Catat! Ini Menu Diet yang Cocok untuk Si Golongan Darah B

catat!-ini-menu-diet-yang-cocok-untuk-si-golongan-darah-b

Catat! Ini Menu Diet yang Cocok untuk Si Golongan Darah B

Camilla Anindita | Beautynesia

Senin, 02 Sep 2024 05:00 WIB

Catat! Ini Menu Diet yang Cocok untuk Si Golongan Darah B

Menu Diet yang Cocok untuk Si Golongan Darah B/Foto: Pixabay

Demi mendapatkan tubuh yang ideal, banyak orang yang memutuskan diet. Ada banyak ragam diet yang bisa dicoba, termasuk diet golongan darah.

Dikutip Healthline, diet golongan darah sendiri dipopulerkan Dr. Peter D’Adamo, seorang dokter naturopati, melalui buku Eat Right 4 Your Type yang rilis pada tahun 1996. Buku yang membahas tentang diet golongan darah B, AB, A, dan O ini bisa mengoptimalkan penurunan berat badan serta menjalankan program sehat. Hal tersebut terjadi lantaran adanya pengaruh genetik yang berhubungan dengan golongan darah.

Lalu menu diet apa yang cocok dikonsumsi si golongan darah B ini?

Karakteristik Golongan Darah B

Masak di Alam/Foto: Fresh Off The Grid

Golongan darah B memiliki kebiasaan hidup berpindah sehingga menjadikannya mempunyai sistem kekebalan tubuh yang paling baik. Misalnya, berpindah dari savana ke pegunungan.

Oleh karena hidup nomaden tersebut, mereka bisa mengolah hasil hewan ternak serta mencari sumber makanan di alam seperti tumbuhan hijau di wilayah pegunungan, seperti yang dilansir CNN Indonesia. Di sisi lain, golongan darah B jadi sulit mengendalikan pola makannya lantaran bisa memproduksi makanannya sendiri. Pada akhirnya berat badan mereka lebih cepat naik dibandingkan golongan darah lainnya.

Maka dari itu, golongan darah B harus menerapkan pola hidup sehat sesuai kebutuhan tubuh dan agar mengendalikan berat badan mereka. Apalagi mereka memiliki sifat adaptif wilayah dan iklim sehingga mereka jarang sakit dan terserang alergi.

Sayangnya, golongan darah B lemah dalam menyeimbangkan produk hewan dan tumbuhan yang tepat. Hal tersebut membuat golongan darah B rentan diabetes, lupus, kelelahan kronis, serta sclerosis ganda.

Menu Diet Golongan Darah B

Nasi, Salmon, dan Sayuran/Foto: Freepik/Vecstock

Ada beberapa menu diet yang harus dikonsumsi oleh golongan darah B, seperti yang dikutip Wolipop. Salah satunya ialah daging. Dagingnya bisa dari kambing, rusa, domba, kelinci, maupun ikan. Tidak disarankan untuk sering memakan daging ayam dan babi serta menghindari daging bebek. Kurangi juga daging sapi, udang, kepiting, kerang, dan lobster.

Ada beberapa buah dan sayuran yang harus dikurangi. Untuk buah, jangan terlalu sering mengonsumsi alpukat, delima, dan kelapa. Sementara untuk sayuran, kurangi makan tomat, labu, serta jagung.

Oatmeal, beras, roti maupun pasta gandum bisa menjadi pilihan si golongan darah B untuk menu dietnya. Susu juga dianjurkan untuk masuk ke dalam menu diet ini. Namun, bagi kamu yang memiliki golongan darah B positif, sebaiknya mengurangi bumbu, saos tomat, keju, merica, dan rempah-rempah.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Komentar

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama memberikan komentar.

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Catat! Ini Menu Diet yang Cocok untuk Si Golongan Darah B

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us