Khatib Jumat Membawa Pedang Saat Berkhotbah, Bagaimana Fatwa Darul Ifta’ Mesir?

khatib-jumat-membawa-pedang-saat-berkhotbah,-bagaimana-fatwa-darul-ifta’-mesir?
Khatib Jumat Membawa Pedang Saat Berkhotbah, Bagaimana Fatwa Darul Ifta’ Mesir?

Soal:

نرى فى بعض البلاد أن خطيب الجمعة يمسك فى يده سيفا، فما هو الأصل فى ذلك؟

“Di beberapa negara, kita melihat khatib Jumat memegang pedang di tangannya. Jadi, apakah ada sumber Sunnah Fi’liyyah dari Nabi Muhammad terkait hal itu?

Terkait dengan hal itu, saya hadirkan fatwa Maulana Syekh Athiyyah Shaqr wafat pada 9 Desember 2006, seorang alim yang mulia. Beliau termasuk salah satu Kibār Ulamā al-Azhar. Fatwa tersebut dikeluarkan Dār al-Iftā’ al-Misriyah pada Mei 1997 M. Berikut ulasannya.

جاء فى زاد المعاد لابن القيم “ج 1 ص 117 ” أن النبى صلى الله عليه وسلم فى خطبة الجمعة لم يكن يأخذ بيده سيفا ولا غيره، وإنما كان يعتمد على قوس وعصا قبل أن يتخذ المنبر، وكان فى الحرب يعتمد على قوس وفى الجمعة يعتمد على عصا ولم يحفظ عنه أنه اعتمد على سيف، وما يظنه بعض الجهال أنه كان يعتمد على السيف دائما وأن -ذلك إشارة إلى أن الدين قام بالسيف فمن فرط جهله، فإنه لا يحفظ عنه بعد اتخاذ المنبر أنه كان يرقاه بسيف ولا قوس ولا غيره، ولا قبل اتخاذه أنه أخذ بيده سيفا ألبتة، وإنما كان يعتمد على عصا أو قوس.

Dinyatakan dalam Zad al-Ma‘ād oleh Ibn al-Qayyim, “Bagian 1, hlm. 117”  bahwa:

Nabi SAW tidak mengambil pedang atau yang lainnya dalam khotbah Jumat, tetapi Beliau bertumpu pada busur dan tongkat sebelum memegang mimbar.

Dalam perang, beliau bertumpu pada sebuah busur. Pada hari Jumat, beliau bertumpu pada sebuah tongkat dan tidak diriwayatkan bahwa Beliau bertumpu pada pedang.

Apa yang dipikirkan oleh beberapa orang bahwa beliau selalu bertumpu pada pedang dan bahwa—ini adalah tanda bahwa agama berdiri dengan kekuatan pedang—berasal dari kebodohan yang keterlaluan; karena tidak ada meriwayatkan hal itu.

Setelah beliau menggunakan mimbar, beliau menaiki mimbar sambil memegang pedang, busur atau lainnya. Dalam riwayat, idak benar Nabi menggunakan pedang, tetapi Beliau bertumpu pada tongkat atau busur saat berkhotbah.

وجاء فى شرح الزرقانى على المواهب اللدنية “ج 7 ص 384” أن النبى صلى الله عليه وسلم كان يخطب متوكئا على قوس تارة أو عصا تارة أخرى. وفى سنن أبى داود: كان إذا قام يخطب أخذ عصا فتوكأ عليها وهو على المنبر، وفى سنن ابن ماجه وسنن البيهقى ومستدرك الحاكم أنه كان إذا خطب فى الحرب خطب على قوس وإذا خطب فى الجمعة خطب على عصا، وأشار إلى ما ذكره ابن القيم من رفض التعليل بأن الإسلام قام بالسيف.

Disebutkan dalam penjelasan al-Zurqānī pada kitab al-Mawāhib al-Ladunnīyah  Vol. 7 halaman 384 bahwa:

Nabi SAW berkhotbah sambil bertumpu, kadang pada busur dan terkadang bertumpu pada tongkat.

Dalam Sunan Abi Daud dijelaskan: “Apabila beliau berkhotbah, beliau menggunakan tongkat, maka Beliau bertumpu pada tongkat itu ketika Beliau berada di atas mimbar”.

Dalam Sunan Ibnu Mājah, Sunan al-Bayhaqi dan Mustadrak al-Hākim disebutkan bahwa Nabi SAW jika berkhotbah di masa peperangan, beliau bertumpu pada busur. Apabila berkhotbah di hari Jumat, beliau bertumpu pada tongkat.

Ini mengisyaratkan bahwa Ibn al-Qayyim menolak dalil bahwasanya Islam berdiri dengan kekuatan pedang.

وجاء فى مجلة الإسلام -المجلد الثالث -العدد 26 أن بعض العلماء قال: إن الخطيب يتقلد السيف ولا يمسكه كما عليه خطباء زماننا، وبعض العلماء قال: إنه يمسكه بيساره، أى يتقلده ويمسكه بيساره عند الحنفية، وعند الأئمة الثلاثة السنة الاعتماد وقت الخطبة على سيف أو عصا أو قوس أو نحو ذلك، ولا يتعين السيف عندهم.

Disebutkan dalam Jurnal Islam—jilid ketiga—nomor 26 bahwa: Sebagian ulama berpendapat: Khatib mengenakan pedang dan tidak memegangnya seperti yang dilakukan oleh para khatib zaman kita.

Sebagian ulama berpendapat: Khatib memegangnya (pedang) dengan tangan kirinya.

Maksudnya, mengenakannya dan memegangnya dengan tangan kirinya menurut mazhab Hanafi, dan menurut tiga imam (Imam Mālik, al-Imam al-Syāfii, Imam Ahmad bin Hambal): Sunnah bertumpu saat berkhotbah pada pedang, tongkat, busur, atau yang lainnya. Menurut mereka, tidak harus dengan pedang.

هذه صورة من آراء العلماء. وفى إمساك الخطيب بسيف أو عصا أو اعتماده على أى شيء، وذلك كله لمعاونة الخطيب وشد أزره، وذلك بأى شىء يحقق ذلك ولو بالإمساك بحرف المنبر، وربما لا يحتاج إلى الاعتماد على أى شىء، والأمر أيسر وأهون من أن نختلف فيه أو نتعصب، والمهم أن ننفى فكرة أن الإسلام انتشر بالسيف وإذا كان لحمل السلاح أهميته فى الدعوة فى الأيام الأولى. فإن الدعوة الآن تحتاج إلى أسلحة مناسبة للعصر، ومنها سلاح العلم وتطبيقه فى كل المجالات على أساس من العقيدة الصحيحة والخلق الكريم

Ini adalah gambaran dari pendapat-pendapat para ulama.

Mengenai khatib bertumpu pada pedang, tongkat atau lainnyaa, itu semua untuk membantu khatib untuk menguatkan pososinya, dan itu bisa dengan apa saja yang bisa mencapai tujuan ini, bahkan dengan memegang pinggiran mimbar, dan boleh jad tidak perlu bertumpu pada apa pun.

Masalahnya mudah dan sederhana, tidak mesti kita berselisih atau menjadi fanatik.

Yang penting adalah kita menyangkal tuduhan bahwa Islam tersebar dengan kekuatan pedang. Jika membawa senjata penting dalam dakwah di masa-masa awal, maka dakwah itu sekarang membutuhkan senjata yang cocok untuk zaman itu, termasuk senjata sains dan penerapannya di semua bidang berdasarkan keyakinan yang kuat dan akhlak yang mulia. [MZ]

Uraian lebih komprehensif dapat ditelusuri dalam https://al-maktaba.org/book/432/4202

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Khatib Jumat Membawa Pedang Saat Berkhotbah, Bagaimana Fatwa Darul Ifta’ Mesir?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us