Clash of Champions; Menakar Peran Orang Tua Terhadap Kecerdasan Anak

clash-of-champions;-menakar-peran-orang-tua-terhadap-kecerdasan-anak

Mubadalah.id – Belakangan ini, dunia hiburan Indonesia sedang ramai dengan acara game show Clash of Champions yang diadakan platform belajar Ruangguru. Acara ini merupakan ajang meraih kejuaraan yang diikuti oleh para mahasiswa berprestasi, baik dari universitas dalam negeri atau luar negeri.

Acara edukatif yang terkemas secara menarik, dengan ketegangan suasana kompetisi nan seru setiap episodenya berhasil menjadikan acara edukatif ini diminati masyarakat Indonesia. Terutama di tengah banyaknya acara televisi nirfaedah.

Dalam permainannya, peserta diuji kemampuannya dalam kecepatan menghitung, menghafal, logika, dan pemecahan masalah yang tingkat kesulitannya cukup tinggi. Seperti pada tayangan episode 6, para peserta harus menghafal 100 barcode produk beserta angka dan jenis produknya.

Tentu, kelihaian peserta dalam menyelesaikan tantangan ini menyulut berbagai respon warganet seperti “Wah, orang kok pada pinter-pinter semua, makanannya apa ya?”

Di samping kecerdasan yang luar biasa, hal menarik lainnya adalah bahwa hampir keseluruhan peserta CoC berasal dari keluarga harmonis dengan latar belakang ekonomi yang tinggi. Seperti yang tersampaikan beberapa pemain CoC dalam podcast Deny Sumargo.

Dalam podcast tersebut, ketiganya –Sandy, Shakira, dan Xaviera— mengaku bahwa orang tua mereka berani menginvestasikan harta dalam jumlah banyak untuk kepentingan akademik. Hal ini lantas memunculkan pertanyaan di sebagian orang. Bagaimana peran orang tua dan sejauh mana ekonomi keluarga berpengaruh terhadap kecerdasan anak?

Hasil Penelitian

Berkaca pada realitas yang terjadi, banyak hasil penelitian yang mengatakan bahwa anak dengan latar belakang kondisi ekonomi keluarga mapan cenderung lebih berhasil dalam mengembangkan kecerdasannya. Sebaliknya, seseorang dengan latar belakang keluarga yang biasa cenderung memiliki kecerdasan rata-rata. Meskipun secara potensial bisa kita katakan lebih unggul dari mereka yang berlatar belakang ekonomi atas.

Salah satu faktor dari keberhasilan seseorang adalah adanya minat dan bakat. Dalam hal ini peran ekonomi keluarga berperan lebih dalam menumbuhkan bakat dan minat pendidikan seseorang. Mereka yang tumbuh di lingkungan ekonomi yang baik lebih mudah mendapatkan akses dari apa yang kita minati.

Demikian pula anak tidak perlu memikirkan tuntutan-tuntutan kehidupan lainnya. Seperti bekerja, biaya les tambahan, sehingga fokus akademik mereka akan lebih maksimal.

Kemampuan Finansial memang bukanlah segalanya. Namun dengan kemampuan finansial orang tua yang matang, setidaknya dukungan fasilitas pendidikan anak lebih terjamin. Baik fasilitas internal maupun eksternal.

Fasilitas eksternal misalnya dalam pemenuhan perangkat yang menunjang proses akademik sang anak seperti laptop, buku, dan ruang belajar yang nyaman. Adapun faktor internal berupa pemenuhan makanan bergizi yang sesuai sehingga berimbas pada jalannya fungsi otak setiap anak. Selain itu mampu memenuhi biaya kelas olimpiade tambahan, dan kebutuhan sarana pendidikan lainnya.

Investasi Pendidikan

Sejalan dengan yang James Heckman katakan. Dia adalah seorang ekonom pemenang Hadiah Nobel. Beliau meneliti pentingnya investasi awal dalam pendidikan anak. Ia menekankan bahwa intervensi yang berkualitas pada usia dini, termasuk dukungan ekonomi, sangat penting untuk meningkatkan hasil pendidikan dan kecerdasan anak.

Heckman menunjukkan bahwa program-program pendidikan awal yang kita danai dengan baik dapat mengurangi kesenjangan kecerdasan yang terkait dengan latar belakang ekonomi.

Meskipun demikian, tidak menafikan, bahwa orang tua yang memiliki keterbatasan ekonomi lantas tidak mampu melahirkan anak-anak dengan kecerdasan luar biasa. Bak pepatah Ada banyak pintu menuju satu rumah’ peran orang tua terhadap kecerdasan anak tidak berhenti pada faktor ekonomi semata. Orang tua tetap dapat memberikan perannya melalui aspek lain seperti sosial-psikologi.

Pada tayangan podcast di akun milik Deny Sumargo, Shakira –wanita cantik nan cerdas peserta CoC dari Kedokteran UI— mengaku bahwa sejak kecil orang tuanya sering kali membiasakan dia untuk melakukan afirmasi positif setiap hari. Dari kebiasaan tersebut, akan terbentuk pada pikiran sang anak pola pikir yang positif. Sehingga anak akan terbiasa melihat sesuatu hal dengan positif.

Cara pandang anak terhadap sesuatu, dapat terbentuk melalui lingkungan terdekatnya. Di sinilah peran orang tua untuk menumbuhkan mindset kehidupan yang baik terhadap anak. Kepedulian dan terbukanya orang tua terhadap pendidikan memengaruhi pola berpikir anak dalam hal akademik.

Bergantung pada Mindset 

Anak yang sudah terbentuk mindset akademiknya, cenderung semangat dalam belajar sehingga dapat memaksimalkan belajarnya guna dapat mengenyam pendidikan sepenuhnya, dengan beasiswa misalnya.

Pun sebaliknya, apabila orang tua menutup mata akan pentingnya pendidikan, sang anak pun akan cenderung memandang remeh perihal pendidikan. Anak lebih memilih melakukan pekerjaan dengan upah yang tidak seberapa.

Lebih penting dari sebatas dukungan materil, dukungan emosional orang tua terhadap anak juga sangat dibutuhkan. Kecerdasan emosional anak berpengaruh pada kecerdasan secara keseluruhan. Orang tua yang memberikan dukungan emosional dan menciptakan hubungan positif membantu anak merasa dihargai dan percaya diri yang mendukung eksplorasi dan pembelajarannya.

Sandy –peserta CoC asal NUS— mengungkapkan perihal orang tua nya yang selalu mendukung dan mendorong penuh untuk selalu ikut olimpiade sejak kecil. Hingga akhirnya, Sandy tumbuh dengan jiwa petarung dan rasa ingin tahunya yang tinggi.

Sama halnya dengan orang tua Shakira yang selalu mengajaknya berdiskusi sepulang ayahnya bekerja sebagai Dokter Bedah. Orang tua perlu mengetahui apa yang sedang sang anak pelajari dan menunjukkan minat pada kegiatan mereka, sehingga sang anak akan merasa mendapat dukungan sepenuhnya.

Pendidikan sebagai Kunci

Orang tua adalah orang terdekat anak yang setiap perilakunya akan mudah ditiru olehnya. Sebabnya, tak berlebihan jika dalam Islam mengatakan bahwa “al-umm madrasah al-Ula” sebab karakter seorang anak akan tumbuh berdasarkan tindak tanduk orang tuanya. Kiranya kita sebagai generasi muda akan dapat mempersiapkan lebih maksimal baik segi materil maupun non materil.

“Kita ga bisa mewariskan harta, tapi kita bisa mewariskan pendidikan dan cari kesuksesan itu sendiri” ungkap Xaviera ketika menceritakan tentang orang tuanya di podcast Deny Sumargo.

Akhirnya, acara game show Clash of Champions dari Ruangguru memberikan banyak perspektif baru pada masyarakat Indonesia. Utamanya dalam melihat pendidikan sebagai hal yang krusial untuk kita perjuangkan. Setiap orang berhak untuk cerdas, dan setiap orang tua mempunyai peran fundamental dalam memfasilitasi anak-anaknya dengan cara masing-masing.

Harapannya, ke depan akan semakin banyak acara edukatif layaknya Clash of Champions. Yang menjadikan masyarakat tumbuh dalam kesadaran akademik secara signifikan, dengan menjadikan pendidikan sebagai kunci, sehingga setiap individu akan memperjuangkan kesuksesan sesuai versinya sendiri. []

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Clash of Champions; Menakar Peran Orang Tua Terhadap Kecerdasan Anak

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us