Cara Mengatasi POCO Launcher Tidak Menanggapi Agar Normal Kembali!

cara-mengatasi-poco-launcher-tidak-menanggapi-agar-normal-kembali!

Cara Mengatasi POCO Launcher Tidak Menanggapi - Header

Gadgetren – Berbeda dengan ponsel buatan Xiaomi yang lain, perangkat di lini keluarga POCO umumnya akan dilengkapi dengan POCO Launcher sebagai sistem peluncur aplikasi bawaan.

Meskipun begitu, bukan berarti bahwa perangkat di lini POCO akan terbebas dari sejumlah masalah. Sejumlah pengguna kadang-kadang masih bisa mengalami kendala pemakaian yang disebabkan oleh peluncur aplikasi tersebut.

Dalam beberapa kasus, POCO Launcher bisa saja tiba-tiba eror dan tidak menanggapi pengoperasian. Hal ini tentunya dapat mengganggu berbagai macam aktivitas yang sedang dikerjakan.

1. Muat Ulang Perangkat

Ketika muncul masalah POCO Launcher tidak menanggapi, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah memuat ulang perangkat. Tujuannya agar ponsel bisa berjalan dengan sistem yang lebih segar.

Beberapa masalah aplikasi tidak menanggapi umumnya muncul karena perangkat kehabisan RAM. Dengan memuat ulang ponsel, pemakaian memori akan berkurang karena sistem akan menutup tugas yang tidak diperlukan.

Apabila ponsel memang tidak dapat dioperasikan dengan baik, maka kita perlu melakukan Force Restart. Kita dalam hal ini dapat melakukannya dengan menahan tombol Power lebih lama sampai ponsel mati dan menyala kembali.

2. Perbarui Aplikasi

Masalah POCO Launcher tidak menanggapi juga bisa terjadi karena bug dalam pengembangan atau aplikasi memang sudah usang. Sebagai langkah kedua untuk mengatasinya, kita makanya bisa memperbarui aplikasi tersebut.

3. Hapus Data Aplikasi

Penumpukan cache dan data aplikasi juga dapat menjadi penyebab masalah POCO Launcher tidak menanggapi. Hal ini tentu saja dapat diselesaikan hanya dengan menghapus berkas yang berkaitan.

Kita tidak perlu khawatir saat menggunakan metode ini. Data maupun pengaturan yang tersimpan di dalam perangkat tidak akan ikut terhapus semua, melainkan hanya untuk POCO Launcher. Kita nanti pun hanya perlu mengatur ulang tampilan halaman utama.

4. Perbarui Sistem Operasi

  • Buka halaman Settings.
  • Ketuk menu About phone.
  • Masuk ke bagian Sistem Version.

    Cara Mengatasi POCO Launcher Tidak Menanggapi - 12
  • Unduh dan pasang pembaruan jika tersedia.
  • Ketuk tombol Check for updates untuk mengecek ketersediaan pembaruan.

Karena menjadi bagian dari antarmuka sistem yang digunakan perangkat, sejumlah masalah yang terjadi pada POCO Launcher juga bisa disebabkan karena bug atau kesalahan di sisi sistem. Kita dapat mencoba mengatasinya dengan memperbarui ponsel.

5. Reset Pabrik

Melakukan reset pabrik pun dapat menjadi langkah terakhir apabila beberapa cara di atas belum berhasil mengatasi masalah POCO Launcher. Namun berbeda dari menghapus data aplikasi, metode ini akan menghilangkan semua data maupun pengaturan pengguna.

Sebelum melakukan reset pabrik, ada baiknya untuk mencoba mencadangkan data maupun pengaturan di dalam perangkat. Jadi nanti bisa dipulihkan kembali setelah masalah POCO Launcher berhasil teratasi.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Cara Mengatasi POCO Launcher Tidak Menanggapi Agar Normal Kembali!

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us