Ini Dia Waktu Terbaik untuk Minum Kopi agar Dapat Efek Terbaik

ini-dia-waktu-terbaik-untuk-minum-kopi-agar-dapat-efek-terbaik

Cindy Novita | Beautynesia

Senin, 07 Oct 2024 06:30 WIB

Ini Dia Waktu Terbaik untuk Minum Kopi agar Dapat Efek Terbaik

Foto: freepik.com/benzoix

Sudah menjadi suatu kebiasaan mengawali pagi hari dengan menyeruput segelas kopi. Membuat kopi sendiri atau membelinya di kafe. Kopi menjadi teman menyenangkan untuk membuatmu tetap terjaga selama beraktivitas.

Mengutip Vogue, sebuah penelitian menunjukkan bahwa minum secangkir kafein dapat menyehatkan jantung dan otak. Jika diminum tanpa gula, kopi memberi banyak manfaat bagi kesehatan karena adanya senyawa antioksidan yang terkandung di dalam tanaman kopi. Peneliti menjelaskan, minum kopi di waktu yang tepat dapat menghindari efek negatifnya.

Lantas, kapan waktu terbaik untuk minum kopi? Pagi atau malam? Yuk, simak sampai habis!

Minum Kopi di Pagi Hari

Minum kopi di pagi hari/Foto: freepik.com/freepik

Kamu mungkin sudah terbiasa minum secangkir kopi hangat atau dingin di pagi hari setelah bangun tidur. Namun, minum kopi di pagi hari bukanlah waktu yang tepat, Beauties. Pagi hari merupakan waktu di mana hormon kortisol sedang berada di puncaknya sekitar jam 7-8 pagi.

Kortisol atau lebih dikenal sebagai hormon stres adalah zat kimia yang dilepaskan tubuh untuk meningkatkan kewaspadaan serta fokus dalam beraktivitas. Selain itu, hormon tersebut juga bermanfaat mengatur metabolisme tubuh, tekanan darah, dan kadar gula darah.

Melansir Cleverland Clinic, hormon kortisol yang tinggi dapat menyebabkan peradangan sehingga memicu kerusakan sel, risiko mengalami kenaikan berat badan, diabetes, dan masalah kesehatan lainnya.

Minum Kopi di Malam Hari

Minum kopi di malam hari/Foto: freepik.com/senivpetro

Minum kopi di malam hari tidak dianjurkan, kecuali jika kamu ingin tetap terjaga untuk mengerjakan pekerjaan yang belum selesai atau lembur. Efek kafein yang kamu konsumsi pada umumnya bertahan selama 2 hingga 6 jam, tergantung metabolisme tubuh.

Jika kamu memiliki gangguan insomnia, sangat tidak dianjurkan minum kopi di malam hari karena kopi dapat mengganggu pola tidur yang membuatmu terjaga sepanjang malam.

Kapan Waktu Terbaik untuk Minum Kopi?

Secangkir kopi/Foto: freepik.com/freepik

Kafein bekerja lebih efektif sehingga kamu dapat merasakan manfaatnya bila meminum kopi di atas jam 10 pagi. Secara bertahap hormon kortisol akan turun dan saat itulah tubuh memerlukan booster yang membuatmu terjaga selama beraktivitas.

Secangkir kopi di siang hari membantu menyegarkan tubuh dari kelesuan di sore hari. Sebagian orang mungkin akan merasa lesu dan mengantuk setelah jam makan siang sehingga membuatmu kurang produktif dalam bekerja. Bila tidur siang tidak memungkinkan, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah minum kopi.

Meskipun kopi memiliki beragam manfaat bagi tubuh, tetapi kamu harus memperhatikan batas asupan kopi dalam sehari ya, Beauties. Agar tubuh tidak dehidrasi sebaiknya hindari minum kopi lebih dari 4 gelas.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)

Komentar

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama memberikan komentar.

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Ini Dia Waktu Terbaik untuk Minum Kopi agar Dapat Efek Terbaik

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us