Review OPPO Reno12 Pro 5G – Tahan Banting, Semakin Pintar

review-oppo-reno12-pro-5g-–-tahan-banting,-semakin-pintar

Review OPPO Reno12 Pro 5G - Tahan Banting, Semakin Pintar

Review OPPO Reno12 Pro 5G

  • Rating

Kesimpulan

OPPO Reno12 Pro 5G menghadirkan banyak fitur menarik dan juga kamera yang mumpuni untuk berbagai penggunaan. Ditambah lagi handphonenya tahan banting dan memiliki pengisian daya yang cepat. Sayang chipset yang digunakan kurang bertenaga.

Yang Disukai

  • Tahan banting
  • Kamera yang memuaskan
  • Terdapat fitur-fitur menarik
  • Pengisian daya baterai cepat
  • RAM dan penyimpanan melimpah

Yang Tidak Disukai

  • Performa kurang memadai
  • Desain kurang nyaman di tangan

Gadgetren – Tren handphone  yang semakin pintar dengan teknologi AI kini hadir pada OPPO Reno12 Pro 5G. Handphone kelas menengah terbaru ini menawarkan beragam fitur AI mulai dari fotografi hingga produktivitas.

Reno12 Pro 5G juga kembali mengusung lensa telephoto yang mampu menghasilkan foto portrait yang memukau. Namun ada satu hal yang mengejutkan, kali ini OPPO memilih chipset yang tidak setangguh generasi sebelumnya.

Dengan harga banderol Rp8.999.000 apakah handphone yang satu ini layak untuk dibeli? Simak review lengkap OPPO Reno12 Pro 5G ini.

Desain

OPPO Reno12 Pro 5G

Reno12 Pro 5G hadir dalam dua pilihan warna yakni coklat dan nebula perak. Varian nebula perak yang digunakan pada review ini memiliki tampilan seperti ungu dengan tekstur gelombang yang unik, namun akan terlihat keperakan saat terkena cahaya.

Bagian kamera handphone ini memiliki desain gerigi-gerigi kecil yang membuatnya terlihat berbeda. Setiap sisi handphone baik bagian depan maupun belakang terlihat melengkung. Sayangnya sambungan dengan frame polikarbonatnya sedikit menonjol yang berakibat menggenggam handphone ini dalam waktu lama menjadi kurang nyaman.

Ditambah lagi handphone ini cukup licin. Solusi untuk kedua masalah ini adalah dengan menggunakan case bawaan yang sudah disediakan dalam kotak penjualan Reno12 Pro 5G.

Menariknya, Reno12 Pro 5G dilengkapi dengan perlindungan All-Round Armour. Fitur ini mencakup layar dengan Corning Gorilla Glass Victus 2, rangka yang diperkuat, peredam guncangan internal, dan sertifikasi IP65.

Perlindungan ini membuat Reno12 Pro 5G sangat tangguh, baik saat handphone tidak sengaja terjatuh maupun saat layar terbentur. Dalam demo yang diperlihatkan oleh OPPO, handphone ini bahkan bisa digunakan untuk memalu paku dengan keras tanpa mengalami kerusakan.

Layar

OPPO Reno12 Pro 5G

Reno12 Pro 5G mengusung layar AMOLED yang melengkung di keempat sisinya, memberikan tampilan yang premium. Namun, jika kamu ingin memasang pelindung layar seperti tempered glass, hal ini bisa menjadi sedikit lebih menantang.

Layar ini menawarkan resolusi 2412 x 1080, dukungan HDR10+, dan refresh rate 120Hz, memberikan tampilan yang memuaskan dengan animasi yang mulus dalam penggunaan sehari-hari.

Kecerahan maksimalnya mencapai 1.200 nit yang membuat layar tetap terlihat jelas meski digunakan di bawah sinar matahari yang terik. Selain itu di dalam layarnya terdapat pemindai sidik jari optik yang cepat dan akurat dalam mendeteksi sidik jari saya.

Performa

OPPO Reno12 Pro 5G - Genshin Impact

Ada satu hal yang agak aneh pada Reno12 Pro 5G, OPPO memilih menggunakan chipset MediaTek Dimensity 7300-Energy yang performanya lebih rendah dibandingkan pendahulunya Reno11 Pro 5G.

Entah mengapa OPPO mengambil keputusan ini. Meskipun performa harian tetap cukup lancar, saat saya menggunakan kamera untuk foto portrait, pemrosesan fotonya memakan waktu lebih lama dari biasanya. Selain itu ketika merekam video, viewfinder kamera menunjukkan lag yang mengganggu.

Namun ada sisi positifnya. Reno12 Pro 5G menawarkan kapasitas RAM dan penyimpanan internal yang melimpah mencapai 12GB dan 512GB. Meski demikian, saya pribadi lebih memilih OPPO menggunakan chipset yang lebih cepat meskipun dengan RAM dan penyimpanan yang lebih kecil.

Hasil Benchmark AnTuTu, Geekbench, dan 3DMark OPPO Reno12 Pro 5G

Ketika diuji menggunakan aplikasi AnTuTu, Reno12 Pro 5G meraih skor 695.346. Sementara di Geekbench mendapatkan skor 546 untuk single-core dan 1.992 untuk multi-core. Menariknya saat diuji untuk penggunaan lama menggunakan 3DMark Wild Life Extreme Stress Test, Reno12 Pro 5G meraih skor maksimal 857 dengan stabilitas 99,4%.

Bermain game Genshin Impact di setelan grafis Highest agak lancar menggunakan Reno12 Pro 5G. Setelah setengah jam bermain rata-rata FPS yang didapat ada di kisaran 25 dan handphonenya pun tidak terasa terlalu panas.

Untuk game Call of Duty Mobile, handphone ini mampu menjalankannya dengan lancar pada setelan grafis dan frame rate Very High. Game Mobile Legends juga bisa dimainkan pada setelan grafis dan frame rate Ultra tanpa masalah.

Baterai

OPPO Reno12 Pro 5G - Supervooc

Sebagai sumber daya, Reno12 Pro 5G dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5.000mAh. Dengan baterai ini, saya bisa mendapatkan screen on time sekitar 5 jam dalam penggunaan sehari-hari dari baterai penuh hingga tersisa 10%. Ini cukup untuk kebutuhan seharian sehingga saya hanya perlu mengisi daya baterai pada malam hari setelah sampai di rumah.

Dalam pengujian baterai menggunakan PCMark dengan kecerahan layar 50%, refresh rate 60Hz, dan baterai penuh, handphone ini mencatat skor ketahanan impresif yaitu 21 jam 13 menit. Sedangkan dengan refresh rate 120Hz, skor ketahanannya adalah 19 jam 52 menit.

Seperti handphone OPPO lainnya, Reno12 Pro 5G mendukung teknologi pengisian daya cepat 80W SUPERVOOC. Dengan charger bawaan, hanya perlu 48 menit untuk mengisi daya baterai dari level 10% hingga penuh.

Kamera

OPPO Reno12 Pro 5G

Di sektor fotografi, Reno12 Pro 5G dilengkapi dengan kamera belakang yang terdiri dari lensa utama 50MP, lensa telefoto 50MP, dan lensa ultra wide 8MP. Sementara itu, kamera depannya menggunakan lensa 50MP.

Hasil jepretan dari lensa utama handphone ini terlihat memuaskan baik dalam kondisi terang maupun redup. Begitu juga untuk foto portrait, hasilnya cukup memuaskan. Namun seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, pemrosesan foto portrait dari kamera handphone ini cenderung agak lama.

OPPO Reno12 Pro 5G - Hasil Foto

OPPO Reno12 Pro 5G - Hasil Foto

OPPO Reno12 Pro 5G - Hasil Foto

OPPO Reno12 Pro 5G - Hasil Foto

OPPO Reno12 Pro 5G - Hasil Foto

Lensa telefoto pada handphone ini menawarkan pembesaran optik 2x, membuatnya ideal untuk foto portrait maupun untuk menangkap objek dari jarak jauh.

OPPO Reno12 Pro 5G - Hasil Foto

OPPO Reno12 Pro 5G - Hasil Foto

Lensa terakhir di kamera belakang adalah lensa ultrawide dengan bidang pandang mencapai 112°. Meskipun memberikan cakupan yang luas, resolusi lensa ini yang lebih rendah membuat hasil jepretannya terlihat kurang tajam.

OPPO Reno12 Pro 5G - Hasil Foto

OPPO Reno12 Pro 5G - Hasil Foto

Dengan kamera depan beresolusi 50MP, hasil selfie menggunakan handphone ini sangat tajam dan detail di mana setara dengan kualitas kamera utamanya. Bahkan dalam kondisi malam hari atau pencahayaan remang-remang, wajah saya tetap terlihat jelas dan terang.

OPPO Reno12 Pro 5G - Hasil Foto

OPPO Reno12 Pro 5G - Hasil Foto

Dalam hal perekaman video, kamera utama Reno12 Pro 5G mampu merekam hingga resolusi 4K pada 30FPS. Hasil rekamannya menampilkan warna yang sedikit lebih menonjol dibandingkan aslinya dan dukungan OIS membuat rekaman video tetap stabil. Selain itu fitur Super Steady meningkatkan kestabilan video terutama saat banyak gerakan.

Kamera depan handphone ini juga tidak kalah bagus dengan kemampuan merekam hingga 4K pada 30FPS. Meskipun tanpa OIS, kestabilan rekaman tetap bisa diandalkan berkat fitur Super Steady yang tersedia.

Fitur

OPPO Reno12 Pro 5G - AI Portrait Studio

Reno12 Pro 5G menjalankan sistem operasi Android 14 yang dibalut dengan ColorOS 14.1. OPPO menjanjikan pembaruan Android selama 2 tahun dan pembaruan keamanan selama 4 tahun untuk handphone ini.

Antarmuka ColorOS 14.1 terasa nyaman digunakan namun ada satu hal yang agak mengganggu. Aplikasi App Market buatan OPPO secara otomatis memindai setiap aplikasi yang diinstal dari Google Play dan menampilkan iklan aplikasi lain kepada pengguna.

Meskipun OPPO menyediakan opsi untuk mematikan fitur ini dalam App Market, saya beberapa kali menemukan fitur tersebut tetap aktif. Solusi yang saya tempuh adalah dengan menonaktifkan total aplikasi App Market.

Di luar itu, saya sangat menyukai berbagai fitur AI yang ditawarkan oleh ColorOS 14.1. Salah satu yang paling menarik adalah AI Eraser 2.0 yang memungkinkan saya dengan mudah menghapus objek tidak diinginkan dari foto.

Ada juga fitur AI Smart Image Matting 2.0 yang bisa mengekstrak objek dari foto untuk disimpan atau dijadikan stiker. Selain itu handphone ini dapat menciptakan foto portrait yang unik melalui AI Studio. Saya hanya perlu mengunggah foto portrait saya dan secara otomatis handphone ini akan menghasilkan variasi portrait dengan gaya yang berbeda.

OPPO Reno12 Pro 5G - AI Summary

Fitur AI di Reno12 Pro 5G juga mendukung produktivitas dengan AI Recording Summary yang memudahkan pembuatan ringkasan dari rekaman suara dan AI Writer yang membantu memperbaiki ketikan tulisan saya.

Menariknya, Reno12 Pro 5G dapat melakukan panggilan telepon ke pengguna handphone OPPO lain yang kompatibel tanpa memerlukan data atau pulsa berkat teknologi Beacon Link yang menggunakan koneksi Bluetooth.

Kesimpulan

OPPO Reno12 Pro 5G

OPPO Reno12 Pro 5G menghadirkan banyak fitur menarik yang bisa dimanfaatkan dan juga kamera yang mumpuni untuk berbagai situasi baik itu untuk foto-foto biasa, portrait, maupun selfie.

Selain itu handphone ini memiliki daya tahan baterai yang memuaskan dan fitur pengisian daya super cepat. Durbalitasnya yang kuat juga membuatnya ideal untuk pengguna yang sering tidak sengaja menjatuhkan handphone.

Namun yang disayangkan adalah meskipun Reno12 Pro 5G merupakan seri terbaru dalam lini Reno, handphone ini menggunakan chipset yang tidak sekuat pendahulunya.

Tentang penulis

Firman Nugraha

Editor-in-Chief Gadgetren yang sudah belasan tahun berpengalaman di dunia teknologi khususnya handphone. Awalnya ia pernah menjadi developer aplikasi Android di Nexian dan kini terjun ke dunia media.

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Review OPPO Reno12 Pro 5G – Tahan Banting, Semakin Pintar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us