Bos Animoca, Yat Siu: Blockchain Gaming dan Identitas Digital

bos-animoca,-yat-siu:-blockchain-gaming-dan-identitas-digital

Yat Siu, salah satu pendiri dan Chairman Animoca Brands, membagikan perspektif uniknya tentang perkembangan Web3, berdasarkan pengalaman luasnya dalam inovasi teknologi dan latar belakang multikulturalnya.

Dalam wawancara terbaru dengan BeInCrypto, Siu menyoroti kontras yang mencolok antara sikap Timur dan Barat. Dia juga memberikan nasihat berharga bagi para seniman yang bercita-cita tinggi di era AI.

Sebagai pemimpin global dalam blockchain dan gaming, visi Siu untuk masa depan teknologi blockchain terlihat jelas dalam pembahasannya tentang Mocaverse, sebuah proyek yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah identitas digital di Web3. Wawasannya tentang pendekatan China terhadap blockchain dan peran Hong Kong sebagai sandbox kripto memberikan pandangan yang mendalam tentang dinamika global industri ini.

P: Mengapa Anda pikir harga MOCA naik secara signifikan, dibandingkan dengan token Game lainnya?

Ada serangkaian token yang tidak berkinerja baik. Namun, beberapa berkinerja baik seperti Bitcoin, Ethereum, Solana, dan TON, juga dalam kasus kami, saya akan berargumen MOCA juga. Perbedaan kuncinya adalah dukungan institusional. Proyek dengan dukungan institusional cenderung berkinerja lebih stabil. Mulai dari ETF Bitcoin, saya pikir kita memasuki era institusional kripto, artinya, untuk menonjol, Anda sekarang memerlukan dukungan institusional.

P. Bagaimana dukungan institusional membantu pertumbuhan proyek?

Pasar saham tradisional sebagian besar institusional, tetapi pasar token sebagian besar ritel. Di pasar institusional, Anda melakukan penelitian secara teliti untuk mengetahui tentang proyek karena Anda memiliki kekuatan beli besar dan perencanaan jangka panjang.

Ritel memiliki perilaku jangka pendek yang lebih banyak secara alami. Misalnya, Pump.fun meluncurkan dua juta token dalam enam bulan terakhir. Ini luar biasa sebagai model bisnis, tetapi juga mengkhawatirkan. Di antara token baru, banyak di antaranya sangat kecil, dan mungkin juga sangat spekulatif.

Sebuah institusi tidak akan berinvestasi di Pump.fun. Mereka memiliki disiplin. Di era ini, proyek yang memiliki dukungan dan kemampuan institusional menjadi jauh lebih relevan.

Yat Siu baru-baru ini bergabung dalam diskusi panel di Korea Blockchain Week. Sumber: Korea Blockchain Week

P: Sebagai penasihat untuk Web3 Task Force Pemerintah Hong Kong, bagaimana Anda menafsirkan suasana industri terkini di China dan Hong Kong?

Meskipun Presiden Xi Jinping memasukkan teknologi blockchain ke dalam agendanya, Anda tidak bisa hanya mengasumsikan dengan China mengatakan “kami mendukung blockchain“, bahwa mereka akan mengizinkan Bitcoin diperdagangkan di China. Anda bahkan tidak bisa memperdagangkan dolar AS di China, dan apa yang membuat Anda berpikir itu harusnya baik-baik saja untuk melakukan kripto?

Tetapi ada peran bagi Hong Kong, yang telah menjadi rumah kliring keuangan untuk modal internasional masuk dan keluar dari China.

Masuk akal bahwa Hong Kong menjadi pro-Web3 dan pro-Kripto karena itu adalah sandbox bagi China. Jika ada sesuatu yang terjadi, itu bisa terjadi di Hong Kong dan tidak akan mempengaruhi China. Selain itu, modal China mungkin mengalir keluar ke tempat lain, tetapi lebih baik berada di Hong Kong, pasar bebas di bawah pengaruh China daripada pindah ke tanah sekutu AS seperti Singapura.

Baca lebih lanjut: Serba-serbi Regulasi Kripto di Indonesia

P. Anda memiliki latar belakang China, tetapi Anda tumbuh di Barat, di Austria. Bagaimana Web3 dan GameFi berbeda antara Timur dan Barat?

Asia lebih pro-kapitalis dan Barat terbagi antara kapitalisme dan, terutama di Eropa, lebih sosialisme. Di Asia, bahkan di China, mereka adalah kapitalis secara alami, dan tidak masalah jika Anda disebut Partai Komunis. Hal itu tidak berlaku untuk Eropa dan banyak pemuda Amerika. Jadi jika Anda seorang gamer di Asia, Anda menghasilkan uang dengan aset Anda dan itu baik-baik saja karena secara alami Anda nyaman dengan kapitalisme. Tapi di Eropa, orang tidak selalu setuju dengan itu. Di Amerika, generasi muda tidak selalu percaya pada kapitalisme karena itu tidak berhasil bagi mereka.

Ada ironi cinta yang lebih besar terhadap kapitalisme di Asia, itulah sebabnya DeFi dan GameFi berkembang. Saya tidak akan mengatakan semua orang, tetapi ada suara yang lebih keras dari orang-orang di Barat yang tidak menyukainya. Jika Anda berbicara dengan gamer di Barat, mereka akan mengatakan “Saya tidak ingin uang menelan permainan saya”.

P. Antara Game Boy (dari Nintendo) dan Game Science (dari Black Myth: Wukong), mana yang akan Anda pilih?

Saya akan memilih Game Boy. Saya sangat bangga bahwa Black Myth: Wukong bisa menjadi hit global yang berasal dari China. Ini adalah momen yang menarik. Namun, Wukong tidak mungkin populer jika bukan karena perusahaan game Asia dan ledakan budaya yang dipimpin Asia sebelumnya. Dengan kata lain, momen China terjadi berkat Jepang dan Korea. Anime Jepang membuka jalan bagi K-pop dan K-drama, dan budaya K melakukan hal yang sama bagi China. Meskipun Wukong mungkin menjadi lebih besar, Gameboy harus dihormati.

P: Anda belajar musik di perguruan tinggi di Wina. Sebagai seniman, apa nasihat Anda bagi seniman yang bercita-cita tinggi di era AI?

Tidak peduli apa yang Anda lakukan, terutama bagi mereka yang ingin melakukan hal-hal kreatif, penting untuk memiliki properti Anda. Musisi paling sukses seperti Michael Jackson memiliki basis aset yang berkembang karena mereka memiliki hak kekayaan intelektual mereka. Selain itu, Anda perlu memahami uang dan bisnis yang tidak diajarkan di sekolah. Anda tidak bisa memiliki kemandirian jika Anda mengalihkan nilai sistem. Jika Anda memiliki ide, jika Anda menciptakan musik, jika Anda seorang pemain, hal penting adalah memastikan Anda memiliki cukup properti Anda untuk memiliki manfaat ekor panjang untuk pekerjaan Anda. Mungkin tidak ada bedanya jika Anda tidak sangat sukses, tetapi jika Anda memiliki sesuatu yang sukses, Anda tahu maksud saya.

Q. Bagaimana blockchain dapat memberi manfaat bagi para pencipta konten?

Pencurian terbesar di Web2 adalah seperti YouTube, Instagram, dan Tiktok. Pada hari-hari awal YouTube, mukbang, video yang disiarkan langsung di mana penonton menonton orang makan, sangat populer, namun meskipun para pencipta menjadi terkenal, konten tersebut bukan milik mereka dan mereka kehilangan hak intelektualnya kepada YouTube. Hal yang sama berlaku untuk Instagram, dan ketika orang mengambil foto di Instagram, mereka menghabiskan waktu lama untuk mendapatkan sudut yang tepat. Namun, mereka tidak dibayar untuk pekerjaan atau hak intelektualnya. Bahkan ketika Anda membuat video yang menjadi viral di TikTok, Anda tidak mendapatkan apa-apa. Di Web3 dengan blockchain, Anda memiliki properti tersebut. Jika Anda mencetaknya sebagai NFT, Anda memiliki sejarah dan catatannya. Anda akan dapat membela diri dari pencurian dari blockchain. Anda tidak dapat menghentikannya, tetapi Anda dapat melacak dan mengklaim kepemilikannya. Itulah poinnya.

Q: Faktor-faktor utama apa dari industri ini yang baru-baru ini menarik perhatian Anda?

Industri aset kripto telah berkembang selama 12 bulan terakhir. Kami telah memiliki lebih banyak peluncuran, lebih banyak proyek, dan lebih banyak orang yang terlibat di ruang ini.

Khususnya, kami bersemangat tentang TON dan Mocaverse. Ekosistem TON membawa banyak pengguna ke Web3 dan permainan kami seperti Gamee sekarang memiliki 90 juta pengguna. Dan untuk Mocaverse, kami pikir itu akan menyelesaikan identitas digital. Sering kali orang-orang yang sama yang pada dasarnya memanen token adalah masalah. Anda ingin membuatnya lebih tersebar dan Anda ingin membuatnya tidak pergi ke bot tetapi ke individu. Anda memerlukan solusi identitas, dan itulah yang sedang dilakukan Mocaverse.

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Bos Animoca, Yat Siu: Blockchain Gaming dan Identitas Digital

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us