Kenali Pola Asuh Otoriter dan Dampaknya bagi Anak

kenali-pola-asuh-otoriter-dan-dampaknya-bagi-anak

Dampak Pola Asuh Otoriter bagi Anak

Baik dilakukan dengan sadar ataupun tanpa sadar, pola asuh otoriter memberikan dampak negatif secara psikologis untuk anak. Beberapa di antaranya adalah: 

1. Kurang mandiri

Anak-anak yang dibesarkan dalam pola asuh otoriter sering kali tidak memiliki kesempatan untuk belajar sendiri. Mereka selalu diarahkan dan diawasi oleh orang tua sehingga membuat mereka sulit inisiatif dan kurang mandiri dalam menjalani kehidupan. 

2. Tidak berani mengambil keputusan

Anak seringkali merasa takut akan membuat kesalahan, karena setiap kesalahan yang diperbuat akan kena hukuman dari orang tuanya. Akibatnya, mereka tidak berani mengambil keputusannya sendiri. Baik keputusan yang besar maupun kecil, mereka takut tidak sesuai dengan harapan orang tua. 

3. Sulit mengontrol emosi

Anak yang tumbuh dalam pola asuh otoriter sering menahan emosi karena mereka tidak memiliki ruang untuk mengekspresikan perasaannya. Mereka tidak mampu untuk berbicara atau menyalurkan emosi, sehingga mereka merasa tertekan.

4. Agresif

Anak yang dibesarkan dalam pola asuh otoriter yang lingkungannya penuh tekanan dan kontrol, beberapa anak mungkin akan bereaksi dengan perilaku yang agresif sebagai bentuk perlawanan atau frustrasi. Mereka menjadi lebih mudah marah atau memberontak, terhadap orang lain atau di lingkungan luar.

5. Pemalu

Anak yang dibesarkan dengan pola asuh otoriter cenderung merasa kurang percaya diri. Mereka merasa diawasi dan dihakimi, sehingga membuat mereka ragu untuk mengekspresikan diri di depan orang lain. Akibatnya, mereka menjadi tertutup, malu untuk tampil. 

Berikut diatas merupakan contoh pola asuh otoriter. Secara keseluruhan, pola asuh otoriter mungkin efektif dalam menjaga disiplin, namun dapat menurunkan kemandirian dan kepercayaan diri anak. Penting bagi orang tua untuk mencari keseimbangan antara memberi arahan dan memberikan kebebasan yang cukup bagi anak.

Untuk Moms & Dads yang ingin belajar ilmu parenting, Cakap Parents Lyfe Club hadir dengan berbagai kegiatan dan tips seputar parenting. Selain itu, untuk mendukung perkembangan si Kecil sekaligus belajar bahasa Inggris, Moms & Dads bisa banget mempercayakan Cakap Kids Academy. Yuk, gabung sekarang! #SiapaCakapDiaDapat

Baca Juga:

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Kenali Pola Asuh Otoriter dan Dampaknya bagi Anak

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us