Kunjungan Paus Fransiskus dan Intoleransi di Depan Mata

kunjungan-paus-fransiskus-dan-intoleransi-di-depan-mata

Mubadalah.id – Catatan agak panjang ini anggap saja sebagai penyempurna postingan status Facebook saya kemarin. Yakni sesaat setelah Paus Fransiskus tiba di Indonesia. Sebagaimana kunjungan Grand Syaikh Al-Azhar beberapa waktu lalu, kunjungan Paus Fransiskus yang terjadwalkan akan mulai hari Selasa, 3 September 2024 sampai beberapa hari ke depan.

Dari kunjungan ini hampir kita pastikan tidak akan membawa dampak yang berarti terhadap kondisi toleransi dan berbagai insiden intoleran yang setiap saat bisa terjadi. Semingguan yang lalu, jemaat Gereja Allah Baik (GAB) di Jombang, terpaksa beribadah di emperan luar karena gereja mereka malah disegel.

Setali tiga uang dengan dengan jemaat GAB, jemaat GBI di Desa Sopan Jaya, Sumatera Barat juga mendapatkan perlakuan persekusi yang tidak jauh beda. Jemaat GBI di sana sampai memohon-mohon dan menangis agar gereja mereka tidak dibongkar oleh para manusia tidak berperikemanusiaan. Sungguh fenomena intoleransi yang menyayat hati. Apalagi terjadi di tengah kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia dengan sambutan yang luar biasa.

Tidak Terjebak pada Acara Seremonial

Berkaca dari pengalaman kunjungan Grand Syaikh, ia kita sambut dengan sedemikian gegap gempita. Bahkan setiap kata dan kalimat yang keluar dari setiap pidato dan diskusinya selalu menjadi sorotan. Padahal semuanya terjadi secara biasa dan alamiah.

Saya berharap kunjungan Paus Fransiskus tidak lagi terjebak pada acara seremonial yang tidak membekas sama sekali terhadap transformasi sosial. Apakah Paus Fransiskus dan timnya tahu atau tidak bahwa masih banyak saudara-saudara minoritas kita di Indonesia yang mendapat perlakuan secara diskriminatif. Sebut saja di antara yang masih sering mendapatkan perlakuan diskriminatif adalah mereka para jemaat Ahmadiyah.

Bahkan yang lebih menyedihkan lagi, para intelektual dan cendekiawan yang selama ini getol menyuarakan toleransi, nyatanya masih sebatas manis di mulut. Tidak ada yang berani pasang badan secara langsung.

Kementerian-kementerian (terlebih Kementerian Agama) dan pihak-pihak terkait masih saja asik sendiri. Peraturan-peraturan juga masih membelenggu saudara-saudara kita yang minoritas dan tetap mereka pertahankan tanpa mau ada yang protes secara serius untuk kemudian terhapuskan.

Menyoal Dialog Lintas Agama

Menteri Agama hingga Presiden Joko sampai tega hati mengatakan bahwa kondisi umat beragama di Indonesia baik-baik saja. Saya pikir, pernyataan Menteri Agama dan Presiden Joko mewakili mayoritas umat beragama. Sebagai manusia yang tidak manusiawi, masih banyak yang terjebak unggah-ungguh dengan sangat berlebihan. Sekadar ikut-ikutan kebanyakan orang dan senang dengan acara-acara yang seremonial tanpa makna.

Jadi selama ini dialog demi dialog lintas agama juga masih sebatas seremonial dan manis di mulut. Tidak sampai pada makna hakikatnya. Bahkan sampai catatan harian ini saya tulis, ketimbang membela dan memasang badan untuk saudara-saudara kita yang terganggu ibadah dan dirusak tempat ibadahnya, sama sekali tidak ada.

Pernyataan sikap dan poster yang berseliweran di media sosial misalnya, bukan malah mengecam aksi intoleransi. Malah sama-sama terjebak pada pernyataan sikap (atau tepatnya ucapan penyambutan) atas kedatangan Paus Fransiskus yang tentu saja masih manis di mulut saja.

Paus Fransiskus, Grand Syaikh Al-Azhar, Ketua Umum PBNU dan atau para pimpinan tinggi agama-agama yang lain, mestinya mempunyai insting toleransi yang tinggi. Saya menduga kuat jikalau mereka, para pimpinan tinggi agama-agama ini terlampau di atas, sehingga sulit mengendus persoalan-persoalan di bawah.

Spirit dalam beragama tidak lagi berdasarkan logika dan spiritualitas yang terwujud pada akhlak sosial dan pelayanan kepada umat agama yang ada di level bawah. Melainkan hanya bermanis-manis pada tataran formal.

Berbagai insiden intoleransi tadi bahkan luput. Karena rakyat Indonesia terlampau habis perhatiannya terhadap panasnya konstelasi politik jelang Pilkada serentak November 2024. Berbagai media lokal maupun nasional pun sama sekali tidak ada yang memberitakan aksi-aksi intoleransi yang terjadi jelas di depan mata.

Kalau fenomena seremonial dan formalitas dalam beragama terus menjadi andalan umat beragama di Indonesia, saya khawatir apabila spirit beragama tidak menjadikan umat menjadi cerdas dan kritis. Melainkan semakin terjebak pada unggah-ungguh yang berlebihan. Puncaknya tidak peduli terhadap aksi-aksi intoleransi yang justru terlihat di depan mata. []

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Kunjungan Paus Fransiskus dan Intoleransi di Depan Mata

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us