Promosi Limbah Akar Jati dengan Iklan Animasi 3D

promosi-limbah-akar-jati-dengan-iklan-animasi-3d

Situbondo, jurnal9.tv -Limbah akar kayu jati yang sering dianggap tak berguna, kini dapat bertransformasi menjadi karya seni bernilai tinggi. Hal ini didukung oleh tim dari Research Group (RG) Animasi dan Multimedia Interaktif Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) yang mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat di UD. Akar Dewa Jati, Kabupaten Situbondo. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mempromosikan karya kriya berbahan dasar akar jati melalui iklan animasi 3D agar bisa menarik perhatian pasar global.

UD. Akar Dewa Jati telah lebih dulu mengembangkan ide pemanfaatan limbah akar kayu jati menjadi produk seni kriya kayu yang unik. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini, tim dari RG Animasi dan Multimedia Interaktif PENS berupaya membantu memperluas promosi produk-produk tersebut, baik untuk pasar lokal maupun internasional, melalui teknologi animasi dan digital marketing.

“Melalui promosi animasi 3D diharapkan membantu usaha yang selama ini sudah dilakukan oleh UD akar dewa dikenal lebih luas oleh masyarakat,” demikian pernyataan Mohamad Zikky, dosen pembimbing pengabdian mahasiswa PENS. Lebih lanju, Ziki menegaskan bahwa melalaui animasi 3D bisa menarik minat kalangan muda untuk menikmati produk olahan yang dikembangkan UD Akar Dewa.

Acara yang berlangsung selama dua hari, 4-5 Oktober 2024, diikuti oleh dosen dan mahasiswa yang tergabung di RG Animasi dan Multimedia Interaktif yang bernaung langsung di bawah Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) PENS. Dosen yang terlibat di antaranya adalah Moh. Zikky, S.ST., M.T., Dr.-Ing Hestiasari Rante, S.T., M.Sc., Dwi Susanto, S.ST., M.T., Zakha Maisat Eka Darmawan, S.ST., M.T., dan Rendra Suprobo Aji, S.T., M.T. Mahasiswa yang tergabung dalam kegiatan ini terdiri dari Fuad Zaki Nurrahman, Ikhsan Nur Alim, Annete Phoebe Jovanca Ompussunggu, dan Muhammad Nafis Ar-Rosyid As-Salam, yang semuanya juga anggota peneliti RG Animasi dan Multimedia Interaktif di Lab Motion Capture Pasca Sarjana lantai 10, ruangan 7 (10.07) PENS.

Rangkaian Acara yang Penuh Semangat

Acara dimulai dengan sambutan dari Dr.-Ing Hestiasari Rante, S.T., M.Sc., yang mewakili RG Animasi dan Multimedia Interaktif, dilanjutkan dengan sambutan dari Ibu Innani, S.Pd., perwakilan dari UD. Akar Dewa Jati. Setelah sesi pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi iklan animasi 3D yang telah dibuat oleh Tim RG. Animasi ini membawa pesan untuk menjaga lingkungan sekaligus mengangkat potensi kerajinan akar kayu jati sebagai salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat.

Menurut Innani, perwakilan UD Akar Dewa Jati keberadaan mahasiswa PEN Surabaya sangat menginspirasi dan membantu.

“Mahasiswa ini membantu kami dalam mempromosikan produk UD Akar Dewa Jati ke masyarakat luas bahkan dunia. Pesan iklan digital kerjasama dengan mahasiswa membantu kami mengenalkan bahwa usaha kami sangat ramah lingkungan,” demikian pernyataan Innani dalam sambutannya.

Setelah sesi sosialisasi, peserta diajak mengikuti workshop digital marketing yang dipandu oleh Rendra Suprobo Aji, S.T., M.T., dan dibantu oleh para mahasiswa dari RG tersebut. Workshop ini memberikan pelatihan kepada peserta untuk membuat video promosi menggunakan aplikasi pengedit video yang sederhana dan mudah digunakan pada ponsel Android. Peserta terlihat sangat antusias selama workshop, terlihat dari banyaknya pertanyaan dan diskusi yang muncul. Hasil video promosi yang dibuat oleh peserta kemudian ditampilkan, memberikan kesempatan belajar secara langsung tentang cara promosi digital yang efektif.

Hasil dan Harapan ke Depannya

Acara ini diakhiri dengan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara RG Animasi dan Multimedia Interaktif PENS dan UD. Akar Dewa Jati, disertai dengan prosesi pemberian sertifikat kepada perwakilan peserta dan cinderamata sebagai bentuk apresiasi. Melalui kegiatan ini, diharapkan kerajinan dari akar kayu jati Situbondo dapat semakin dikenal luas, tidak hanya di pasar lokal, tetapi juga internasional.

“Kami berharap kolaborasi antara dunia akademisi dan bisnis dapat memberi solusi konkrit bagi pengembangan usaha masyarakat,” demikian tandas Innani.

Dengan adanya iklan animasi 3D yang dibuat, diharapkan produk-produk dari UD. Akar Dewa Jati semakin dikenal dan diminati, terutama di pasar global. Melalui kolaborasi antara akademisi, mahasiswa, dan pengrajin lokal, akar kayu yang tadinya dianggap sebagai limbah kini berhasil diubah menjadi karya seni bernilai tinggi yang siap bersaing di pasar internasional, sekaligus meningkatkan kesejahteraan para pengrajin lokal.

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Promosi Limbah Akar Jati dengan Iklan Animasi 3D

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us