4 Manfaat Konsumsi Kalsium bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Kuatkan Tulang dan Gigi

4-manfaat-konsumsi-kalsium-bagi-kesehatan-tubuh,-bisa-kuatkan-tulang-dan-gigi

Florence Febriani Susanto | Beautynesia

Jumat, 04 Oct 2024 09:30 WIB

4 Manfaat Konsumsi Kalsium bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Kuatkan Tulang dan Gigi

4 Manfaat Konsumsi Kalsium bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Kuatkan Tulang dan Gigi/Foto: Freepik

Kamu pasti pernah dengar tentang kalsium, kan, Beauties? Kalsium adalah mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk berbagai fungsi. Manfaat konsumsi kalsium cukup banyak, lho!

Tak hanya dikenal sebagai komponen utama pembentuk tulang dan gigi, kalsium juga berperan dalam menjaga kesehatan otot, jantung, hingga sistem saraf. Tanpa asupan kalsium yang cukup, tubuhmu mungkin akan kesulitan menjalankan fungsi-fungsi tersebut dengan baik. 

Jadi, bisa dibilang kalsium adalah mineral yang wajib kamu perhatikan setiap hari! Dilansir dari Medical News Today dan Health, berikut manfaat mengonsumsi kalsium.

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Meningkatkan Kesehatan Tulang/Foto: Freepik

Kamu pasti tahu, Beauties, bahwa tulang yang kuat adalah kunci untuk menjaga tubuh tetap aktif dan bugar. Nah, salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan kesehatan tulang adalah dengan memastikan asupan kalsium yang cukup setiap hari. 

Manfaat konsumsi kalsium untuk menjaga kepadatan tulang mungkin sudah sangat familiar. Kalsium membuat tulangmu tetap kuat dan terhindar dari risiko keropos. Bagi perempuan, menjaga kesehatan tulang sangat krusial, terutama karena risiko osteoporosis meningkat seiring bertambahnya usia. 

Selain itu, kalsium juga membantu proses regenerasi tulang. Kalsium berperan sebagai “bahan bangunan” untuk memperbaiki dan memperkuat tulang. Jadi, kalau kamu ingin tetap aktif bergerak tanpa khawatir tentang kesehatan tulang di masa depan, pastikan kamu memenuhi kebutuhan kalsium harian, ya!

Menjaga Sistem Kardiovaskular

Menjaga Sistem Kardiovaskular/Foto: Freepik

Kalsium bukan hanya penting untuk kesehatan tulang, tapi juga berperan vital dalam menjaga sistem kardiovaskular kita. Mineral ini membantu otot jantung berfungsi dengan baik dan menjaga irama tetap stabil. 

Tanpa asupan kalsium yang cukup, risiko gangguan jantung bisa meningkat. Kalsium membantu memastikan jantung kita dapat memompa darah secara efisien ke seluruh tubuh.

Selain itu, manfaat mengonsumsi kalsium juga berkontribusi pada pengaturan tekanan darah. Kalsium bisa mengontrol kontraksi pembuluh darah dan mengurangi ketegangan di dinding pembuluh darah. Yuk, mulai memperhatikan asupan kalsium dalam diet harian untuk manfaat kesehatan jangka panjang!

Mengurangi Gejala PMS

Mengurangi Gejala PMS/Foto: Freepik

Tahukah kamu bahwa kalsium dapat membantu mengurangi gejala PMS yang sering mengganggu? Mineral ini berperan penting dalam mengatur berbagai fungsi tubuh yang berhubungan dengan siklus menstruasi. 

Dengan mengonsumsi kalsium dalam jumlah cukup, kamu bisa merasakan penurunan gejala perubahan suasana hati dan kelelahan yang sering dialami sebelum menstruasi. Kalsium bekerja dengan cara menyeimbangkan hormon dan meredakan ketegangan otot, sehingga membantu membuat periode PMS kamu menjadi lebih nyaman.

Selain itu, beberapa studi menunjukkan bahwa kalsium dapat membantu mengurangi rasa sakit fisik yang berkaitan dengan PMS. Misalnya demam, sakit kepala, hingga kram perut. Kamu bisa mendapat manfaat ini dengan mengonsumi makanan kaya kalsium, seperti susu, yogurt, atau sayuran hijau.

Menguatkan Gigi

Menguatkan Gigi/Foto: Freepik

Manfaat kalsium bagi kesehatan tubuh lainnya adalah untuk menguatkan gigi. Kalsium membantu membangun dan mempertahankan kekuatan enamel gigi, lapisan luar yang melindungi gigi dari kerusakan. 

Dengan mengonsumsi cukup kalsium, kamu bisa membantu mencegah gigi berlubang dan menjaga kesehatan gigi secara keseluruhan. Selain itu, kalsium juga mendukung kesehatan gusi dan mengurangi risiko peradangan gusi yang bisa menyebabkan masalah gigi lebih lanjut. 

Manfaat konsumsi kalsium ternyata cukup beragam ya. Kamu bisa merasakan manfaat ini bila mengonsumsinya secara teratur. Tapi, jangan sampai terlalu berlebihan, ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Komentar

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama memberikan komentar.

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
4 Manfaat Konsumsi Kalsium bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Kuatkan Tulang dan Gigi

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us