makanan/minuman ketika akan membelinya? Tindakan yang satu ini memang terdengar sepele, namun sebenarnya bisa berkontribusi terhadap kewaspadaan kita dalam memilih produk makanan dan minuman. Termasuk kandungan gula yang ada di dalamnya.

Ketika kita tahu berapa batas aman jumlah asupan gula yang diperlukan oleh tubuh per harinya, kemungkinan kita akan lebih aware ketika tahu persentase kandungan yang ada dalam produk makanan/minuman yang kita beli. Selain itu, kita juga jadi tahu apa jenis gula yang terkandung di dalamnya dan menjadi bahan pertimbangan untuk tetap membelinya atau tidak.

2. Pilih Makanan Utuh, Bukan yang Diproses

Makanan utuh/ Foto: Freepik.com/borjandreu

Kebanyakan dari kita mungkin sudah merasakan bahwa tidak sulit untuk menemukan makanan olahan yang siap saji. Bersamaan dengan itu pula, makanan olahan atau makanan yang sudah diproses diberi tambahan gula untuk menghadirkan cita rasa tertentu.

Sayangnya, ini tidak selamanya baik, sehingga kita tetap perlu memperhatikan dengan saksama kandungannya. Pilihan lain yang bisa kita ambil adalah dengan memilih makanan utuh dan alami. Di antaranya seperti buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian utuh, daging tanpa lemak, ikan telur, dan lainnya.

3. Sarapan Sehat

Sarapan sehat/ Foto: Freepik.com/racool_studio

“Sarapan itu penting”. Pernyataan ini memang sudah sering kita dengar. Namun di samping penting, sarapan juga sebaiknya punya nutrisi yang baik dan sehat untuk kesehatan tubuh.

Kandungan gula yang tinggi pada menu sarapan sebaiknya perlu diperbaiki. Lagi-lagi ini bersangkut paut dengan risiko kesehatan yang ada bersamanya. Untuk itu, cobalah memperbaiki menu sarapan.

Pastikan bahwa menu sarapan mengandung gula yang tidak berlebihan atau masih dalam batas aman untuk kebutuhan gula harian. Dengan begitu, kita bisa mendapatkan manfaat baik sarapan.

4.Mengganti Gula dalam Kue dan Roti

Memanggang kue/ Foto: Freepik.com/freepik

Bagi para pecinta kue dan roti, rasanya sangat sulit untuk melewatkan rasa manis yang ada. Namun kita tentu tidak kehabisan akal untuk tetap menghadirkan cita rasa tersebut.

Alternatif lain yang bisa digunakan selain gula adalah buah yang diparut, kacang yang digiling, saus apel, dan lainnya. Selain itu, pemanis alami seperti stevia maupun splenda juga bisa menjadi pilihan yang tepat dalam kue dan roti.

5. Hindari Minuman Bergula

Minuman jus tanpa gula/ Foto: Freepik.com/benzoix

Kandungan gula yang perlu kita perhatikan tidak hanya dalam makanan, tetapi juga minuman. Soda, jus kemasan, kopi, dan lainnya adalah beberapa contoh minuman yang seringkali mengandung gula tinggi.

Embel-embel menyegarkan dan cita rasa yang nikmat seringkali menjadi alasan kita untuk mengonsumsinya. Namun, apabila kita lebih waspada terhadap kesehatan dan kandungan gula dalam minuman, maka opsi terbaik yang dapat kita pilih adalah meminum air putih, teh tanpa gula, dan juga jus buah asli tanpa tambahan pemanis.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)

Komentar

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama memberikan komentar.

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Mau Hidup Sehat? Ikuti 5 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Mengurangi Konsumsi Gula

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us