Menikahi Pria Lucu Bisa Jadi Dark Joke Terburuk dalam Hidupmu

menikahi-pria-lucu-bisa-jadi-dark-joke-terburuk-dalam-hidupmu

Mubadalah.id – Banyak perempuan (dan sebagian pria) mendamba ingin memiliki pasangan dengan selera humor yang tinggi, alias super lucu. Mereka mengira bahwa menikahi pria lucu, atau punya pasangan yang lucunya keterlaluan akan selalu “membuat mereka tertawa”. Bahkan ketika menghadapi badai rumah tangga terdahsyat sekalipun. Para pelawak ini kita asumsikan akan dapat membawa suasana cerita, hangat, dan menyenangkan di rumah.

Jika Anda masih lajang dan termasuk kelompok yang menginginkan pasangan yang menjadi badut di keluarga, saya menyarankan sebaiknya Anda berubah pikiran. Saya tidak berbicara dalam konteks mereka yang memiliki selera humor yang bagus dan menggunakannya di momen yang pas. Tetapi mereka yang lucunya keterlaluan, yang biasa orang sebut sebagai pelawak.

Ada sebuah ungkapan terkenal yang sering kita anggap berasal dari Carl Jung (1875-1961), “Orang dengan mental yang sehat tidak bakal menyakiti orang lain—biasanya yang tersiksalah yang berubah menjadi penyiksa. Ini sama halnya dengan humor; seringkali mereka yang membuat orang lain terbahak-bahak adalah mereka yang mengalami penderitaan terdalam.” Pernikahan adalah tentang berbagi: Jika yang dipunya hanya derita, lantas apa yang bisa dia bagi selain kesengsaraan?

Pernikahan yang bahagia hanya terjadi pada individu yang sudah bahagia. Tidak perlu memasuki pernikahan dengan niat menjadi pahlawan, yang hendak membahagiakan pasangan. Percayalah bahwa kita tidak akan sanggup membahagiakan siapa pun. Bahkan, membahagiakan diri sendiri saja adalah usaha yang tidak ada jaminan akan berhasil.

Keluarga Disfungsional

Dalam psikologi keluarga, pelawak (clown) adalah salah satu tipe produk dari keluarga disfungsional. Anak yang lahir dari keluarga ini bertindak, secara bawah sadar, untuk melucu demi menurunkan tensi di keluarga. Anak tipe ini menyembunyikan rasa sakit dengan humor. Oleh yang lain, dia jarang dianggap serius atau bahkan tidak pernah dihormati.

Keluarga yang disfungsional mendorong peran ini sebagai cara untuk menghindari masalah sulit dan sekaligus cara untuk mendapatkan hiburan secara gratis. Lari dari masalah bukan berarti masalah tersebut menjauh dari kita.

Seiring dengan penumpukan rasa sakit yang terus-menerus dan kemudian tertutupi atau disangkal, badut keluarga ini menjadi semakin terbebani. Apalagi jika dia merasa harus ikut menutupi rasa sakit orang lain, dengan membuat mereka tertawa. Badut keluarga akan semakin terbebani secara mental, dan pada akhirnya dia bisa terjungkal, rungkad!

Dalam kajian keluarga juga, ada yang disebut sebagai “sad clown paradox”, yang mengacu pada hubungan kontradiktif pada diri para komedian, yaitu antara kelucuan dan gangguan mental (seperti depresi dan kecemasan).

Bagi yang mengidap gangguan ini, kehidupan mereka tertandai oleh perasaan kekurangan dan isolasi, lalu mengembangkan lelucon sebagai penghilang amarah terpendam. Paradoks ini sekaligus menjadi jawaban mengapa kehidupan pernikahan sebagian komedian berakhir bubar dan sebagian yang lain menjadi pecandu (objek candu adalah pengisi kekosongan batin).

Waspada Dark Joke

Orang awam sering berasumsi bahwa komedian yang selalu tampil memukau di panggung pasti menyenangkan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk di keluarga. Padahal, yang orang mungkin tak tahu, paradoks tersebut juga sering dicirikan dengan temperamen siklotimik, yang secara sederhana tertandai dengan perubahan suasana hati yang tidak stabil dan fluktuasi emosi. Hubungan pernikahan sulit dibangun oleh mereka yang tidak memiliki kestabilan emosi.

Pernikahan adalah satu-satunya tempat di mana seseorang akan terbuka semua kedoknya. Jika di luar memakai topeng, di rumah dia akan menunjukkan wajah aslinya. Wujud asli inilah yang menentukan apakah seseorang masuk kualifikasi sebagai pasangan yang dapat secara bersama-sama membangun cinta atau tidak.

Pandangan yang kabur sering membuat seseorang tidak mampu membedakan apakah seseorang sedang memakai topeng atau tidak. Ketika yang buruk terjadi, dia hanya bisa berkata, “ternyata aku salah pilih.”

Jadi, tipikal pelawak ini memang bisa membuat kita tertawa sampai keluar air mata, tetapi di sisi lain dia juga dapat menguras air mata duka dalam konteks hubungan pernikahan. Saya mungkin bisa diamuk oleh para komedian, tetapi saya tetap akan mengingatkan bahwa memilih menikahi pelawak adalah sebuah komedi gelap, “dark joke”.

Jika di antara kita ada yang terlalu lucu, bahkan bisa memonetisasi kelucuan dengan menjadi komedian, ada baiknya kita mengambil waktu untuk tafakur. Tak perlu menyangkal, karena setiap penyangkalan adalah dusta. Setiap orang bisa rentan dan rapuh tetapi tetap harus ada kesadaran untuk memproses kerentanan tersebut demi kehidupan yang lebih baik, terutama dalam hubungan yang mendalam seperti pernikahan. []

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Menikahi Pria Lucu Bisa Jadi Dark Joke Terburuk dalam Hidupmu

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us