Berapa lama tahapan wawancara seleksi PPPK 2024?

berapa-lama-tahapan-wawancara-seleksi-pppk-2024?

Jakarta (ANTARA) – Dalam rangkaian seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2024, wawancara menjadi salah satu tahapan penting yang harus dilalui oleh para pelamar.

Setelah melewati seleksi kompetensi teknis, manajerial, dan sosial kultural, wawancara menjadi tahapan terakhir bagi para pelamar untuk menunjukkan bahwa pelamar layak mendapatkan posisi yang dilamar.

Walaupun sering kali dianggap sebagai tahapan yang menegangkan, mengetahui durasi atau lama wawancara bisa membantu untuk mempersiapkan diri menghadapi tahapan seleksi ini.

Lama wawancara seleksi PPPK 2024

Pada seleksi PPPK 2024, durasi tahapan wawancara berlangsung selama 10 menit untuk menjawab 10 butir soal. Sedangkan untuk pelamar disabilitas diberikan waktu selama 15 menit untuk menjawab 10 butir soal.

Dalam waktu yang relatif singkat ini, pelamar akan digali informasi dirinya terkait dalam mengenai nilai integritas dan moralitas yang meliputi kejujuran, komitmen, keadilan, etika, dan kepatuhan.

Prosesi tahapan seleksi wawancara ini dilakukan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) dari Badan Kepegawaian Negara (BPN).

Sistem CAT mengharuskan para pelamar menjawab soal dalam waktu yang sudah ditentukan dan setiap jawaban dapat sangat memengaruhi hasil akhir.

Menghadapi wawancara dalam seleksi PPPK 2024 dengan Computer Assisted Test (CAT) bisa menjadi tantangan tersendiri, berikut ini adalah tips menghadapi wawancara seleksi PPPK 2024 yang bisa para pelamar ikuti dengan efektif.

Tips menghadapi tahapan seleksi Wawancara PPPK 2024

1. Rajin latihan soal dengan simulasi CAT

Sebelum hari tes, rutin berlatih soal dengan simulasi CAT dapat membiasakan diri dengan format soal dan waktu pengerjaan. Hal ini dapat membantu agar merasa lebih percaya diri dan terbiasa saat menghadapi tes yang sesungguhnya.

2. Memahami tentang profil instansi

Memperoleh pengetahuan tentang instansi tempat Anda melamar sangat penting agar dapat menjawab soal pertanyaan dengan relevan dan tepat. Selain itu, dapat menunjukkan keseriusan dan kecocokan Anda untuk bergabung dengan instansi tersebut.

3. Manfaatkan waktu untuk menjawab soal yang mudah dan sisa waktu untuk mengecek jawaban

Dengan menjawab soal yang mudah terlebih dahulu, akan menghemat waktu pengerjaan soal. Sehingga tidak menghabiskan waktu untuk memikirkan soal yang sulit.

Kemudian, jika masih ada waktu tersisa setelah menjawab semua pertanyaan, gunakan waktu ini untuk mengecek kembali jawaban yang sudah dipilih. Periksa kembali apakah ada jawaban yang bisa diperbaiki atau tidak.

4. Tetap tenang dan fokus

Rasa gugup bisa mengganggu konsentrasi yang membuat Anda kehilangan waktu. Tetap tenang dalam menghadapi setiap pertanyaan yang diberikan dan fokus untuk memikirkan jawaban yang tepat dan relevan.

Baca juga: Berapa jumlah soal dan bobot nilai seleksi PPPK 2024?

Baca juga: Berikut jumlah soal dan nilai PPPK JF Guru 2024

Baca juga: Materi seleksi PPPK 2024, simak penjelasannya 

Pewarta: Putri Atika Chairulia

Editor: Alviansyah Pasaribu

Copyright © ANTARA 2024

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Berapa lama tahapan wawancara seleksi PPPK 2024?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us