Sering Dianggap Sepele, Ini 5 Manfaat Tunjukkan Kasih Sayang pada Pasangan Menurut Penelitian

sering-dianggap-sepele,-ini-5-manfaat-tunjukkan-kasih-sayang-pada-pasangan-menurut-penelitian

Narita Fuji Triani | Beautynesia

Sabtu, 05 Oct 2024 22:30 WIB

Sering Dianggap Sepele, Ini 5 Manfaat Tunjukkan Kasih Sayang pada Pasangan Menurut Penelitian

Foto: freepik.com/tirachardz

Banyak cara untuk menunjukkan kasih sayang kepada orang-orang terdekat. Meskipun kamu bukan tipe orang dengan bahasa cinta physical touch, namun bersentuhan fisik dengan orang terkasih banyak memberikan manfaat. Manfaat tersebut bisa dirasakan oleh diri sendiri maupun orang lain.

Melansir dari Yourtango, setidaknya ada 5 manfaat menunjukkan kasih sayang kepada orang lain. Menurut psikolog Chloe Paidouiss-Mitchelle mengatakan bahwa meski terdengar sepele, namun kontak fisik dengan orang lain berdampak nyata pada kesejahteraan mental, terutama bagi kamu yang tinggal sendirian. Apa saja manfaatnya ya?

1. Meningkatkan Hormon Bahagia

Ilustrasi/ Foto: freepik.com/freepik

Berpelukan, berpegangan tangan, dan bersentuhan bisa meningkatkan kadar oksitosin, hormon yang mengurangi rasa sakit dan menimbulkan rasa tenang. Interaksi fisik bisa meningkatkan oksitosin karena sentuhan kasih sayang berdasarkan penelitian tahun 2008 yang dikutip dari laman jurnal Psychosomatic Medicine. Penelitian ini menunjukkan bahwa meningkatkan sentuhan hangat diantara pasangan memiliki pengaruh baik pada banyak sistem yang peka terhadap stres.

2. Pelukan Pasangan dan Darah Rendah

Ilustrasi/ Foto: freepik.com/senivpetro

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2005 yang dilansir dari APA PsycNet menunjukkan bahwa pelukan hangat dari pasangan yang lebih sering bisa berkaitan dengan tekanan darah dan detak jantung yang rendah. Penelitian ini dilakukan kepada perempuan premenopause dan belum terbukti secara ilmiah kepada laki-laki.

3. Membuat Lebih Dipercaya

Ilustrasi/ Foto: freepik.com/freepik

Menjadi seorang penyayang dan menunjukkan kasih sayang secara fisik bisa meningkatkan pandangan orang lain terhadapmu. Menurut penelitian dalam APA PsycNet, memberikan pelukan atau sentuhan kasih sayang bisa meningkatkan rasa percaya diri.

4. Mengurangi Stres

Ilustrasi/ Foto: freepik.com/freepik

Pasangan yang romantis yang sering menunjukkan rasa kasih sayang dengan sentuhan fisik, bisa menurunkan kadar hormon stres yang ada pada tubuh. Hal tersebut seperti penelitian yang terlampir di APA PsycNet menunjukkan bahwa interaksi pasangan yang positif bisa menurunkan kadar hormon stres dan membuat hubungan pernikahan lebih bahagia.

5. Membuat Suasana Hati Lebih Baik

Ilustrasi/ Foto: freepik.com/freepik

Menunjukkan kasih sayang fisik bisa membuat suasana hati di hari berikutnya. Dalam penelitian di National Library of Medicine telah membuktikan bahwa sentuhan fisik bisa membuat suasana hati menjadi lebih tinggi dan stres yang lebih rendah di hari berikutnya.

Itulah 5 manfaat yang terjadi ketika kamu menunjukkan bahasa cinta dengan kontak fisik, sekedar berpelukan atau berpegangan tangan dengan pasangan. Sudah melakukannya hari ini, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)

Komentar

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama memberikan komentar.

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Sering Dianggap Sepele, Ini 5 Manfaat Tunjukkan Kasih Sayang pada Pasangan Menurut Penelitian

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us