Berapa jumlah soal dan bobot nilai seleksi PPPK 2024?

berapa-jumlah-soal-dan-bobot-nilai-seleksi-pppk-2024?

Jakarta (ANTARA) – Persiapan menghadapi tahapan seleksi PPPK 2024 menjadi hal penting untuk berhasil diterima sebagai pegawai pemerintah, salah satunya mengetahui jumlah soal dan bobot nilai seleksi PPPK 2024.

Salah satu hal yang sering menjadi perhatian dan pertanyaan bagi para pelamar adalah jumlah soal yang harus dihadapi dan bobot nilai yang diperoleh dalam ujian tes seleksi PPPK.

Dengan mengetahui jumlah soal dan bobot nilai ujian tes seleksi, pelamar dapat menentukan langkah strategis untuk mengerjakan soal, memperhatikan waktu pengerjaan soal, dan mempersiapkan diri agar mendapatkan hasil nilai terbaik.

Berikut ini secara rinci ANTARA merangkum penjelasan terkait jumlah soal dan bobot nilai seleksi PPPK 2024 untuk persiapan bagi para calon pelamar dalam menghadapi ujian tes seleksi ini.

Jumlah soal dan bobot nilai seleksi PPPK 2024

Seluruh pelamar PPPK 2024 akan menghadapi sejumlah soal yang dipersiapkan oleh panitia seleksi yakni sebanyak 145 soal.

Setiap bagian tes memiliki jumlah soal dan bobot nilai yang berbeda, berikut rincian jumlah soal seleksi PPPK 2024 beserta bobot nilainya sebagai berikut.

1. Seleksi kompetensi teknis

Pada tes seleksi kompetensi teknis terdapat sejumlah soal yakni 90 butir. Bagi peserta yang memilih jawaban benar akan mendapatkan nilai 5 (lima), sedangkan jika salah atau tidak menjawab akan mendapat nilai 0 (nol).

2. Seleksi kompetensi manajerial

Dalam seleksi kompetensi manajerial memiliki sebanyak 25 butir soal. Setiap soal memiliki nilai paling rendah 1 (satu) dan paling tinggi 4 (empat), jika tidak menjawab akan mendapat nilai 0 (nol).

3. Seleksi kompetensi sosial kultural

Dalam seleksi kompetensi sosial kultural terdapat sejumlah soal yakni 20 butir. Soal tes memiliki jawaban dengan nilai paling rendah 1 (satu) dan paling tinggi 4 (empat), sedangkan jika tidak menjawab akan mendapat nilai 0 (nol).

4. Wawancara

Pada tes seleksi kompetensi sosial kultural terdapat sejumlah soal yakni 10 butir. Bagi peserta yang memilih jawaban benar akan mendapatkan nilai paling rendah 1 (satu) dan paling tinggi 4 (empat), sedangkan jika tidak menjawab akan mendapat nilai 0 (nol).

Dalam seleksi kompetensi dan wawancara, memiliki total nilai paling tinggi yakni 670 dengan rincian total nilai 450 untuk seleksi kompetensi teknis, 180 untuk seleksi kompetensi manajerial dan sosial kultural, serta 40 untuk wawancara.

Kelulusan seleksi PPPK berdasarkan akumulatif nilai tes yang diperoleh individu pelamar dan diperingkat dengan nilai dari seluruh pelamar PPPK 2024. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi termasuk nilai peringkat terbaik.

Baca juga: Berikut jumlah soal dan nilai PPPK JF Guru 2024

Baca juga: Materi seleksi PPPK 2024, simak penjelasannya 

Baca juga: Berikut materi seleksi PPPK JF Guru 2024 yang akan diujikan

Pewarta: Putri Atika Chairulia

Editor: Alviansyah Pasaribu

Copyright © ANTARA 2024

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Berapa jumlah soal dan bobot nilai seleksi PPPK 2024?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us