Materi Belajar Bagian Structure untuk Ujian TOEFL ITP

materi-belajar-bagian-structure-untuk-ujian-toefl-itp

Materi belajar structure TOEFL sedikit berbeda dengan TOEFL iBT, yang terdiri dari Listening, Structure and Written Expression, dan Reading. Structure sendiri termasuk bagian yang cukup sulit bagi sebagian orang karena berkaitan dengan grammar atau tata bahasa. Nah, kali ini kita akan membahas materi  belajar structure TOEFL ITP apa saja yang perlu Sobat Cakap kuasai. Yuk, baca selengkapnya! 

Basic Sentence Structure

Materi belajar Structure TOEFL yang pertama adalah basic sentence structure. Layaknya bahasa Indonesia, bahasa Inggris juga memiliki struktur kalimatnya sendiri. Struktur kalimat dalam bahasa Inggris terdiri dari beberapa komponen, yaitu subject, verb, object, clause, dan phrase.

1. Subject

Subject adalah pelaku yang melakukan sebuah aksi dalam kalimat. Subjek sendiri dapat berbentuk manusia, binatang, dan lain sebagainya. 

2. Verb

Verb atau kata kerja adalah kata yang menggambarkan tindakan, kejadian, atau keadaan. Dalam bahasa Inggris, verb terdiri dari 6 jenis, yaitu regular/irregular, action/stative, transitive/intransitive, linking, auxiliary, serta finite/non-finite

3. Object

Objek atau object adalah kata yang umumnya muncul setelah verb. Object dibagi menjadi 2 kategori yaitu direct dan indirect object.

Direct object adalah objek yang secara langsung menerima aksi dari subject. Indirect object adalah objek yang menerima hasil dari kata kerja yang dilakukan.

4. Clause

Clause adalah sekelompok kata yang mengandung subjek dan predikat. Dalam bahasa Inggris, clause terbagi menjadi 2 jenis yaitu independent dan dependent clause. 

Independent clause adalah clause yang bisa berdiri sendiri. Sebaliknya, dependent clause  adalah clause yang tidak bisa berdiri sendiri dan bergantung pada klausa lain.

Contoh:

Karin ate pasta because she was hungry.

Independent clause: Karin ate pasta. (bisa berdiri sendiri sebagai sebuah kalimat)

Dependent clause: because she was hungry. (perlu kalimat awalan, tidak bisa dianggap kalimat utuh)

5. Phrase

Frasa atau phrase adalah sekelompok kata yang membentuk sebuah makna dalam sebuah kalimat atau clause. Phrase terbagi menjadi beberapa jenis, beberapa diantaranya adalah noun phrase, adjective phrase, verb phrase, prepositional phrase, dan lainnya.

Passive & Active Voice

Dalam bahasa Inggris, kalimat dapat dibagi menjadi beberapa kategori, salah satunya adalah berdasarkan subjeknya. Dalam kategori ini, kalimat dibagi menjadi 2 jenis yaitu active voice dan passive voice.

Active voice adalah kalimat yang menempatkan pelaku kata kerja sebagai subjeknya. Passive voice adalah kalimat yang di mana subjeknya menerima aksi dari objek.

Contoh:

Active voice: Daniel ate the cake.

Passive voice: The cake was eaten by Daniel.

Parts of Speech

Dalam bahasa Inggris, ada adalah pengkategorian kata-kata berdasarkan fungsi dan perannya dalam sebuah kalimat yang disebut Parts of speech. Pengkategorian ini dibagi menjadi 8 jenis yaitu noun, pronoun, verb, adjective, adverb, preposition, conjunction, dan interjection

1. Noun

Noun adalah jenis kata yang digunakan untuk mendeskripsikan orang, tempat, benda, ide, dan konsep. Dalam kalimat, noun dapat menjadi subjek, objek langsung & tidak langsung, pelengkap subjek, atau objek dari suatu preposisi. Noun sendiri terbagi dalam beberapa jenis, yaitu common, proper, countable, uncountable, mixed, abstract, concrete, singular, plural, collective, dan compound.

2. Pronoun

Kata yang digunakan untuk menggantikan noun disebut dengan pronoun untuk menghindari pengulangan. Pronoun dapat dibagi dalam 8 jenis, yaitu personal, demonstrative, interrogative, indefinite, possessive, reciprocal, relative, reflexive, dan intensive.

3. Verb

Seperti dijelaskan di atas, verb termasuk salah satu struktur dasar kalimat dalam bahasa Inggris. Verb juga termasuk ke dalam part of speech yang menunjukkan apa yang dilakukan oleh subjek atau apa yang sedang terjadi. 

4. Adjective

Adjective adalah kata yang digunakan untuk mendeskripsikan sifat sebuah noun atau pronoun. Contoh: beautiful, happy, dan short

5. Adverb

Adverb adalah kata yang digunakan untuk memberikan informasi lebih banyak tentang verb, adjective, atau adverb lainnya. Informasinya dapat mengandung tentang bagaimana, kapan, di mana, atau sejauh mana suatu hal terjadi. Contoh: slowly, quickly, dan leisurely.

6. Preposition

Preposition adalah kata yang menunjukkan hubungan antara noun atau pronoun dengan kata lainnya dalam kalimat, terutama dalam aspek lokasi, waktu, dan arah. Contoh: in, on, at, under, between, dan during.

7. Conjunction

Conjunction adalah kata yang berperan untuk menghubungkan kata, klausa, frasa, atau kalimat. Contoh: and, but, or, so, dan because.

8. Interjection

Interjection adalah kata yang digunakan untuk mengekspresikan sebuah emosi yang muncul secara mendadak. Contoh: wow, oh no, dan hey!

16 Tenses

Tenses adalah salah satu dasar dari grammar bahasa Inggris yang perlu dipahami. Saat ini, terdapat total 16 tenses yang dibagi dalam 3 kategori utama yaitu present, past, dan future. Masing-masing kategori utama ini lalu dibagi lagi menjadi beberapa sub-kategori yang terdiri atas simple, continuous/progressive, perfect, dan perfect continuous

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Materi Belajar Bagian Structure untuk Ujian TOEFL ITP

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us