Eratnya Hubungan Pancasila dan Kehidupan Gen z

eratnya-hubungan-pancasila-dan-kehidupan-gen-z

Mubadalah.id- Gen z lagi, gen z lagi. Iya memang. Karna yang nulis juga gen z jadi harus bahas gen z. Heheh, (Red: ketawa jahat). Kali ini aku mau sedikit membahas sejarah, eits isinya bukan mengenai kapan dan runtutan peristiwa yang membingungkan ya. Sejarah kali ini bagaimana Pancasila, ideologi bangsa kita dapat punya kesaktiannya sendiri. Dan bagaimana makna persatuan dalam Pancasila berkaitan erar dengan konsep kesalingan. Mari kita bedah.

Pancasila itu sakti, titik!

Sedikit mengingat, Pancasila terbentuk karena dialog panjang tiga tokoh Indonesia. Muhammad Yamin, Soepomo dan Soekarno berdialog panjang untuk membahas kelima sila yang gak pernah absen dalam pelajaran segala jenjang ini. Ketiganya sama-sama mengusulkan 5 sila yang punya bunyi berbeda, tetapi punya makna yang sama.

Setelah berdialog panjang, akhirnya pancasila disahkan pada 18 Agustus 1945 melalui sidang PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia). Selain itu, setiap tanggal 1 Juni terjadi peringatan hari lahir Pancasila. Dan kurang lebih dua dasawarsa kemudian, terjadi salah satu tragedi yang sangat kelam bagi bangsa ini. Tragedi yang buat September dapat julukan “September Hitam”.

Bagaimana saktinya Pancasila?

1 Oktober 1966, jadi tanggal di mana para jenderal hebat Indonesia ditemukan dalam kondisi yang mengenaskan. Inti dari tragedi ini adalah keinginan sejumlah orang untuk mengganti ideologi Pancasila dengan ideologi komunis. Walau sampai kini belum ada berita pasti mengenai kebenaran dari tragedi besar ini. Setelah kejadian tersebut, tanggal 1 Oktober pemerintah orde baru tetapkan sebagai hari kesaktian Pancasila.

Tidak berhenti sampai di sana, kajian terhadap Pancasila terus dilakukan dan juga diajarkan pada segala tingkatan pendidikan di Indonesia. Nilai-nilai yang para tokoh bangsa susun hampir 79 tahun yang lalu ini tetap sejalan dengan segala tantangan kehidupan. Pancasila jadi dasar negara, ideologi, hingga perjalanan hidup bangsa.

Pancasila berisi mengenai aspek ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan keadilan yang akan selalu sesuai dengan kondisi kehidupan masyarakat Indonesia. Bahkan jika pengamalan Pancasila sesuai dengan semestinya, maka hal ini jadi kekuatan tersendiri bangsa Indonesia.

Pancasila, Persatuan dan Gen z

Sila ketiga Pancasila jadi sila yang menurut saya paling singkat dan sarat makna. Persatuan Indonesia, begitulah bunyinya. Cuma punya dua suku kata tapi punya makna yang begitu mendalam. Tanpa persatuan, bangsa yang besar dan beragam ini akan sulit untuk bertahan. Hal ini juga berhubungan erat dengan antara pancasila dan gen z, yang selalu menemukan tantangan berbeda di setiap ruang dan waktu yang berbeda.

Kehidupan gen z yang berdampingan erat dengan teknologi, permasalahan sosial, hingga kondisi dunia yang tak menentu tampaknya tepat jika berdampingan dengan Pancasila. Sila ketiga yang bermakna persatuan, punya jawaban kongkrit tentang masalah para gen z. Persatuan kita perlukan bukan hanya dalam mempersatukan, tetapi dalam ranah menghormati, menghargai dan bersikap peduli dengan kondisi sekitar.

Kesalingan dan Persatuan

Persatuan artinya bukan satu. Tapi bersatu, yang mana perbedaan bergandengan tangan dalam satu kesatuan. Kedua atau lebihnya saling percaya, hormat dan selaras. Perbedaan bukanlah sebuah perpecahan, melainkan bermakna persatuan. Sama halnya dalam konsep kesalingan, yang mana perbedaan bukan jadi pembeda melainkan sebuah penguat antar sesama.

Pancasila akan selalu sejalan dengan kehidupan berbangsa dan bernegara entah bagai gen z, generasi sebelumnya maupun generasi selanjutnya. Tugas kita kini adalah dengan paham dan berpikir benar mengenai pemahaman Pancasila. Pancasila harus jadi ideologi yang tetap berlaku sampai kapanpun. []

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Eratnya Hubungan Pancasila dan Kehidupan Gen z

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us