Sering Digunakan, 4 Peralatan Masak Ini Ternyata Berpotensi Membahayakan Kesehatan

sering-digunakan,-4-peralatan-masak-ini-ternyata-berpotensi-membahayakan-kesehatan

Belinda Safitri | Beautynesia

Jumat, 04 Oct 2024 06:45 WIB

Sering Digunakan, 4 Peralatan Masak Ini Ternyata Berpotensi Membahayakan Kesehatan

Peralatan masak yang berpotensi berbahaya kesehatan/Foto: Unsplash.com/Jason Briscoe

Memasak adalah aktivitas sehari-hari yang tak terpisahkan dari kehidupan kita ya, Beauties. Dari menyiapkan sarapan hingga memasak makan malam, kita sering mengandalkan peralatan masak yang praktis dan efisien. 

Namun, tanpa disadari, beberapa peralatan yang dianggap mempermudah proses memasak, bisa menyimpan bahaya tersembunyi yang dapat berefek pada kesehatan lho!

Lantas, apa saja peralatan masak yang dimaksud? Dilansir dari Vinmec International Hospital, simak daftarnya berikut ini. 

1. Teflon Anti Lengket

Teflon anti lengket/ Foto: Freepik.com/freepik

Peralatan masak berlapis teflon anti lengket memang memudahkan saat memasak karena makanan tidak menempel pada permukaan wajan. Namun, saat dipanaskan pada suhu tinggi, lapisan Teflon dapat melepaskan senyawa kimia berbahaya seperti asam perfluorooctanoic (PFOA). 

Menurut beberapa penelitian, paparan jangka panjang terhadap PFOA dapat meningkatkan risiko penyakit kanker, gangguan hormon, dan masalah kesehatan lainnya. Olehnya itu, jika wajan atau panci teflon mulai terkelupas, sebaiknya segera ganti untuk menghindari risiko ini.

2. Alat Masak Aluminium

Alat masak aluminium/ Foto: Freepik.com/freepik

Aluminium adalah bahan yang ringan dan tahan lama, sehingga sering digunakan dalam peralatan masak. Meski begitu, saat digunakan dalam jangka panjang atau pada suhu tinggi, aluminium dapat larut ke dalam makanan, terutama jika masakan tersebut bersifat asam, seperti tomat, cuka, dan jeruk. 

Paparan berlebihan terhadap aluminium dikaitkan dengan risiko gangguan neurologis, termasuk penyakit Alzheimer. Untuk mengurangi risiko, pilih peralatan masak aluminium yang sudah dilapisi atau gunakan bahan alternatif seperti stainless steel.

3. Peralatan Masak Tembaga

Alat masak tembaga/ Foto: Business Insider

Tembaga sering digunakan dalam peralatan masak karena kemampuannya menghantarkan panas dengan cepat dan merata. Namun, jika peralatan ini tidak dilapisi dengan bahan pelindung, tembaga dapat bereaksi dengan makanan asam dan menyebabkan keracunan. 

Kelebihan tembaga dalam tubuh dapat menyebabkan masalah pencernaan, kerusakan hati, hingga gagal ginjal. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu menggunakan peralatan tembaga yang telah dilapisi dengan stainless steel atau bahan aman lainnya.

4. Tempat Masak Berlapis Keramik

Alat masak keramik/ Foto: Amazon.in

Peralatan masak berlapis keramik dikenal aman dan ramah lingkungan. Namun, tidak semua produk keramik diciptakan sama. Beberapa lapisan keramik berkualitas rendah mungkin mengandung timbal atau kadmium yang berbahaya jika terkelupas dan masuk ke dalam makanan. 

Senyawa timbal dan kadmium dapat menyebabkan keracunan logam berat yang berdampak buruk pada kesehatan, terutama pada anak-anak. Untuk menghindari hal ini, pastikan membeli peralatan masak keramik dari merek yang terpercaya dan telah tersertifikasi aman.

Terlepas dari itu, Beauties mungkin bertanya-tanya mengenai peralatan masak yang lebih aman untuk kesehatan. Dikutip dari The Health Site, panci tanah liat dianggap sebagai salah satu peralatan memasak terbaik. Pasalnya, alat ini memungkinkan uap air dan panas bersirkulasi melalui makanan yang membantu mempertahankan nutrisinya. 

Selain itu, peralatan masak besi juga dapat menjadi pilihan ideal lainnya untuk memasak. Peralatan ini secara alami akan melepaskan zat besi yang penting untuk menjaga fungsi tubuh agar lebih baik.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Komentar

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama memberikan komentar.

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Sering Digunakan, 4 Peralatan Masak Ini Ternyata Berpotensi Membahayakan Kesehatan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us