Apa yang ‘Jet-Lag’ lakukan pada tubuh kita?

apa-yang-‘jet-lag’-lakukan-pada-tubuh-kita?

Jumlah Pembaca : 4

Sobat KP tau istilah jet-lag? Menurut Cambridge Dictionary, jet-lagged adalah keadaan tubuh yang lelah dan bingung setelah melalui perjalanan panjang menggunakan pesawat ke tempat dengan jarak  waktu yang berbeda. Contohnya, Indonesia memiliki waktu 6 jam lebih cepat daripada Prancis, jika waktu di Indonesia menunjukan pukul 12 siang, maka waktu di Prancis masih pukul 6 pagi. Nah tapi Sobat KP tau nggak gimana cara kerja jet-lag pada tubuh kita? Yuk kita bahas! 

Mengenal Ritme Sirkadian

Dilansir dari Kementerian Kesehatan, circadian rhythms atau ritme sirkadian adalah sel dalam otak serta irama dalam tubuh kita yang memproses dan mengatur waktu bangun-tidur selama 24 jam. Hal ini turut dipengaruhi oleh lingkungan, terang atau gelapnya cahaya, dan metabolisme tubuh. Nah ritme sirkadian berpengaruh besar pada keadaan tubuh saat kita jet-lag. Maka dari itu saat jet-lag, kita justru susah tidur atau malah susah bangun!

(source: pexels.com)

Satu matahari, beda negara, kok bikin nggak enak badan? 

Seperti yang sudah kita bahas, satu faktor kita jet-lag adalah cahaya matahari. Cahaya berdampak pada pengaturan hormon melatonin pada tubuh kita, hormon yang membuat kita mengantuk dan tertidur lelap. Nah jadi kalau kamu biasa tidur pukul 10 malam di Indonesia lalu liburan ke Prancis yang berjarak waktu 6 jam lebih lama, saat pukul 4 sore di Prancis kamu secara otomatis akan mengantuk, karena tubuh kamu perlu memproses sinyal cahaya yang masuk terlebih dahulu, untuk menyeimbangkan hormon melatonin. 

(source: pexels.com)

Gejala jet-lag 

Umumnya jet-lag membuat kamu susah tidur atau susah bangun, sering cepat lelah, sulit beraktivitas di siang hari karena mengantuk, maupun kehilangan konsentrasi. Tapi tenang, Kamar Pelajar punya tips untuk Sobat KP sekalian!

Tips untuk mengatasi jet-lag dari Kamar Pelajar!

  • Banyak beristirahat selama atau sebelum perjalanan. Maksimalkan tidur selama penerbangan panjang Sobat, kalau sepanjang perjalanan kamu kurang tidur, justru akan memperparah efek jet-lag nantinya.
  • Tetap terhidrasi. Kenapa kok malah disuruh minum air yang banyak? Karena kalau tubuh kita terisi mineral yang cukup, hal itu turut akan menutrisi sel-sel tubuh, melindungi sendi serta organ tubuh, dan menjaga suhu tubuh. Hindari minum alkohol dan kopi ya Sobat!
  • Cahaya matahari! Ekspos tubuh dengan cahaya matahari di tempat liburanmu, fungsinya agar tubuh kamu dapat sinyal untuk bangun dan beraktivitas, serta merta membiasakan diri dengan waktu setempat. 

Tiga hal ini yang secara alami mampu membantu kamu menghadapi jet-lag Sobat, ada juga tips lain seperti mengkonsumsi suplemen melatonin untuk menciptakan rasa kantuk, tetapi dianjurkan untuk konsultasi ke dokter dulu ya!

Pyramide du Louvre, France (source: pexels.com)

Nah gimana, sekarang paham kan kenapa ada istilah jet-lag di dunia traveling? Sobat KP pernah alamin sendiri nggak? Ngomongin Prancis, Kamar Pelajar ada kamar murah di Prancis cuma 25 euro, percaya nggak? Yuk cek kamarpelajar.id/kamar untuk lihat info selengkapnya!

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Apa yang ‘Jet-Lag’ lakukan pada tubuh kita?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us