Disebut Langka dan Hanya 1-3% Populasi Saja, Apa Itu Tipe Kepribadian INFJ?

disebut-langka-dan-hanya-1-3%-populasi-saja,-apa-itu-tipe-kepribadian-infj?

Regitha Mandasari Putri Suryana | Beautynesia

Selasa, 08 Oct 2024 06:45 WIB

Disebut Langka dan Hanya 1-3% Populasi Saja, Apa Itu Tipe Kepribadian INFJ?

Mengenal tipe kepribadian INFJ/Foto : Freepik/ Freepik

MBTI atau Myers-Briggs Type Indicator, adalah tes kepribadian yang dirancang untuk membantu orang mengenali dan memahami tipe kepribadian seseorang. Tes ini pertama kali dikembangkan oleh Isabel Briggs Myers dan ibunya, Katharine Cook Briggs, pada tahun 1940-an.

Dalam sistem MBTI, kepribadian dibagi menjadi 16 tipe yang berbeda, berdasarkan empat dimensi utama: Introversion (I) atau Extraversion (E), Intuition (N) atau Sensing (S), Feeling (F) atau Thinking (T), dan Judging (J) atau Perceiving (P).

Salah satu tipe kepribadian yang paling langka dari MBTI adalah INFJ, yang merupakan singkatan dari Introverted (I), Intuitive (N), Feeling (F), dan Judging (J). Hanya sekitar 1-3% dari populasi yang memiliki kepribadian ini.

INFJ kerap disebut sebagai Advocate, kepribadian ini cenderung bertindak dengan penuh pertimbangan, perhatian, dan peka terhadap perasaan orang lain, serta cenderung mengandalkan emosi dalam pengambilan keputusan dengan logis dan praktis.

Selengkapnya, ini dia beberapa ciri khas dari orang-orang dengan tipe kepribadian INFJ yang dikutip dari Verywell Mind, yuk simak!

1. Kepribadian Langka

Kepribadian langka/ Foto : Freepik/ Freepik

Tipe kepribadian INFJ adalah salah satu yang paling langka dalam sistem MBTI, hanya sekitar 1–3% dari populasi yang memiliki kepribadian ini. Keberadaan mereka yang terbatas membuat INFJ unik. Namun, hal ini justru menjadi nilai tambah, karena mereka membawa perspektif yang berbeda di lingkungan sosial.

Saat INFJ berada di tengah kelompok, mereka sering kali menjadi suara yang menyeimbangkan. Dengan sikap empati dan kepekaan yang tinggi, INFJ bisa menciptakan suasana yang lebih harmonis, membuat orang lain merasa didengar dan dipahami. Mereka seperti jembatan yang menghubungkan berbagai pandangan.

2. Kepribadian yang Introvert

Kepribadian yang introvert/ Foto : Freepik/ Freepik

Meskipun INFJ sangat peduli dengan orang lain, mereka sosok yang cenderung menjadi introvert. Mereka lebih suka menghabiskan waktu sendirian atau dengan sedikit teman dekat daripada dalam kerumunan orang banyak.

Mereka membutuhkan waktu untuk recharge atau mengisi ulang energi mereka setelah berinteraksi dengan banyak orang. Bagi INFJ, waktu sendiri adalah kesempatan untuk merenung, berpikir, dan mengembangkan ide-ide baru.

3. Empatik dan Intuitif

Empatik dan intuitif/ Foto : Freepik/ Freepik

Sebagai individu yang sangat intuitif, INFJ memiliki kemampuan untuk memahami perasaan dan kebutuhan orang lain dengan baik. Mereka cenderung dapat merasakan suasana hati seseorang bahkan tanpa kata-kata.

Kecenderungan ini membuat mereka menjadi pendengar yang sangat baik dan teman yang penuh perhatian. Ketika seseorang berbagi masalah, INFJ sering kali memberikan dukungan emosional yang tulus dan bijak. Hal ini membuat orang merasa dihargai dan dipahami.

4. Kerap Menghindari Konflik

Kerap menghindari konflik/ Foto : Freepik/ Benzoix

INFJ sering kali menghindari konflik. Mereka lebih suka menciptakan lingkungan yang damai dan harmonis, yang kadang-kadang bisa mengorbankan pendapat atau perasaan mereka sendiri.

Ketika terjadi ketegangan atau ketidaksetujuan, INFJ cenderung mengambil langkah mundur dan mencari cara untuk meredakan situasi daripada terlibat dalam pertikaian. 

5. Penuh Pertimbangan

Penuh pertimbangan/ Foto : Freepik/ Freepik

INFJ adalah tipe yang cenderung merenungkan sebelum berbicara. Mereka sangat mempertimbangkan kata-kata yang mereka pilih dan bagaimana kata-kata itu akan memengaruhi orang lain.

Hal ini membuat mereka menjadi teman yang penuh perhatian dan baik. Mereka jarang terburu-buru dalam membuat keputusan, dan ini sering kali membuat mereka lebih bijaksana dalam interaksi sosial. Ketika terlibat dalam diskusi, INFJ lebih suka berfokus pada solusi.

6. Perencana yang Baik

Perencana yang baik/ Foto : Freepik/ Freepik

INFJ memiliki kemampuan untuk merencanakan berbagai kegiatan dan rencana untuk masa depan. Mereka bisa melihat gambaran besar dan merumuskan langkah-langkah yang perlu diambil untuk mencapai tujuan jangka panjang. 

Sering kali, INFJ menulis rencana dan strategi untuk mencapai impian mereka. Jika ada perubahan atau tantangan yang muncul, mereka tidak ragu untuk menyesuaikan rencana mereka. Fleksibilitas ini membuat mereka tetap fokus pada tujuan sambil tetap bisa beradaptasi dengan situasi yang berubah. 

____ 

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Komentar

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama memberikan komentar.

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Disebut Langka dan Hanya 1-3% Populasi Saja, Apa Itu Tipe Kepribadian INFJ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us