Berburu Oleh-oleh Khas Dieng, Apa Aja Sih?

berburu-oleh-oleh-khas-dieng,-apa-aja-sih?

Paket Wisata DiengDieng sebagai salah satu tempat wisata paling populer di Jawa Tengah. Memiliki kesejukan dan keasrian udara membuat banyak orang betah berada di sini. Selain pemandangan yang bagus, Dieng juga memiliki kuliner lezat yang wajib untuk dicoba, termasuk dengan oleh-olehnya.

Dieng memiliki beragam oleh-oleh untuk dibeli setelah menikmati keindahannya. Nah, apa aja oleh-oleh khas Dieng itu? Yuk, baca artikel berikut. 

Carica

Credit: solopos

Carica merupakan salah satu oleh-oleh yang populer bagi wisatawan yang berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng. Carica sendiri sebenarnya merupakan salah satu jenis buah berukuran kecil yang mirip pepaya.

Buah Carica diolah menjadi minuman sirup buah dalam kemasan. Oleh-oleh Carica dijual dengan berbagai merk, kemasannya seperti gelas besar dan kecil serta botol kaca juga menarik. Untuk harga cukup terjangkau masyarakat. 

Kacang Dieng

Credit: joss

Tumbuhan khas Dataran Tinggi Dieng lainnya ialah kacang dieng. Kacang yang memiliki bentuk lebih besar dari kacang biasanya ini biasa dijuluki sebagai “kacang babi” oleh warga sekitar. Cara penyajiannya ini umumnya dengan digoreng berbalutkan tepung dan kemudian ditaburi beragam bumbu sesuai selera.

Camilan kacang dieng memiliki cita rasa gurih. Sebagai makanan kering, kacang dieng sangat cocok untuk dibawa sebagai oleh-oleh dari Wonosobo. Camilan kacang dieng memiliki cita rasa gurih. Cocok juga sebagai teman perjalanan karena praktis dan siap santap.

Mie Ongklok

Credit: visitjawatengah

Mie ongklok dibawa pulang? Bisa dong. Bisa membeli mie ongklok instan. Mie ongklok instan dikemas layaknya produk mie rebus dilengkapi dengan bumbu-bumbu, dan potongan sayuran kering daun kucai serta kuah kental berkanji. 

Mie ongklok masuk dalam salah satu daftar bakmi lezat asal Wonosobo. Sebagai buah tangan asal Wonosobo, tersedia mie ongklok mentah untuk dibawa pulang dengan praktis ke tempat asalmu!

Baca Juga: 5 Spot Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi di Dieng

Purwaceng

Credit: antaranews

Purwaceng adalah tanaman berkhasiat khas dataran tinggi Dieng. Dikenal luas sebagai tanaman obat herbal Indonesia, purwaceng memiliki banyak manfaat, diantaranya menghangatkan tubuh dan menghilangkan pegal-pegal.

Selain itu, tanaman ini sangat terkenal sebagai “obat kuat tradisional”. Olahan modern tanaman ini sudah tersedia dengan luas di Wonosobo dan kerap jadi pilihan oleh-oleh khas asal Wonosobo.

Teh Tambi

Credit: kemenparekraf

Pencinta teh jangan sampai terlewat untuk membeli teh khas Dieng satu ini. Teh Tambi diproduksi oleh PT. Perkebunan Tambi yang terletak di Kejajar, sekitar 18 km dari pusat kota Wonosobo. 

Perkebunan teh Tambi didirikan tahun 1865 pada masa kolonial Belanda. Teh Tambi terkenal akan teh hitamnya yang berkualitas ekspor. Tersedia pula varian teh wangi dan teh hijau yang tak kalah nikmat.

Selain produk buah-buahan seperti carica, daerah dataran tinggi Dieng juga terkenal akan produk tehnya. Teh tambi dibuat khusus menggunakan pucuk teh unggul yang ditanam di ketinggian 4500 kaki di atas laut. Untuk penggila teh, teh tambi jadi sebuah keharusan ketika berburu oleh-oleh di Wonosobo.

Sebagai oleh-oleh khas Wonosobo, sagon memang sudah sangat terkenal di Indonesia. Sagon adalah olahan tepung sagu yang dipadukan dengan parutan kelapa dan gula. Oleh-oleh khas Wonosobo ini dimasak dengan cara dibakar menggunakan arang atau kayu bakar.

Sagon

Credit: tstatic

Sebagai oleh-oleh khas Wonosobo, sagon memang sudah sangat terkenal di Indonesia. Sagon adalah olahan tepung yang dipadukan dengan parutan kelapa dan gula. Oleh-oleh khas Wonosobo ini dimasak dengan cara dibakar menggunakan arang atau kayu bakar.

Sagon sejatinya adalah kacang koro yang berbentuk pipih dan berukuran kecil. Camilan satu ini sangat populer di kalangan wisatawan karena dikemas dengan mudah.

Terong Belanda

Credit: zurich

Bentuknya mungil seperti tomat, bisa diolah jadi sirup sampai jus yang menyegarkan. Buah-buahan khas lainnya disamping carica adalah terong belanda. Terong belanda adalah buah yang akan banyak kamu temui di Dieng atau Wonosobo. Bentuknya mungil seperti tomat, bisa diolah jadi sirup sampai jus yang menyegarkan. 

Sebagai oleh-oleh khas Wonosobo, terong belanda biasanya dibawa secara mentah. Namun, tersedia pula berbagai olahannya seperti sirup terong belanda yang kaya akan khasiat kesehatan.

Banyak ragam oleh-oleh khas Dieng, ya? Jadi, tidak perlu bingung lagi saat ingin berburu oleh-oleh di Dieng tapi nggak tau mau beli apa. Baca dan catat dari artikel ini ya!

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Berburu Oleh-oleh Khas Dieng, Apa Aja Sih?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us