Sedang Mengandung? Lakukan 3 Olahraga Aman untuk Ibu Hamil Ini

sedang-mengandung?-lakukan-3-olahraga-aman-untuk-ibu-hamil-ini

Florence Febriani Susanto | Beautynesia

Jumat, 06 Sep 2024 07:30 WIB

Sedang Mengandung? Lakukan 3 Olahraga Aman untuk Ibu Hamil Ini

Sedang Mengandung? Lakukan 3 Olahraga Aman untuk Ibu Hamil Ini/Foto: Freepik.com/valeria_aksakova

Bagi kamu yang sedang menjalani masa kehamilan, menjaga kesehatan tubuh menjadi semakin penting. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan berolahraga. Namun, mungkin kamu bertanya-tanya, apa saja olahraga aman untuk ibu hamil? 

Tenang, ada banyak pilihan olahraga ringan yang bisa membantu menjaga kebugaran tanpa membahayakan kesehatan janin. Olahraga bukan cuma bisa membantu jaga stamina, tetapi juga mengurangi keluhan umum selama kehamilan seperti nyeri punggung dan pembengkakan.

Selain itu, olahraga juga bisa meningkatkan suasana hati dan mempersiapkan tubuh untuk proses persalinan nanti. Dilansir dari detikcom, berikut daftar olahraga ringan untuk ibu hamil.

Yoga

Yoga/Foto: Freepik

Yoga adalah salah satu pilihan olahraga perempuan hamil yang sangat aman dan bermanfaat. Gerakan yoga yang lembut dan terkendali membantu meningkatkan fleksibilitas, menguatkan otot, serta memperbaiki postur tubuh.

Selain itu, yoga juga dikenal mampu mengurangi stres dan kecemasan. Ini memberikan ketenangan pikiran yang sangat dibutuhkan saat menjalani berbagai perubahan dalam tubuh.

Banyak pakar menyebut bahwa yoga juga dapat membantu mempersiapkan tubuh untuk persalinan dengan memperkuat otot-otot dasar panggul dan meningkatkan pernapasan. Teknik pernapasan yang diajarkan dalam yoga bisa membantu kamu merasa lebih rileks dan siap menghadapi proses melahirkan. 

Pastikan untuk mengikuti kelas yoga khusus ibu hamil atau prenatal yoga yang dipandu instruktur berpengalaman. Dengan begitu, kamu bisa memastikan gerakan yang dilakukan benar-benar aman dan sesuai dengan kondisi kehamilanmu.

Berenang

Berenang/Foto: Freepik

Pilihan olahraga ringan untuk ibu hamil lainnya adalah berenang. Di dalam air, tubuhmu akan terasa lebih ringan, sehingga tekanan pada persendian dan tulang belakang berkurang. Ini membuat berenang menjadi aktivitas yang efektif untuk menjaga kebugaran tanpa harus khawatir mengalami cedera. 

Selain itu, berenang membantu melancarkan sirkulasi darah dan mengurangi pembengkakan, dimana dua hal ini sering menjadi tantangan selama kehamilan. 

Berenang juga menawarkan manfaat mental, lho! Gerakan lembut di dalam air bisa memberikan rasa rileks yang menenangkan. Ini membantu mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati. 

Dengan berenang secara teratur, kamu bisa menjaga stamina dan fleksibilitas tubuh supaya siap menghadapi perubahan fisik selama kehamilan. Jangan lupa untuk memilih kolam renang yang bersih dan aman, serta jangan paksakan tubuhmu, ya, Beauties!

Aerobik

Aerobik/Foto: Freepik

Aerobik juga bisa menjadi pilihan olahraga aman untuk ibu hamil yang menyenangkan. Dengan gerakan ritmis yang teratur, aerobik membantu menjaga kesehatan jantung, meningkatkan sirkulasi darah, dan memperkuat otot-otot tubuh. 

Selain itu, aerobik bisa membantu mengontrol berat badan selama kehamilan, yang penting untuk kesehatan ibu dan bayi. Pastikan kamu memilih kelas aerobik khusus ibu hamil, yang gerakannya telah disesuaikan agar aman dan tidak membebani tubuh.

Aerobik juga memberikan manfaat lain, yaitu meningkatkan energi dan mood. Gerakan yang mengikuti irama musik membuat latihan terasa lebih menyenangkan, sehingga kamu bisa lebih bersemangat menjalani hari-harimu. 

Menjalani kehamilan dengan tetap aktif berolahraga yang aman bisa memberikan banyak manfaat, baik untuk kamu maupun si Kecil. Namun, selalu pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai rutinitas olahraga aman untuk ibu hamil agar kamu bisa memilih jenis latihan yang paling sesuai.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Komentar

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama memberikan komentar.

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Sedang Mengandung? Lakukan 3 Olahraga Aman untuk Ibu Hamil Ini

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us