Menikmati Bubur Goreng Pertama di Medan a la Mamak Chef!

menikmati-bubur-goreng-pertama-di-medan-a-la-mamak-chef!
Menikmati Bubur Goreng Pertama di Medan a la Mamak Chef!

Sama seperti nasi, bubur diibaratkan sebagai kanvas putih yang bisa dipadukan dengan apa aja untuk menambah cita rasa. Tak hanya dimasak dengan air, banyak jenis bubur yang dimasak dengan kuah kaldu sehingga bikin cita rasanya lebih flavorful. Belum lagi kalau ditambah dengan suwiran daging ayam, irisan jahe, daging babi cincang, serta berbagai condiment lain sesuai selera.

Tapi… Baru-baru ini, MaMa tertarik banget dengan sekte baru per-bubur-an: Bubur Goreng! Nah, katanya ada outlet di Jl. Sei Bahbolon yang menyediakan menu unik satu ini.

Sesuai dengan namanya, menu andalan di Mamak Chef sebenarnya adalah Bak Kut Teh. Nah, kalau selama ini kalian lebih sering menikmati Bak Kut Teh dengan kuah herbal yang comforting, di Mamak Chef juga tersedia Dry Bak Kut Teh yang tak kalah nikmat!

Tapi, kunjungan MaMa kali ini bukan mau bahas Bak Kut Teh-nya, tapi menu unik yang baru pertama kali ada di Medan!

Yes, kalian nggak salah dengar! Kedatangan MaMa kali ini adalah untuk melepas rasa penasaran akan menu Bubur Goreng.

Nah, untuk Bubur Goreng di sini, kalian diberi banyak pilihan side dish. Setelah lama memilih, MaMa memutuskan untuk memadukan dua porsi Bubur Goreng, masing-masing dengan Khau Bak dan Dry Bak Kut Teh. Tapi, buat yang pengen varian bubur lebih simpel, kalian boleh juga pesan bubur polos yang dipadukan dengan Samcan Goreng.

Setelah memesan, MaMa langsung meminta izin masuk ke dapur untuk mencari tahu apa sebenarnya yang dimaksud dengan Bubur Goreng. Ternyata, Bubur Goreng sederhananya adalah bubur yang ‘ditumis’! Bubur polos yang diberi kecap hitam ‘ditumis’ dalam wajan panas hingga berwarna kecokelatan dan beraroma smoky.

Bubur Goreng dengan Dry Bak Kut Teh

Sebagai informasi, menu Dry Bak Kut Teh sendiri memang best seller di sini. Hal itulah yang jadi alasan kuat buat MaMa memesan menu ini, dipadukan dengan Bubur Gorengnya.

Aroma smoky yang kuat hasil ‘ditumis’ tadi digabungkan dengan aroma manis, gurih, dan sedikit pedas. Alhasil, keseluruhan cita rasanya flavorful tapi tetap ringan di lidah. Dengan kata lain, bubur ini terasa intens tapi comforting di saat bersamaan.

Selain warna bubur yang kecokelatan serta side dish yang menggiurkan, Mamak Chef juga menambahkan kerupuk kulit B2 homemade yang berukuran besar, yang menjadi sentuhan akhir yang sempurna. Tekstur garing pada kerupuknya merdu banget di telinga!

Bubur Goreng dengan Khaubak (Babi Kecap)

Dibanding yang Dry Bak Kut Teh, cita rasa yang ini lebih intens, karena buburnya dimasak dengan gravy dari Khaubak. Biasanya, Khaubak yang lebih umum berupa potongan daging dan lemak babi yang besar-besar. Tapi di sini, Khaubak-nya sudah melebur di dalam bubur.

Buat yang lebih suka bubur dengan rasa yang lebih intens, MaMa rekomendasikan Bubur Goreng pakai Khaubak. Tapi, bagi kalian yang lebih suka sajian bubur dengan perbedaan tekstur yang lebih jelas (antara bubur dan side dish), MaMa sarankan kalian coba Bubur Goreng dengan Dry Bak Kut Teh.

Tukha (Kaki Babi) + Manthou

Fyi, sajian khas Chinese ini adalah kaki babi yang dimasak dengan kecap. Di Mamak Chef, Braised Pork Trotter disajikan dengan dua jenis manthou: yang digoreng dan dikukus.

Secara tampilan, Tukha di sini di-braised dengan sempurna dengan gravy cokelat kehitaman yang kental, berempah, dan sedikit pedas. Daging Tukha-nya sendiri lembut banget, nikmat ketika dicampur dengan gravy yang intens.

Saking recommended-nya menu satu ini, MaMa udah puas banget kalau hanya disajikan satu menu ini dengan nasi putih! Apalagi, porsinya yang sharing pas banget dinikmati bareng teman, kolega, atau keluarga!

Yang Zhou Fried Rice

Beruntungnya MaMa pas itu, karena selain Bubur Goreng, MaMa juga berkesempatan cobain Yang Zhou Fried Rice yang merupakan menu baru Mamak Chef. Di sini, ada pilihan Yang Zhou Fried Rice porsi personal atau sharing. Tapi, karena MaMa udah cobain beberapa menu lain, MaMa pesan yang porsi personal.

Umumnya, Yang Zhou Fried Rice yang kita kenal berwarna agak pucat. Tapi, di Mamak Chef menu ini justru berwarna kemerahan. MaMa sempat mengira beras yang dipakai berupa beras merah, tapi ternyata nasinya dimasak menggunakan ang khak (red yeast rice).

Taste and texture wise, Yang Zhou Fried Rice di sini terasa harum, dengan aroma smoky yang notable. Karena cita rasanya cenderung lebih manis, menu ini balanced banget dengan aneka menu gurih dan intens yang MaMa cobain tadi. Selain itu, MaMa juga suka tekstur nasinya yang masih buliran.

Bagi penyuka pedas, MaMa sarankan kalian tambahkan sambalnya. Nggak usah khawatir, sambalnya hanya menambah sensasi pedas tanpa mengubah keseluruhan cita rasanya kok!

Leng Hong Kien

Kalau dipikir-pikir, sebenarnya menu ini tidak pernah dicari (kecuali mungkin di restoran Dimsum), tapi kalau tertera di buku menu, Leng Hong Kien pasti jadi salah satu menu yang selalu ditunjuk.

Secara sederhana, Leng Hong Kien ini berupa adonan berbasis daging udang (mirip bola udang) yang dibentuk memanjang, lalu disiram dengan saus mayonnaise.

Mirip seperti Leng Hong Kien pada umumnya, Leng Hong Kien di sini terasa gurih, dengan rasa manis yang berasal dari mayonnaise. Bagi yang bawa anak-anak, kalian boleh pesan menu ini.

Tempat yang Sederhana Tapi Nyaman

Di tengah cuaca siang hari yang begitu menusuk, interior Mamak Chef yang ber-AC bikin MaMa tersenyum lega. Meskipun begitu, tersedia juga dua meja di bagian outdoor.

Tempatnya sendiri tak terlalu luas, tapi pencahayaan serta warna dinding dining area-nya yang terang, lampion warna-warni, serta furnitur kayu berwarna cerah bikin keseluruhan interiornya terasa nyaman.

Menu-Menu Comforting, Tapi Juga Mindblowing!

Ada beberapa menu yang lebih familiar, tapi ada juga menu yang benar-benar mindblowing, seperti Bubur Goreng dengan Khaubak dan Dry Bak Kut Teh, serta Yang Zhou Fried Rice yang dimasak dengan ang khak.

Tapi, kalau kalian baru pertama kali kemari dan nanya apa menu yang paling MaMa rekomendasikan, MaMa bakal jawab Bubur Gorengnya! Selain karena aroma smoky dan rasanya yang intens (terutama setelah dipadukan dengan aneka side dish pilihan), Mamak Chef jadi rumah makan pertama di Medan yang menyajikan Bubur Goreng!

Mamak Chef Bak Kut Teh

Jl. Sei Bahbolon No.50, Kec. Medan Baru
https://maps.app.goo.gl/oJ1Ed7REt8UzM7938
Jam Operasional: 11.00 – 21.00 (Selasa-Minggu)
Non Halal
IG: @mamakchef_bkt

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Menikmati Bubur Goreng Pertama di Medan a la Mamak Chef!

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us