3 Alasan Penting Anak Muda Harus Kritis dengan Kebijakan Pemerintah

3-alasan-penting-anak-muda-harus-kritis-dengan-kebijakan-pemerintah

Amoura Lingga Ranyana | Beautynesia

Rabu, 11 Sep 2024 07:30 WIB

3 Alasan Penting Anak Muda Harus Kritis dengan Kebijakan Pemerintah

3 Alasan Penting Anak Muda Harus Kritis dengan Kebijakan Pemerintah/Foto: Pexels/Markus Spiske

Beauties, tahun 2024 menjadi tahun politik bagi Indonesia, di mana beberapa pemilihan umum diselenggarakan di seluruh penjuru Indonesia. Dengan berlangsungnya tahun politik ini, maka isu-isu terkait politik dan kebijakan pemerintah semakin menguat dan muncul ke permukaan. Keterlibatan anak muda dalam dunia politik dan pemerintahan ini pun menjadi sorotan tersendiri.

Banyak anak muda yang mulai aktif memperjuangkan isu-isu penting melalui berbagai platform. Keberanian mereka untuk memberikan suara dan kritik bukan hanya menunjukkan kepedulian terhadap masa depan mereka sendiri, tetapi juga mendorong perubahan positif dalam masyarakat.

Namun sayangnya, masih banyak juga anak muda yang memilih untuk tidak peduli dengan isu politik dan kebijakan pemerintah karena adanya anggapan bahwa suara mereka tidak akan mengubah apa-apa. Padahal, partisipasi aktif anak muda sangat penting untuk membantu mengawal seluruh kebijakan pemerintah dan penyelenggaraan politik di Indonesia agar tidak memihak kepada kepentingan golongan tertentu. Dari memprotes kebijakan yang dianggap tidak adil hingga terlibat dalam forum-forum tertentu, anak muda diharapkan bisa selalu memainkan peran kunci. 

Oleh karena itu, ada beberapa alasan mengapa anak muda harus aktif bersuara dan kritis terhadap kebijakan pemerintah. Berikut adalah tiga alasan utama yang mendukung peran penting anak muda dalam proses politik, simak!

1. Menghadapi Ketidakadilan dan Memperjuangkan Kepentingan Bersama

3 Alasan Penting Anak Muda Harus Kritis dengan Kebijakan Pemerintah/Foto: Pexels/Pavel Danilyuk

Kebijakan politik yang dicanangkan pemerintah akan memengaruhi setiap lini kehidupan kita. Kehidupan ekonomi, kesehatan, pendidikan, lapangan pekerjaan, hingga hiburan pun dipengaruhi oleh regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah. Oleh karena itu, anak muda harus selalu kritis dengan kebijakan politik demi keadilan dan kepentingan bersama.

Namun, dilansir dari The Guardian, anak muda juga jarang mendapatkan tempat dalam proses pengambilan keputusan formal. Salah satu cara yang bisa ditempuh untuk menghadapi tantangan tersebut adalah dengan berkontribusi dalam organisasi maupun gerakan pemuda yang berupaya meningkatkan representasi pemuda dalam politik. Melalui organisasi ini, anak muda dapat aktif bersuara untuk memastikan kepentingan mereka diperhatikan dan diakomodasi dalam kebijakan pemerintah.

2. Mendorong Transparansi dan Akuntabilitas Pemerintah

3 Alasan Penting Anak Muda Harus Kritis dengan Kebijakan Pemerintah/Foto: Pexels/August de Richelieu

Ketika kebebasan informasi dan transparansi terhambat, keputusan-keputusan buruk sering kali diambil oleh pemerintah. Hal ini pun berdampak pada masyarakat secara luas. Tragedi besar, seperti pelanggaran hak asasi manusia dan kebijakan yang tidak adil, dapat terjadi ketika pemerintah tidak transparan. Anak muda, sebagai generasi penerus, memiliki hak dan tanggung jawab untuk menuntut keterbukaan dari pemerintah. 

Dalam salah satu uraian dari The Guardian, ditegaskan bahwa kita tidak perlu takut dalam memastikan pemerintah untuk bertindak secara jujur dan akuntabel. Sebab, hal tersebut merupakan hak kita sebagai warga negara di negara demokrasi. Dengan bersuara, anak muda dapat membantu mengungkap kebijakan yang mungkin merugikan masyarakat dan mendorong pemerintah untuk bertindak lebih transparan.

3. Mengubah Paradigma Politik dan Memperkuat Demokrasi

3 Alasan Penting Anak Muda Harus Kritis dengan Kebijakan Pemerintah/Foto: Pexels/Lara Jameson

Demokrasi yang sehat memerlukan partisipasi aktif dari semua lapisan masyarakat, termasuk anak muda. Dilansir dari situs Institut Montaigne, partisipasi politik bukan hanya soal memilih dalam pemilu, tetapi juga melibatkan diri dalam diskusi dan kritik terhadap kebijakan pemerintah. 

Ketika anak muda terlibat dalam forum-forum seperti parlemen pemuda atau kampanye sosial, mereka tidak hanya menyuarakan pendapat mereka, tetapi juga berkontribusi pada proses pembuatan kebijakan yang lebih baik. Anak muda akan memiliki perspektif unik yang dapat memperkaya debat politik dan membantu menciptakan solusi inovatif untuk masalah-masalah yang dihadapi masyarakat.

Dengan bersuara dan berpartisipasi aktif dalam politik, anak muda tidak hanya memperjuangkan hak mereka sendiri tetapi juga berkontribusi pada kesehatan demokrasi secara keseluruhan. Sebagai anak muda, kita harus terus berjuang melawan ketidakadilan serta penyimpangan demokrasi karena masa depan kita dan masyarakat sangat bergantung pada keterlibatan kita saat ini.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Komentar

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama memberikan komentar.

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
3 Alasan Penting Anak Muda Harus Kritis dengan Kebijakan Pemerintah

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us