Menyikapi Konflik dalam Hubungan Romantis

menyikapi-konflik-dalam-hubungan-romantis

Mubadalah.id – Konflik adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam sebuah perjalanan hubungan antar manusia. Namun terkadang yang menyebabkannya semakin besar adalah cara penyikapannya. Sikap kita terhadap pasangan adalah sesuatu yang bisa kita kendalikan. Namun, sikap pasangan terhadap kita adalah sesuatu di luar batas kendali kita.

Maka tulisan ini akan berfokus pada setiap pembaca yang memiliki kemauan menjadi aktor aktif dalam membangun hubungan yang sehat bersama pasangan. Dalam tulisan ini penulis akan memberikan beberapa tips menyikap konflik  yang diadopsi dari buku yang berjudul love explained. Salah satu sub-bab dari buku ini menjelaskan tentang bagaimana seharusnya kita menyikapi konflik dengan pasangan.

Pertama, mengambil jeda setelah konflik

Hal ini bertujuan untuk memberikan ruang kepada masing-masing pihak untuk merefleksikan diri. Mengambil jeda juga dapat meninimalisir hal-hal buruk yang semakin memperkeruh keadaan. Selain itu juga memberikan waktu saat emosi tidak stabil.

Poin pertama ini dapat menjadi kesepakatan bersama dalam memahami bahasa marah pasangan. Bertanya ketika pasangan sedang marah hal apa yang perlu dilakukan agar tidak semakin membuat marah dan kesal. Selain memahami bahasa cinta keduanya perlu juga memahami bahasa marah pasangan. Misalnya dengan tidak menimpali obrolan atau lebih baik diam untuk sementara waktu.

Kedua, mengalokasikan waktu untuk membuka obrolan pasca konflik

Hal tersebut perlu kita lakukan agar masing-masing dapat saling mengetahui cara pandang dan perasaan pasangan yang bertolak belakang. Membuka obrolan bertujuan membiasakan untuk mengungkapkan setiap perasaan yang hadir dan alasannya serta cara bagaimana mitigasinya agar tidak terulang kembali di kemudian hari.

Namun seringkali yang menjadi tantangan terbesarnya adalah rasa ego yang tinggi dan enggan untuk membuka obrolan lebih dulu. Alternatif lain jika terjadi hal seperti itu maka perlu ada kesepakatan bersama tentang berapa lama mengambil jeda dan membuka obrolan. Bisa maksimal 1 x 24 jam misalnya, atau 2 hari dan lainnya yang dapat disesuaikan dengan kondisi masing-masing. Hal ini masuk dalam rencana mitigasi ketika terjadi konflik.

Ketiga, fokus pada permasalahan yang sedang terjadi, bukan melampiaskan rasa marah yang terakumulasi yang sebelumnya tidak terbahas

Penting untuk menyampaikan unek-unek akan perasaan yang muncul kepada pasangan. Agar di kemudian hari tidak menjadi bom waktu yang kapan saja bisa meledak.

Keempat, bertujuan menjadi pendengar sekaligus pembicara yang baik untuk pasangan. Bisa saling bergantian untuk menjadi pembicara atau pendengar terlebih dahulu. Prinsip dasarnya adalah tidak memotong pembicaraan dan memberikan ruang kepada pasangan untuk berkata jujur.

Kelima, tidak menyalahkan dan menyerang lawan bicara namun berfokus pada problem solving atau berorientasi pada solusi

Situasi ini bukan mencari siapa yang benar dan salah namun untuk menemukan jalan tengah dari sebuah perbedaan. Tujuannya agar keduanya tidak ada yang timpang dan merasa dirugikan dengan keputusan yang akan diambil.

Jika suatu hari terdapat masalah yang tidak bisa diselesaikan berdua, maka bisa melibatkan orang ketiga yang dapat menjembatani dalam proses penyelesaian. Dengan syarat memiliki netralitas terhadap suatu masalah dan tidak memihak pada satu orang. Kita dapat menjumpai konselor pernikahan untuk memediasi perselisihan yang ada.

Tentu setiap orang memiliki referensi penyelesaian dalam bentuk yang lain dan mungkin lebih cocok untuk diterapkan dalam hubungan romantis masing-masing. Lima poin di atas hanyalah secuil tips yang harapannya dapat memudahkan pembaca dalam menyikapi konflik. Semoga kita semua dapat terus bertumbuh bersama dengan pemikiran dan sikap yang lebih dewasa di tengah perbedaan yang ada. []

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Menyikapi Konflik dalam Hubungan Romantis

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us