Benarkah Afirmasi Positif Membawa Kita Menjadi Pribadi yang tak Gampang Insecure?

benarkah-afirmasi-positif-membawa-kita-menjadi-pribadi-yang-tak-gampang-insecure?
Benarkah Afirmasi Positif Membawa Kita Menjadi Pribadi yang tak Gampang Insecure?

Mubadalah.id – Pernah nggak sih melihat teman-teman lebih maju dan berkembang dari pada diri ini? Pernah merasa tertinggal daripada teman sebayamu? Pernah merasa insecure karena celaan fisik (body shamming), atau hal-hal lain yang membuat semakin merasa insecure.

Rasa insecure bisa timbul dari diri kita sendiri ataupun mendapatkan hal yang kurang menyenangkan oleh lingkungan sekitar. Atau hal-hal lain seperti beberapa kegagalan-kegagalan atas apa yang kamu lalui kemarin yang membuatmu merasa tak percaya diri. Tentu saja pernah, semua orang pernah merasa demikian.

Merasa insecure atas pencapaian orang lain atau atas apa yang orang lain miliki. Sebenarnya hal tersebut bisa membuat diri menjadi terkerdilkan dan seolah-oleh tak mampu untuk memiliki kesempatan yang sama. Padahal setiap manusia Allah ciptakan dengan bentuk dan sifat yang beraneka ragam dan ciri khas masing-masing.

Sebagaimana firman Allah dalam surah At Tin Surat At Tin Ayat 4 yang berbunyi:

“Sungguh, kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya,”

Insecure

Berbicara soal insecure pasti tidak akan pernah usai dengan begitu saja, perasaan ini muncul dengan tiba-tiba sehingga membuat siapapun itu merasa cemas, dan gelisah. Ketidakpercayaan diri ini bisa terjadi tak mengenal rentang usia, namun kebanyakan dialami usia remaja-dewasa. Meskipun hal ini bisa kita bilang wajar, akan tetapi jangan sampai insecure ini dapat mempengaruhi diri dan membiarkan larut ke dalam pikiran terus menerus.

Jika merasa sering terjebak kedalam pikiran negatif dan kadang sampai membuat insecure, hal tersebut merupakan salah satu kebiasaan buruk yang musti harus kita tinggalkan. Pikiran negatif itu apapun yang terkait dengan kondisi emosi yang tidak menyenangkan, berhubungan dengan kecemasan, kemarahan, rasa pesimis, dan hal-hal lain yang bermuara negatif.

Namun, belakangan ini kita juga sering kali mendengar kata “bisa yuk, kita beri afirmasi positif untuk diri ini” sebelum membahas lebih lanjut, alangkah baiknya mencari tahu, apa sih afirmasi positif itu? Lantas mengapa harus memberikan afirmasi positif kepada diri kita ini?

Mendorong Afirmasi Positif

Afirmasi positif dapat kita maknai sebagai pernyataan positif yang diucapkan secara berulang kepada diri sendiri, guna mensugesti pikiran untuk hal-hal yang positif saja.

Afirmasi positif ini merupakan salah satu upaya yang kita harapkan bisa menangkal segala pikiran negatif ketika menyerang hati dan pikiran. Ibarat sebuah tameng yang menghalangi hati dan fikiran kita untuk senantiasa berfikir yang baik dan positif.

Memberikan afirmasi positif bisa dilakukan dengan banyak cara, dengan pengucapan, menuliskannya dalam note/ buku, buku journaling, atau yang lainnya. Misalnya seperti:

“Aku yakin, aku bisa melalui cobaan ini, dan aku  yakin bisa melewatinya dengan baik,”

“Bersyukur atas segala rezeki yang Allah berikan untuk hari ini,”

“Aku menyayangi diriku sendiri dan memaafkan kesalahan yang sudah kulakukan,”

Lalu, “Aku cantik, aku hebat, aku kuat, yuk bertahan lebih lama lagi untuk hal-hal menyenangkan lainnya,”

Oleh karena itu, hal tersebut dinilai dapat menjadi salah satu tindakan menghentikan habbit untuk terus insecure, sehingga afirmasi positif sangat kita perlukan guna membangun pandangan hidup yang lebih positif dan meningkatkan sifat optimisme.

Self Love

Segala bentuk ketakutan-ketakutan yang ada di dalam kepala alangkah baiknya harus memiliki kontrol penuh sehingga tak mudah merasa insecure . Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi rasa insecure, salah satunya  dengan cara mencintai diri sendiri (self love).

Proses penerimaan atas semua yang ada di dalam tubuh ini, menerima atas segala bentuk kekurangan maupun kelebihan. Jika bukan diri sendiri yang bisa menghargai, lantas siapa lagi? Memang terdengar tidak mudah, namun harus terus mengupayakan untuk terus mencintai diri sendiri, masing-masing orang punya cara tersendiri untuk menguatkan bagaimana untuk terus bertahan.

Selain melakukan rutinitas dengan afirmasi positif pada diri sendiri, hal lain yang bisa kita lakukan untuk mengatasi rasa insecure adalah dengan cara fokus memperbaiki diri, mengupgrade skill yang kita miliki, dan berhenti untuk terus membanding-bandingkan proses kita dengan orang lain.

Terkadang kita juga perlu mengcut-off pertemanan yang tidak sehat, atau meng unfollow akun akun sosmed yang memberi pengaruh buruk. Cari hiburan yang membuatmu tertawa bahagia dan hal-hal menyenangkan lainnya.

Dengan begitu, memberikan afirmasi positif di setiap hari secara konsisiten. Harapannya dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan tak gampang insecure. Sehingga membantu untuk fokus dan kosentrasi pada tujuan hidup yang ingin kita capai. Jangan ragu untuk terus mengucapkan afirmasi positif. Kita hebat, kita cantik, kita keren dengan versi kita sendiri. Sudahkah kamu melakukan afirmasi positif hari ini? []

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Benarkah Afirmasi Positif Membawa Kita Menjadi Pribadi yang tak Gampang Insecure?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us