5 Pekerjaan Rumah yang Menjengkelkan tapi Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan

5-pekerjaan-rumah-yang-menjengkelkan-tapi-punya-banyak-manfaat-untuk-kesehatan

5 Pekerjaan Rumah yang ‘Menjengkelkan’ tapi Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan/Foto: freepik.com/freepik

Sebagian orang mungkin menganggap pekerjaan rumah bisa menjadi sangat membosankan atau bahkan menjengkelkan. Mencuci piring, menyapu, merapikan tempat tidur, hingga membersihkan jendela adalah kegiatan yang penting untuk dilakukan.

Namun, meski melelahkan, rupanya banyak pekerjaan rumah yang memiliki manfaat untuk kesehatan, lho, Beauties! Kira-kira apa saja?

Dilansir dari Reader’s Digest, berikut ini beberapa pekerjaan rumah yang tampak menjengkelkan namun memiliki manfaat untuk kesehatan. Yuk, simak! 

Mencuci Piring

Ilustrasi mencuci piring

Ilustrasi/Foto: Freepik

Mencuci piring dapat membantu meredakan kecemasan. Orang-orang yang mencuci piring dengan penuh kesadaran dan hadir pada momen tersebut, seperti berfokus pada aroma sabun, menyentuh air, dan merasakan aliran air, daapat membantu menurunkan tingkat kegugupan hingga 27 persen, berdasarkan sebuah studi.

Membersihkan Debu dengan Lemon

Minum air lemon setiap hari/Foto: Unsplash.com/Mariah Hewines

Ilustrasi/Foto: Unsplash.com/Mariah Hewines

Menurut sebuah penelitian dari Jepang pada 2014, aroma lemon dapat meningkatkan suasana hati. Peserta penelitian diminta menghirup aroma yuzu (semacam buah jeruk) selama sepuluh menit, lalu terlihat penuruan yang signifikan dalam gangguan suasana hati secara keseluruhan, seperti ketegangan, kecemasan, depresi, hingga kelelahan.

Merapikan Tempat Tidur

Merapikan tempat tidur sebagai kebiasaan pagi hari yang bermanfaat.

Ilustrasi/Foto: freepik/senivpetro

Memulai hari dengan merapikan tempat tidur dapat menciptakan efek berantai yang mendorong perilaku baik lainnya dalam satu hari. Dengan merapikan tempat tidur, kita telah memulai hari dengan satu pencapaian. Tindakan sederhana ini akan mendorong kita untuk mencapai banyak hal lainnya sepanjang hari.

Padahal, merapikan tempat tidur tidak hanya sekadar untuk menjaga kebersihan. Kegiatan ini juga bisa memberikan rasa puas akan pencapaian saat hendak memulai hari.

Merapikan tempat tidur juga menunjukkan bahwa kita telah berniat melakukan hal-hal kecil yang membuat hidup lebih teratur. Tak sedikit yang menemukan ketenangan dalam melakukan kegiatan ini. Kita pun juga lebih merasa terorganisir dan siap menjalani hari dengan perasaan positif.

Alasan lain merapikan tempat tidur baik bagi kesehatan mental ialah kita bisa memiliki kualitas tidur yang lebih baik. Menurut laporan dari U.S. Department of Health and Human Services, kualitas tidur yang buruk dapat berdampak negatif pada suasana hati dan kemampuan untuk berpikir serta memecahkan masalah. Bahkan kurang tidur juga bisa berdampak pada kesehatan, seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, bahkan kematian.

Membersihkan Halaman Rumah

Ilustrasi berkebun / Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio

Ilustrasi/Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio

Seseorang yang rajin membersihkan halaman rumah memiliki risiko hampir 30 persen lebih rendah untuk mengalami serangan jantung atau stroke. Selain itu, membersihkan halaman dan berkebun juga dapat membantu meningkatkan suasana hati.

Menyingkirkan Barang Tak Terpakai di Dapur

Bermain di lemari dapur/foto:freepik.com/freepik

Ilustrasi/Foto: freepik.com/freepik

Decluttering atau membuang barang tidak terpakai, di dapur, bisa membawa banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya membantu menurunkan berat badan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang-orang dengan rumah yang sangat berantakan 77 persen lebih mungkin mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Alasannya adalah karena mereka kesulitan untuk membuat pilihan makanan sehat di dapur.

“Jika Anda tidak dapat mengendalikan kekacauan [barang-barang berantakan], Anda mulai meragukan kemampuan Anda untuk mengendalikan pola makan. Hal itu memberi izin mental Anda untuk makan berlebihan dan makan tanpa berpikir. Anda akhirnya meraih makanan yang sebenarnya tidak ingin Anda makan, seperti keripik, dan kemudian merasa malu dan kehilangan motivasi,” ungkap ahli diet Dafna Chazin dilansir dari Prevention.

Itulah beberapa manfaat melakukan pekerjaan rumah bagi kesehatan. Yuk, jangan mager buat bersih-bersih rumah, ya, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
5 Pekerjaan Rumah yang Menjengkelkan tapi Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us