Stigma Negatif Wajah Ibu Tiri dalam Media

stigma-negatif-wajah-ibu-tiri-dalam-media

Mubadalah.id – Dalam kehidupan manusia peran Ibu sangat penting dan beragam. Mulai dari proses Mengandung, menjalani persalinan yang luar biasa, pengalaman menyusui yang tidak mudah. Selain itu menjadi garda terdepan dalam tumbuh kembang anak. Bahkan ada yang sampai menjalani dua peran sekaligus yaitu peran Ibu sekaligus Ayah (mencari nafkah).

Peran Ibu bukan hanya penting dalam satu keluarga namun juga dalam ranah sosial di masyarakat. Misalnya ketika sang Ibu aktif di rumah dan mendapat tanggung jawab untuk menyiapkan perlengkapan anggota keluarga. Lalu ketika aktif di masyarakat sebagai ketua majelis pengajian. Artinya banyak tugas juga dalam ranah sosial ini yang harus ibu kerjakan.

Peran sebagai seorang Ibu bukan suatu hal yang mudah dan tantangannya sangat luar biasa, terlebih saat berperan sebagai Ibu sambung (Ibu Tiri). Di mana tidak mudah menerima peran barunya dengan status seorang ibu yang bertemu anak sambungnya dalam keadaan saling membawa karakter dan kebiasaan yang berbeda. Misalnya Ibu Tiri ini memiliki sifat Introvert, namun anak sambung memiliki sifat ekstrovert tentunya membutuhkan waktu untuk bisa berbaur dan menyesuaikan.

Ibu Tiri merupakan sebutan atau label yang kita berikan kepada seorang Ibu yang menjadi Ibu sambung seorang anak. Wajah Ibu Tiri yang media tampilkan menggambarkan seorang Ibu yang merebut kebahagiaan anak, hanya mencintai suaminya (Ayah Si Anak). Anggapannya, ibu tiri memiliki sikap yang kasar dan jauh dari sikap pengertian yang penuh kasih sayang.

Menilik Peran Ibu Tiri

Peran ibu tiri yang digambarkan kejam, pemarah dan pilih kasih. Contohnya Ketika ada Ibu Tiri yang harmonis dengan suaminya namun terlihat kurang dekat dengan anaknya. Tak jarang wilayah sosial memberikan stigma bahwa sang Ibu hanya mendekati sang ayah dan tidak mencintai sang anak. Padahal hal tersebut bisa saja terjadi karena perbedaan sifat dan karakter sehingga memerlukan interaksi yang lebih intens agar bisa sama-sama saling memahami satu sama lain.

Pelabelan dan ungkapan-ungkapan tersebut merupakan stigma negatif yang kita labelkan kepada perempuan. Padahal stigma tersebut sampai saat ini belum bisa kita buktikan secara ilmiah, karena pada kenyataannya banyak Perempuan yang berstatus sebagai Ibu tiri namun bisa memberikan kasih sayang seperti ibu kandung.

Peran Ibu Tiri idealnya kita akui dan kita apresiasi bukan malah kita berikan stigma negatif. Bentuk support dan apresiasi yang kita berikan kepada ibu tiri merupakan bagian atau langkah kecil dari perwujudan women support women. Di mana hal ini bisa membawa perubahan besar untuk perjuangan kita dalam mengikis budaya patriarki, dengan begitu hal ini juga bisa menjadi awal yang baik untuk generasi kita di masa yang akan datang.

Lalu mengapa stigma negative ini masih melekat di Masyarakat?

Stigma negatif terhadap peran ibu tiri sampai saat ini cukup jelas dan tegas salah satunya melalui peran media. Stigma negatif terhadap ibu Tiri tampil di media salah satunya lewat tayangan-tayangan sinetron, salah satunya melalui cerita cinderella. Di mana tayangan ini mana menjadi konsumsi publik, sehingga dengan penayangan yang cukup intens tersebut semakin memperkuat citra dan stigma negatif terhadap Perempuan yang berstatus menjadi ibu sambung (Ibu Tiri).

Media mempunyai peranan yang sangat penting dalam mentransfer informasi dan menampilkan citra seseorang. Untuk itu hendaknya setiap tayangan-tayangan yang bisa masyarakat konsumsi berisikan tayangan-tayangan dan konten yang adil gender. Salah satunya dengan tidak membuat cerita yang menggambarkan karakter buruk seorang ibu tiri.

Alangkah lebih baiknya Masyarakat juga ikut andil dalam mensukseskan perjuangan kesetaraan dan keadilan gender dengan memutus rantai patriarki (Budaya yang melemahkan posisi perempuan). Salah satunya dengan tidak menonton tayangan atau konten yang memberikan stigma negatif terhadap seorang ibu Tiri. Sehingga dengan begitu perlahan kita ikut serta dalam mengikis rantai patriarki.

Ikut andil dalam mengikis budaya patriarki ini sebagai salah satu bentuk atau perwujudan kita agar secara perlahan kita sama-sama menyadari bahwa perempuan yang berstatus sebagai ibu Tiri tidak seperti yang tergambarkan melalui wajah media.

Pada kenyataannya banyak perempuan yang menjalani peran sebagai ibu tiri namun bisa menyayangi anak tiri seperti anak kandungnya sendiri. Dia lebih memprioritaskan anak tirinya dibandingkan dirinya sendiri, namun poin-poin tersebut media enggan menampilkan. []

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Stigma Negatif Wajah Ibu Tiri dalam Media

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us