Hikmah di Balik Lagu Teman-temanku Udah Nikah Aku masih Nonton Spongebob

hikmah-di-balik-lagu-teman-temanku-udah-nikah-aku-masih-nonton-spongebob

Mubadalah.id – Fenomena perceraian dalam pernikahan baik melalui berita media ataupun secara langsung sudah marak kita saksikan. Ada banyak faktor penyebabnya seperti kurangnya intimasi antara kedua belah pihak, adanya tindak kekerasan dalam rumah tangga, penelantaran ekonomi, perbedaan tujuan secara tiba-tiba, ataupun perselingkuhan.

Belum lagi pengetahuan dan informasi mengenai pernikahan tidak ada dalam bangku sekolah.Tulisan ini adalah sebuah motivasi kenapa kita harus menjauhi pernikahan agar tidak menimbulkan kerugian yang semakin besar di kemudian hari.

Dalam sebuah hadist Rasulullah pernah bersabda mengenai kekhawatiran yang muncul dalam pernikahan

خير الناس بعد المائتين الخفيف الحاذالذى لااهل له و لد

“Sebaik-baik manusia setelah dua ratus adalah yang (bebannya) ringan, yang terputus– tidak memiliki keluarga, dan tidak pula memiliki anak.” (HR. Abu Ya’la dan al-Khitabi)

Dalam sebuah riwayat hadits al-Qadha’i dan Abu Manshur ad-Dailami mengatakan sedikit tanggungan (keturunan) adalah salah satu dari dua kemudahan, sedang banyak tanggungan (keturunan) adalah salah satu dari dua kefakiran.

Tentang Lagu Teman-temanku Udah Nikah Aku masih Nonton Spongebob

Abu Sulaiman ad-Darani bahkan berkata “orang yang membujang akan mendapatkan manisnya ibadah juga ketenangan hati yang tidak didapati oleh orang beristri.” Ia juga menyatakan menahan diri tidak menikah lebih baik daripada bersabar atas apa yang terjadi setelah menikah.

Dapat kita tangkap dari riwayat hadis di atas bahwa poinnya bertentangan dengan “banyak anak banyak rejeki”. Walaupun memang setiap anak memiliki rezekinya masing-masing. Namun jika kita hanya berpatok dan hanya sekadar keyakinan belaka tanpa usaha dan upaya yang baik maka akan jauh dari banyak anak banyak rejeki.

Jika ada di antara pembaca sekalian yang masih membujang bersyukurlah, jangan-jangan fase ini adalah fase terbaik yang Allah berikan kepada kita. Ingat lagu Teman-temanku Udah Nikah Aku masih Nonton Spongebob  yang sedang tren?

Umurku udah 25 tahun hu uh

Kalau bangun siang kalau malam begadang hu uh

Teman-temanku udah nikah

Aku masih nonton SpongeBob

Aku masih nonton SpongeBob

Teman-temanku udah senior

Aku masih nonton SpongeBob

Aku masih nonton SpongeBob

Aku kangen temanku

Aku mau nongkrong

Sawang Sinawang

Menurut hemat penulis, setiap timeline kehidupan adalah ‘sawang sinawang’ tergantung pola pikir yang kita tanamkan. Bisa jadi orang yang sudah menikah lebih menginginkan hidup yang seperti dulu (membujang), dan pula sebaliknya.

Berbahagialah dengan timeline hidup yang kita berikan apapun kondisinya, ingatlah kalimat “mending diketawain belum menikah daripada sudah menikah tak bisa ketawa.”

Lebih baik menjauhi pernikahan jika ketika sudah menikah malah menjadi pelaku kekerasan. Atau menelantarkan keluarga, menghianati pasangan, tidak bertanggung jawab dengan anak yang dilahirkan. Bahkan kerap menimbulkan pertikaian keluarga besar atau memunculkan rasa trauma pada anak karena pola pengasuhan yang buruk.

Dalam memilih keputusan tertentu kita perlu menimbang apakah yang kita pilih lebih banyak memunculkan kebermanfaatan atau malah kemudharatan di kemudian hari. Ada banyak pilihan hidup yang akan kita tempuh, maka pilihlah jalan yang mampu kita melewatinya.

Jika saat ini menjauhi pernikahan adalah sebuah pilihan terbaik tidak mengapa, sebab hidup bukan tentang soal pernikahan.  Ada banyak cara yang bisa kita tempuh seperti berkarir, sekolah, berkarya, membantu keluarga lebih dulu dan lain sebagainya.

Mari kita telisik kembali niat untuk menikah, jika karena paksaan orang lain atau standar masyarakat karena umur sedangkan kita belum memiliki ilmu yang menyertainya maka tunggu dan bersabarlah dulu. Yang paling penting adalah kita menyadari setiap proses yang kita lalui untuk menjadi hamba yang lebih baik lagi apapun caranya. []

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Hikmah di Balik Lagu Teman-temanku Udah Nikah Aku masih Nonton Spongebob

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us