Masih Bingung Bagaimana Urutan Memakai Skincare? Begini yang Benar!

masih-bingung-bagaimana-urutan-memakai-skincare?-begini-yang-benar!

Maura Valysha Carmelie | Beautynesia

Selasa, 08 Oct 2024 06:30 WIB

Masih Bingung Bagaimana Urutan Memakai Skincare? Begini yang Benar!

Foto: Freepik.com/freepik

Mengerti urutan pemakaian skincare itu mirip-mirip dengan kita memecahkan teka-teki rumit, tapi hasilnya? Kulit glowing dan sehat!

Beauties, apakah kamu pernah merasa produk skincare yang kamu pakai seperti tidak bekerja secara maksimal padahal kamu sudah yakin bahwa kandungan di dalamnya sangat cocok untuk kondisi kulitmu? Nah, ini mungkin saja terjadi karena kamu salah urutan dalam pemakaian skincare. Hal ini dapat menyebabkan rutinitas skincare menjadi tidak efektif dan terkadang wajah juga menjadi lengket akibat terlalu banyak produk. Nantinya hal tersebut malah menjadi pemicu timbulnya jerawat atau masalah kulit lainnya. 

Tetapi jangan khawatir! Artikel ini akan mengungkap rahasia urutan skincare yang benar, mulai dari pembersih wajah hingga pelembab. Berikut ini langkah-langkah skincare yang tepat dari para ahli yang dilansir dari Independent.

1. Cleanser

Ilustrasi/Foto: freepik.com/wayhomestudio

Kamu yang aktif beraktivitas menggunakan makeup apakah sering mengalami breakout? Nah, ini mungkin karena kamu tidak menggunakan pembersih wajah dengan baik dan benar. Pembersih wajah penting untuk dipakai di pagi dan malam hari.

Di pagi hari kamu harus benar-benar mempersiapkan kulitmu untuk skincare, makeup, debu, kotoran, dan polusi yang akan menerpa kulitmu seharian. Di malam hari, untuk wajah yang lebih bersih secara sempurna, kamu dapat menggunakan teknik double-cleansing menggunakan micellar water atau cleansing oil di tahap pertama dilanjutkan dengan sabun cuci muka di tahap kedua. Hal ini untuk mengondisikan kulit dalam keadaan bersih maksimal sebelum nantinya diaplikasikan kembali skincare untuk malam hari. 

2. Eksfoliator

Ilustrasi/Foto: pexels.com/paveldanilyuk

Kamu mungkin pernah bertanya-tanya mengapa wajahmu sering terdapat banyak komedo dan kusam. Eksfoliasi adalah salah satu teknik skincare yang wajib kamu coba!

Ada dua pilihan eksfoliator yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu. Untuk kamu yang lebih menyukai sesuatu yang instan, kamu dapat mencoba eksfoliator kimiawi yang mengandung asam sehingga hanya berbentuk cairan yang tidak perlu dibilas.

Eksfoliator lainnya yang dapat kamu coba adalah eksfoliator manual yang terdapat butiran halus atau scrub di dalamnya. Apapun jenis eksfoliatornya, tujuannya sama-sama untuk membantu mengangkat sel kulit mati sehingga produk skincare dapat menyerap dengan sempurna.

3. Serum dan Retinol

Ilustrasi/Foto: pexels.com/paveldanilyuk

Setelah membersihkan dan mengeksfoliasi, kulit menjadi jauh lebih siap untuk kandungan skincare yang lebih aktif. Ini saatnya kamu memakaikan serum ke wajahmu untuk mengatasi masalah tertentu.

Produk serum biasanya hadir untuk menyelesaikan satu masalah saja, tetapi ada juga serum yang diformulasi sebagai solusi untuk beberapa masalah pada kulit wajah. Hal tersebut tentu akan jauh lebih praktis dan menghemat biaya.

Kamu tidak memiliki masalah kulit tertentu dan ingin fokus untuk mendapatkan wajah yang awet muda? Retinol solusinya. Retinol si pahlawan anti-aging ini bekerja dengan cara meningkatkan pergantian sel dan produksi kolagen dan pengurangan bintik hitam.

4. Moisturizer

ilustrasi moisturizer dapat melembabkan kulit/foto: freepik.com

Ilustrasi/ Foto: freepik.com

Seperti tanaman yang memerlukan air sebagai kebutuhan untuk terus tumbuh, kulit kita juga memerlukan hidrasi yang cukup. Nah, bedanya kulit wajah kita membutuhkan moisturizer untuk mengunci kelembapan, melindungi lapisan kulit, dan membantu menjaga elastisitas kulit.

Fungsi hidrasi wajah dari moisturizer ini menjadikannya sangat cocok digunakan setelah retinol yang biasanya memberikan efek samping kulit menjadi lebih kering. Pelembap akan memberikan efek segar, kulit lebih kenyal, dan bersinar.

5. Sunscreen

Ilustrasi/Foto: pexels.com/moosephotos

Langkah terakhir yang paling penting dalam urutan pemakaian skincare dan tidak boleh dilewatkan adalah sunscreen, apalagi untuk kita yang berada di negara tropis ini. Selain dapat membuat kulit mengalami penuaan dini seperti kemunculan kerutan dan bintik hitam, sinar matahari juga menyebabkan kulit menjadi terbakar dan memunculkan risiko kanker kulit.

Pemilihan produk sunscreen ini tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Kalau kamu salah dalam memilih produk ini kamu mungkin akan merasakan sensasi perih di mata dan wajah hingga adanya sisa produk berwarna putih atau yang disebut whitecast sehingga dapat mengganggu hasil akhir makeup-mu.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)

Komentar

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama memberikan komentar.

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Masih Bingung Bagaimana Urutan Memakai Skincare? Begini yang Benar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us