7 Buah Rendah Gula ini Cocok Dikonsumsi untuk Penderita Diabetes

7-buah-rendah-gula-ini-cocok-dikonsumsi-untuk-penderita-diabetes

Diabetes merupakan penyakit kronis yang ditandai meningkatnya kadar gula darah (glukosa) dari batas normal. Jika dibiarkan, diabetes dapat menyebabkan kerusakan pada sistem tubuh lain, terutama saraf dan pembuluh darah. Oleh karena itu, penderita diabetes disarankan untuk membatasi asupan gula berlebih dari makanan yang setiap hari dikonsumsi.

Mengutip World Health Organization (WHO), jumlah penderita diabetes di seluruh dunia meningkat 108 juta pada tahun 1980 menjadi 422 juta pada tahun 2014. Pada tahun 2019, diabetes dan nefropati diabetik (penyakit ginjal akibat diabetes) menyebabkan 2 juta kematian.

Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan sebagai pencegahan atau mengatasi diabetes, seperti berhenti merokok, perbanyak minum air putih, rutin berolahraga, melakukan pemeriksaan gula darah secara rutin, dan menjaga pola makan.

Tubuh membutuhkan asupan gula sebagai sumber energi dan karbohidrat untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Biskuit, kue, dan donat memang terlihat menggoda, tetapi gula di dalamnya sangat tinggi. Mengonsumsi buah dapat memuaskan keinginan akan makanan manis sekaligus menyediakan nutrisi yang menyehatkan bagi tubuh.

Melansir Health, 7 buah ini mengandung sedikit gula yang baik dikonsumsi. Yuk simak sampai habis!

1. Jeruk Bali Merah

Jeruk bali merah/Foto: freepik.com/azerbaijan_stockers

Ada beragam jenis buah jeruk yang biasa kamu temukan di pasar atau minimarket, salah satunya jeruk bali merah. Jeruk bali merah merupakan sumber vitamin C yang baik dan aman dikonsumsi karena rendah gula. Setengah jeruk bali berukuran sedang mengandung 8,5 gram gula.

Jeruk bali merah memiliki indeks glikemik yang rendah. Makanan dengan indeks glikemik rendah membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna sehingga tidak akan meningkatkan kadar gula darah.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2021, mengonsumsi jeruk bali merah dapat mencegah diabetes tipe 2.

2. Berry

Berry/Foto: freepik.com/topntp26

Kelompok buah berry memiliki kadar gula yang lebih rendah dibandingkan jenis buah lain. Terdapat 5 gram gula dalam 1 cangkir Raspberry, Strawberry 7 gram, dan Blackberry 7 gram. Namun, blueberry mengandung jumlah gula tinggi sebanyak 15 gram per 1 cangkir. Buah berry kaya akan serat, polifenol, dan vitamin sehingga baik dikonsumsi.

3. Lemon

Lemon/Foto: freepik.com/Racool_studio

Dikenal akan rasanya yang asam, buah lemon sangat cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes asalkan jangan berlebihan. Jeruk lemon mengandung 2,1 gram gula. Kamu bisa mengonsumsinya dengan mengolah buah lemon menjadi minuman segar. Tak hanya itu, air lemon yang dicampur minyak zaitun bisa dijadikan saus untuk membuat salad yang menyehatkan.

4. Jeruk Nipis

Jeruk nipis/Foto: freepik.com/KamranAydinov

Kandungan gula jeruk nipis lebih sedikit daripada lemon. Satu buah jeruk nipis mengandung 1 gram gula dan 2 gram serat per buah. Jika kamu tidak ingin mengonsumsi jeruk nipis secara langsung, kamu bisa menggunakan jeruk nipis pada makanan atau mengolahnya menjadi minuman.

5. Cranberry

Cranberry/Foto: freepik.com/KamranAydinov

Cranberry berasal dari Amerika Utara, terdapat 4 gram gula dalam 1 cangkir cranberry. Buah berwarna merah ini kaya akan nutrisi dan antioksidan. Antioksidan berfungsi sebagai pelindung sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Batasi konsumsi buah cranberry kering karena biasanya telah dicampur gula sehingga kadar gula dalam buah tinggi.

6. Semangka

Semangka/Foto: freepik.com/fabrikasimf

Rasanya yang manis dan teksturnya renyah serta berair sangat cocok dikonsumsi saat cuaca panas. Semangka termasuk

ke dalam jenis buah rendah gula, satu potong semangka memiliki 9 gram gula. Namun, semangka mengandung karbohidrat sehingga kamu harus membatasinya agar tidak memengaruhi kadar gula darah.

7. Kiwi

Kiwi/Foto: freepik.com/azerbaijan_stockers

Buah kiwi tumbuh subur di sekitar Sungai Yangtze, Tiongkok. Buah berwarna hijau kecil dengan bulu halus di sekitarnya memiliki 7 gram gula per buah. Kiwi juga merupakan sumber vitamin C yang baik, satu buah kiwi menyediakan 62% vitamin C dan 2,3 gram serat.

Beauties bisa mengonsumsinya secara langsung atau menambahkan potongan kiwi ke dalam salad atau smoothies.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
7 Buah Rendah Gula ini Cocok Dikonsumsi untuk Penderita Diabetes

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us