Mengulik Gaya Parenting Lek Damis dan Nikita Willy: Mana yang Lebih Efektif?

mengulik-gaya-parenting-lek-damis-dan-nikita-willy:-mana-yang-lebih-efektif?

Mubadalah.id – Ketika membicarakan gaya parenting orang tua pasti tidak akan ada habisnya. Dengan arus informasi yang begitu deras, tak sedikit orang tua bingung gaya pola asuh seperti apa yang akan kita terapkan. Agar tidak bingung dalam menerapkan pola asuh orang tua.

Semestinya orang tua harus memahami secara mendalam karakter anak, sehingga di masa depan anak dapat mengambil hikmah atas pilihan gaya pengasuhan orang tua yang kita lakukan secara tepat dan bijaksana.

Beberapa bulan yang lalu, lewat di Fyp (For You Page) Tik tok mengenai tingkah lucu, dari anak Lek Damis dan Nikita Willy ketika berhadapan dengan gaya parenting yang berbeda. Lek Damis memiliki gaya parenting yang lebih mengarah kepada disiplin atau tegas ketika anak berkelakuan tak biasa.

Sedangkan sebaliknya Nikita Willy memiliki perlakuan lembut atau menasehati secara halus kepada anak semata wayangnya ketika melakukan sesuatu di luar kendali. Dari perbedaan gaya parenting tersebut menarik kita bahas lebih lanjut. Bisa kita lihat lebih efektif mana pola pengasuhan antara disiplin dan lemah lembut ketika kita terapkan kepada anak.

Perbandingan Gaya Parenting ala Lek Damis dan Nikita Willy

Pada akun tik tok Lek Damis, tidak sedikit berisi konten tentang bagaimana ia memperlakukan anak dalam kesehariannya. Tingkah lek Damis yang tegas dan omelannya khas ibu-ibu zaman dulu terasa kental, sehingga mengundang gelak tawa bagi siapapun yang menontonnya.

Lain halnya, ketika menonton konten tik tok Nikita Wily tentang anaknya, Ia justru berkata lemah lembut dan diiringi kalimat-kalimat positif ketika dihadapkan kepada tingkah laku yang tak biasa. Sehingga, netizen yang menontonnya merasa tersentuh hatinya betapa lembut perlakuan ibu kepada sang anak.

Perbandingan Gaya Tegas dan Lembut

Dari pola asuh antara Lek Damis yang lebih mengarah kepada tegas, dan Nikita Wily yang lemah lembut, dapat kita tarik kesimpulan bahwa pola asuh terpengaruhi oleh situasi, karakter anak dan pola asuh orang tua sebelumnya.

Menurut Baumrind yang merupakan seorang psikologi klinis mengatakan dalam penelitiannya bahwa, ia mengkategorikan pola asuh orang tua menjadi tiga jenis. Pertama otoriter, kedua pola asuh demokratis, dan ketiga permisif.

Pola asuh otoriter memiliki ciri di mana semua keputusan dibuat oleh orang tua. Anak harus tunduk, patuh dan tidak boleh bertanya. Sedangkan pola asuh demokrastis memiliki ciri  anak kita dorong untuk membicarakan apa yang ia inginkan kepada orang tua. Lalu terakhir pola asuh permisif yang memiliki ciri anak diberi kebebasan penuh oleh orang tua untuk berbuat.

Jadi, dapat kita simpulkan bahwa pola asuh orang tua yang Lek Damis gunakan adalah pola asuh otoriter. Anak harus tunduk dan patuh terhadap keputusan orang tua. Berbeda halnya dengan Nikita Willy, pola asuh yang ia gunakan yaitu pola asuh demokratis. Anak dalam hal ini ia berikan kebebasan untuk berekpresi, tetapi tetap menetapkan batasan yang jelas.

Dampak Jangka Panjang bagi Anak

Pola Asuh Otoriter

Dalam Pola asuh otoriter ini dapat memberikan dampak buruk bagi anak, emosi yang terpendam dapat memberikan rasa tertekan sehingga anak menjadi stress, depresi, dan trauma. Bahkan, anak tidak dapat mengendalikan  diri dan emosi bila berinteraksi dengan orang lain. Cenderung tidak kreatif, kehilangan rasa percaya diri, dan tidak mandiri.

Pola Asuh Demokratis

Sedangkan Pola asuh demokratis memiliki ciri-ciri di mana anak kita berikan kesempatan untuk menyampaikan pendapat tetapi tetap dengan aturan yang jelas. Pola asuh ini akan menghasilkan anak yang mampu menghadapi stres, mempunyai minat terhadap hal-hal yang baru dan kooperatif terhadap orang lain.

Pola Asuh Permisif

Lalu pola asuh permisif adalah pola asuh orang tua yang memberikan kebebasan kepada anak untuk berbuat sesuka hatinya. Selanjutnya, orang tua kurang peduli terhadap perkembangan anak, selain itu pengasuhan semacam ini anak dapatkan dari lembaga formal ataupun sekolah.

Namun, dalam hal ini apabila anak kita berikan kebebasan berbuat, orang tua akan memanjakan anak dengan materi. Sehingga, pola pengasuhan seperti ini anak akan memiliki kompetensi sosial yang kurang karena adanya kontol diri yang kurang.

Selain itu, orang tua memiliki kehangatan dan menerima apa adanya. Kehangatan cenderung memanjakan. Sedangakan menerima apa adanya akan cenderung memberikan kebebasan kepada anak untuk berbuat apa adanya. (Wulan et all., 2018)

Mana yang Lebih Cocok?

Pada setiap pola asuh orang tua memiliki dampak yang berbeda bagi anak, pola asuh orang tua yang tidak sesuai dengan usia dan kebutuhan anak dapat menyebabkan kondisi mental yang buruk.

Misalnya saja, pola asuh otoriter diterapkan kepada anak yang masih berusia 4-6 tahun. Pada umur tersebut anak masih dalam fase harus kita latih untuk bisa mengekspresikan dirinya dengan baik agar mudah bersosialisasi dengan orang lain.

Pada akhirnya, orang tua harus pandai-pandai memberikan pengasuhan sesuai fase pertumbuhan anak. Selain itu, kita membutuhkan juga beberapa strategi dengan metode keteladanan, pembiasaan, perhatian dan metode hukuman. []

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Mengulik Gaya Parenting Lek Damis dan Nikita Willy: Mana yang Lebih Efektif?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us