5 Cara Mencegah Uban di Usia Muda, Mulai Terapkan Yuk!

5-cara-mencegah-uban-di-usia-muda,-mulai-terapkan-yuk!

Rambut manusia pasti akan memutih saat tua nanti. Namun, banyak ditemukan kasus anak muda yang rambutnya telah tumbuh uban di waktu yang tidak tepat. 

Memiliki uban di usia muda tentu bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri. Belum lagi, kamu bisa mengeluarkan uang untuk menyembunyikan rambut putih atau abu-abu dengan pewarna rambut. 

Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara mencegah uban di usia muda. Kuncinya adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. 

Dilansir dari situs Eating Well, berikut adalah lima cara mencegah rambut putih di usia muda yang bisa kamu terapkan saat ini. Yuk, cek selengkapnya di bawah ini. 

Turunkan Tingkat Stres

Ilustrasi yoga /Foto: Pexels/Elina Fairytale

Banyak penelitian yang telah menunjukkan bahwa stres bisa memicu tumbuhnya uban dini. Tips yang pertama, kamu harus bisa mengelola stres dengan baik. 

Jika kamu merokok sebagai cara pelampiasan stres, segera tinggalkan kebiasaan buruk itu. Kandungan rokok bisa memicu penuaan dini, termasuk tumbuhnya uban di usia belia. Coba ganti dengan kegiatan lainnya, seperti yoga atau berjalan di udara segar untuk melepas stres.

Konsumsi Makan yang Sehat

Contoh makanan sehat /Foto: Pexels/Jane Trang Doan

Cara mencegah uban dini yang kedua adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Menurut ahli, konsumsi lah makanan nabati yang rendah gula dan protein hewani tinggi lemak. 

Selain itu, rutin memakan buah dan sayuran yang kaya antioksidan juga bisa membantu mencegah uban. Beberapa contohnya seperti buah beri, anggur merah, sayuran berdaun hijau gelap, rempah-rempah dan herbal alami. 

Hindari konsumsi makanan dan minuman manis kemasan, permen, dan makanan cepat saji yang tinggi lemak. Mengonsumsi makanan dan minuman tersebut secara berlebihan bisa merusak pigmen rambut, sehingga muncul rambut putih.

Jangan Lupakan Vitamin

Salmon /Foto: Pexels/Marianna

Kurangnya vitamin dan mineral dalam tubuh bisa memicu tumbuhnya rambut putih sebelum waktunya. Agar tidak terjadi, pastikan kamu telah mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D, vitamin B12, vitamin A, dan vitamin E. 

Beberapa nutrisi lain yang bisa membuat rambut sehat ada zinc, besi, magnesium, selenium, dan tembaga. Deretan contohnya, yakni lobster, salmon, kepiting, cokelat tanpa pemanis, biji chia, kentang, dan lain sebagainya. 

Gunakan Topi dan Hindari Kebiasaan Buruk Lainnya

Ilustrasi perempuan mengenakan topi /Foto: Freepik

Nggak hanya dilakukan dari dalam, kamu juga bisa memelihara kesehatan rambut dari luar. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. 

Yang pertama, hindari bleaching agar rambut tidak rusak. Kemudian, jangan gunakan alat pengering atau pelurus rambut dengan tingkat kepanasan yang tinggi. Lindungi rambut dari sinar matahari dengan topi dan hindari polutan yang juga bisa merusak kesehatan rambut. 

Cek Kesehatan Secara Rutin

Ilustrasi dokter dengan pasien /Foto: Freepik

Penyebab uban dini bisa disebabkan oleh beberapa penyakit, seperti kelainan autoimun dan tiroid. Maka dari itu, penting untuk mengecek kesehatan secara rutin dengan dokter jika kamu merasa ada yang salah dengan kesehatanmu. 

Jangan malu untuk menemui dokter spesialis kulit ketika kamu merasa ada perubahan besar dengan rambut atau kulitmu. 

Nah, itu lima cara mencegah uban di usia dini menurut ahli. Kelima cara tersebut mudah, kan? Tinggalkan kebiasaan buruk dan mulai  terapkan kebiasaan baik untuk menjaga rambutmu mulai dari sekarang, yuk!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
5 Cara Mencegah Uban di Usia Muda, Mulai Terapkan Yuk!

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us