Apa Itu Gemini dari Google? Begini Cara Pakainya!

apa-itu-gemini-dari-google?-begini-cara-pakainya!

Apa Itu Gemini Google dan Cara Pakainya - Header

Gadgetren – Seolah tak ingin ketinggalan dari berbagai perusahaan teknologi lainnya, Google mengembangkan sebuah produk baru yang diberi nama Google Gemini untuk membantu para pengguna.

Diperkenalkan untuk umum pada Bulan Desember 2023 silam, produk baru Google tersebut kini sudah dapat dinikmati oleh sebagian besar pengguna. Kita dapat memakainya di berbagai macam perangkat yang mana termasuk ponsel Android salah satunya.

Produk baru tersebut kini juga sudah diintegrasikan ke dalam berbagai layanan Google yang lain seperti Google Docs, Sheets, Slides, Drive, Gmail, hingga Messages. Jadi, kita bisa semakin mudah untuk mengakses.

Apa Itu Google Gemini?

Bagi kamu yang belum tahu, Gemini sebenarnya adalah Large Language Model (LLM) atau model pembelajaran sistem kecerdasan buatan yang dikembangkan dan dilatih oleh Google DeepMind. Fungsinya mirip seperti GPT-4 milik Open AI yang meluncur lebih dulu.

Sebagai model pembelajaran, Gemini dapat digunakan untuk mengembangkan berbagai produk atau layanan dengan sistem kecerdasan buatan. Termasuk di dalamnya fitur Generative AI yang banyak beredar di masa sekarang.

Dalam hal ini, Gemini hadir dalam empat model. Keempat modelnya meliputi Ultra yang dirancang untuk menangani tugas sangat kompleks, Pro untuk tugas standar, Flash untuk kinerja lebih cepat dan efisien, serta Nano untuk pemrosesan secara lokal di dalam perangkat.

Yang sangat menarik, Gemini sudah digunakan oleh Google untuk mengembangkan chatbot atau asisten cerdas dengan nama yang sama. Layanan tersebut hadir sebagai penerus Google Bard yang kini sudah ditinggalkan.

Kita dapat menggunakan layanan chatbot Gemini secara gratis untuk mempermudah berbagai macam aktivitas mulai dari menulis, merangkum informasi, merencanakan, hingga mencari tahu apa yang belum diketahui.

Secara umum, chatbot buatan Google tersebut bisa langsung digunakan di berbagai perangkat Android. Kita dapat memakainya sebagai pengganti yang lebih mutakhir dari Google Assistant.

Cara Menggunakan Google Gemini

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, layanan Gemini akan muncul setiap kali kita mencoba mengakses Google Assistant baik itu dengan menekan tombol home atau power selama beberapa detik, mengucapkan “Hey, Google, maupun mengusap dari sudut bawah ke dalam untuk navigasi gesture.

Selain menggunakan cara di atas, kita di sisi lain juga dapat memakai layanan Google Gemini dengan memasang aplikasinya yang tersedia gratis di Google Play Store. Kita nanti hanya perlu mengatur setelan Digital Assistant Apps di menu pengelola aplikasi pada pengaturan perangkat.

Alternatif lainnya, kita dapat mengakses layanan tersebut melalui https://gemini.google.com/app. Ini pun bisa digunakan apabila perangkat yang dimiliki berjalan dengan sistem yang tidak didukung oleh Google secara langsung seperti laptop, komputer, atau tablet non-Android.

Chatbot Gemini memang bisa digunakan secara gratis. Namun untuk mendapatkan fitur dan kemampuan lebih mumpuni, kita harus berlangganan Gemini Advance yang tersedia lewat paket Google One AI Premium.

Sedikit informasi, Google One AI Premium merupakan paket berlangganan dari Google dengan benefit seperti dukungan penyimpanan awan hingga 2TB hingga fitur tambahan untuk berbagai layanan Google. Harganya adalah Rp309.000 per bulan.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Apa Itu Gemini dari Google? Begini Cara Pakainya!

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us