BI pertahankan suku bunga tetap pada 18 September, turun pada Q4: jajak pendapat Reuters

bi-pertahankan-suku-bunga-tetap-pada-18-september,-turun-pada-q4:-jajak-pendapat-reuters

BENGALURU: Bank Indonesia (BI) akan mempertahankan suku bunga tidak berubah minggu depan untuk mendukung rupiah tetapi diperkirakan akan memangkas pada kuartal berikutnya, setelah pelonggaran kebijakan yang diantisipasi secara luas oleh Federal Reserve AS pada 18 September, menurut jajak pendapat Reuters.

Dengan inflasi yang tetap berada dalam kisaran target BI sebesar 1,5 persen-3,5 persen sejak pertengahan 2023, Gubernur Perry Warjiyo mengatakan pada bulan Agustus bahwa fokus untuk kuartal ini akan mendukung nilai tukar rupiah terhadap dolar AS karena mata uang yang kuat membantu mengendalikan inflasi melalui impor yang lebih murah.

Harapan bahwa The Fed akan memangkas suku bunga setidaknya 75 basis poin tahun ini telah membantu rupiah menguat hampir 5 persen terhadap dolar pada bulan Agustus, memberi BI cukup ruang untuk melakukan pemangkasan suku bunga lebih sedikit daripada bank sentral AS.

Tiga puluh dari 33 ekonom yang disurvei dalam jajak pendapat Reuters pada tanggal 9-12 September memperkirakan bank sentral akan mempertahankan suku bunga acuan pembelian kembali tujuh hari tidak berubah pada 6,25 persen pada akhir pertemuan dua hari pada tanggal 18 September.

BI juga diperkirakan akan mempertahankan suku bunga fasilitas simpanan semalam dan suku bunga fasilitas pinjaman tidak berubah pada masing-masing 5,50 persen dan 7,00 persen.

“BI akan tetap waspada terhadap rupiah, meskipun menyadari perlunya kebijakan moneter yang lebih akomodatif untuk mendukung pertumbuhan,” kata Brian Lee Shun Rong, seorang ekonom di Maybank.

Perkiraan median menunjukkan pemangkasan 25 bps pertama diperkirakan akan terjadi pada kuartal berikutnya. Prospek tersebut secara umum tidak berubah dari survei bulan Juli.

Mereka yang memberikan prakiraan hingga akhir 2025 memperkirakan BI akan memangkas suku bunga sebesar 100 bps menjadi 5,25 persen dari level saat ini. The Fed diperkirakan akan menurunkan suku bunga sebesar 175 bps untuk periode yang sama.

“Saya…melihat BI mengambil pendekatan yang sedikit lebih bertahap (dan) lebih terukur terhadap pemangkasan suku bunga selama 12 hingga 18 bulan ke depan dibandingkan dengan bank sentral regional lain yang mungkin memangkas lebih agresif karena The Fed akan memangkas cukup agresif,” kata Miguel Chanco, kepala ekonom Asia yang sedang berkembang di Pantheon Macroeconomics.

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
BI pertahankan suku bunga tetap pada 18 September, turun pada Q4: jajak pendapat Reuters

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us