Bahaya P2GP Bagi Kesehatan Reproduksi Perempuan

bahaya-p2gp-bagi-kesehatan-reproduksi-perempuan

Mubadalah.id – Pemotongan atau Pelukaan Genitalia Perempuan, selanjutnya diperkenalkan dengan istilah P2GP, mengacu pada prosedur pemotongan alat kelamin perempuan baik sebagian atau keseluruhan atau dalam bentuk apapun yang melukai alat kelamin perempuan, tanpa alasan non-medis.

Sebuah Penelitian nasional menemukan adanya pelanggaran hak untuk hidup bebas dari kekerasan mempengaruhi 51% anak perempuan di bawah usia sebelas tahun.

Memotong atau merusak jaringan genital yang sehat terbukti tidak ada manfaatnya dari sisi kesehatan. Tetapi sebaliknya, P2GP merupakan prosedur yang menyakitkan dan menimbulkan traumatis yang mengganggu fungsi alami tubuh. P2GP memberi konsekuensi kesehatan dalam jangka pendek, menengah dan jangka panjang seperti infeksi, perdarahan, depresi, komplikasi persalinan dan ketidaksuburan.

Tradisi Masa Lalu

P2GP merupakan tradisi masa lalu yang turun temurun, sebelum turunya tiga agama samawi; Yahudi, Kristen dan Islam, bahkan jauh sejak zaman Firaun di Mesir dan di negaranegara Timur Tengah sekitar 4.000 tahun sebelum masehi. Sebagian menyebutkan praktik FGM telah dilakukan hampir 2000 tahun sebelum Islam. Menurutnya, khitan perempuan tidak dipraktikkan oleh mayoritas umat Islam di seluruh dunia.

WHO memperkirakan sekitar 100-140 juta perempuan dan anak perempuan di dunia mengalami khitan perempuan, termasuk di dalamnya Indonesia.

Riskesdas menyebutkan bahwa praktik khitan perempuan terjadi di seluruh Indonesia, di perkotaan sebesar 55,8 persen. Bahkan lebih tinggi dari pada di perdesaan (46,9%) yang anak perempuan umur 0-11 tahun alami.

Dari sisi kesehatan, P2GP tidak ada manfaatnya kecuali melukai klitoris dan merusak sejumlah syaraf septic yang ada di ujung klitoris. Hal ini sangat berisiko pada infeksi saluran kemih, dan perdarahan yang berbahaya bahkan hingga kematian (Fadli, 2017).

Menurutnya, pemotongan klitoris arteri di mana darah mengalir pada tekanan tinggi, pemotongan labia juga merusak arteri dan vena. Sehingga menyebabkan terjadi pendarahan hebat (haemorrhage) sebagai salah satu komplikasi langsung yang paling umum terjadi setelah pemotongan.

Bahaya Khitan Perempuan

Hal tersebut menunjukkan bahaya khitan perempuan adalah nyata, namun belum banyak disadari oleh masyarakat. Praktik khitan perempuan di Indonesia dilakukan karena beberapa faktor di antaranya terbanyak karena pemahaman agama dan mengikuti tradisi keluarga yang turun temurun.

Pemahaman agama merupakan faktor tertinggi yang mendorong masyarakat melakukan khitan perempuan karena meyakini sebagai simbol legalitas seseorang menjadi sah sebagai seorang muslim.

Sementara mereka yang melakukannya karena adat dan budaya di antara mereka juga mengetahui bahwa khitan perempuan itu tidak ada manfaatnya bagi kesehatan. Namun tetap mereka lakukan hanya karena tradisi keluarga yang sudah turun temurun. Selebihnya mereka melakukan dengan alasan untuk kebersihan atau kesehatan bahkan mitos dan sebagainya.  []

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Bahaya P2GP Bagi Kesehatan Reproduksi Perempuan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us