Review HP ZBook Power G10 A, Laptop Untuk Para Kreatif Profesional

review-hp-zbook-power-g10-a,-laptop-untuk-para-kreatif-profesional
Review HP ZBook Power G10 A, Laptop Untuk Para Kreatif Profesional

Review HP ZBook Power G10 A Header

Review HP ZBook Power G10 A

  • Rating

Kesimpulan

HP ZBook Power G10 A sebagai laptop workstation menawarkan kinerja tinggi dengan suhu tetap terjaga dan kipas tidak berisik sehingga membuatnya dapat digunakan secara nyaman. Fiturnya pun beragam termasuk dukungan Windows Hello untuk keamanan.

Yang Disukai

  • Konstruksi desain kokoh
  • Kinerja CPU dan GPU bertenaga
  • Kipas tidak berisik
  • Layar IPS 120Hz
  • Dukung Windows Hello
  • Webcam cukup bagus

Yang Tidak Disukai

  • Tidak ada slot SD Card
  • Rasio layar masih 16:9

Gadgetren – HP ZBook Power G10 A merupakan laptop menyasar para profesional kreatif dan pengguna bisnis yang membutuhkan daya komputasi tinggi.

Pasalnya HP ZBook Power G10 A yang dihargai sekitar Rp30 jutaan ini membawa AMD Ryzen 9 PRO 9740HS, RTX 2000 Ada Generation, dan RAM DDR5 16GB yang mana membuatnya menjadi laptop workstation.

Penasaran seperti apa kemampuan dari HP ZBook Power G10 A? Simak ulasannya dari tim Gadgetren untuk melihat performa dan fitur-fitur unggul yang dimilikinya.

Desain

Tampilan Utama

HP ZBook Power G10 A membawa gaya desain yang industrial dengan warna perak menyelimuti keseluruhan bodinya. Pada bagian penutupnya tidak ada pernak pernik sama sekali selain logo HP modern yang biasanya ditemukan pada segmen kelas atas.

Dimensi laptop ini pun terbilang besar mencapai 35x23x2 cm dengan bobot sekitar 2 kg karena masuk sebagai laptop 15,6 inci serta komponen bertenaga yang ada di dalamnya. Sisi baiknya, laptop ini pun terasa sangat kokoh dan premium.

HP ZBook Power G10 A (10)

Lewat rangka aluminium, ketangguhannya pun dibuktikan lewat sertifikasi MIL-STD 810 yang mana berdasarkan kriteria pengujian militer sehingga laptop ini bakal cukup kuat untuk dibawa ke mana-mana.

Laptop ini tentunya sangat cocok digunakan oleh berbagai kalangan di berbagai situasi baik itu formal maupun informal. Namun akibat bodinya yang cukup besar, kamu perlu memastikan punya ruang penyimpanan yang cukup di dalam tas.

Konektivitas

Sebagai laptop kelas workstation, HP ZBook Power G10 A menawarkan dukungan konektivitas yang terbilang lengkap. Pada bagian kanan terdapat 1x USB Type-C Thunderbolt 4, 2x USB Type-A, 1x 3.5mm audio combo, dan Power.

HP ZBook Power G10 A (7)

Penempatan slot Power pun membuatnya selalu ada kabel di samping kanan yang mana bisa jadi ribet ketika menggunakan mouse eksternal. Tidak terlalu menjadi masalah sebenarnya, namun mungkin sebagian orang akan merasa terganggu.

Sementara di sisi kiri terdapat 1x RJ-45, 1x USB, 1x HDMI 2.1, dan 1x nano security lock slot. Sayangnya laptop ini tidak menyediakan slot SD card sehingga perlu menggunakan dongle ketika membutuhkannya.

HP ZBook Power G10 A (4)

Sementara untuk konektivitas nirkabel, HP ZBook Power G10 A sudah menyediakan dukungan teknologi mutakhir lewat  MediaTek Wi-Fi 6E RZ616 (2×2) and Bluetooth 5.3.

Keyboard dan Touchpad

Memanfaatkan ukurannya, HP ZBook Power G10 A pun menghadirkan keyboard berukuran penuh lengkap dengan numpad di sisi kanannya. Tata letak tombol pun ada sedikit perubahan karena beberapa fungsi kini bisa memiliki tombol fisik sendiri.

Hanya saja tombol Power berada di tengah antara tombol Delete dan Prt Scr sehingga perlu berhati-hati agar tidak sengaja tertekan ketika ingin menghapus kata. Untuk menjaga kelancaran alur kerja, disarankan untuk mengatur opsi daya pada Windows agar laptop tidak mati tiba-tiba.

HP ZBook Power G10 A (9)

Bersamaan keyboard dengan backlit warna putih tersebut, laptop ini juga memberikan touchpad yang sangat luas. Letaknya sedikit ke sisi kiri yang mana jadi sering tersentuh tangan, namun untungnya memiliki pendeteksian telapak tangan yang cukup baik sehingga kursor tidak bergerak sendiri.

Touchpad yang luas tentunya membuat jari dapat menelusur dengan mudah dan permukaannya pun dapat merespon jari dengan baik. Sementara setiap tombol keyboard tergolong cukup nyaman untuk dibawa mengetik, namun mungkin untuk sebagian orang akan butuh penyesuaian akibat tata letaknya.

HP ZBook Power G10 A (3)

Di pojok bawah kanan keyboard terdapat sensor pindai jari yang tentunya akan memudahkan proses login ke Windows karena tidak lagi perlu mengandalkan password atau PIN.

Pengujian performa

Sebagai laptop yang ditujukan sebagai workstation, HP ZBook Power G10 A tentunya membawa dapur pacu yang tidak main-pain. Pada pusatnya terdapat AMD Ryzen 9 PRO 9740HS yang dibuat dengan fabrikasi 4nm dan memiliki TDP 45W.

HP ZBook Power G10 A HWiNFO

Prosesor ini membawa 8 Core dan 16 Threads dengan kecepatan maksimal mencapai 5.25 GHz sehingga dipastikan kinerjanya bakal ngebut. Kemampuannya pun langsung terbukti dengan raihan skor tinggi pada Cinebench R23.

HP ZBook Power G10 A berhasil mendapatkan skor 11.851 poin untuk Multi Core dan 1.776 poin untuk Single core. Skor yang bisa dibilang sangat tinggi dari laptop yang pernah tim Gadgetren ulas, sebanding dengan ASUS ROG Zephyrus G14 2023 dan MSI Prestige 13 AI Evo.

HP ZBook Power G10 A Cinebench R23

Oleh karena itu, performa yang dijanjikan oleh Ryzen 9 PRO 9740HS tak perlu diragukan lagi. Prosesor ini menawarkan kinerja yang dapat diandalkan dalam menjalankan berbagai tugas komputasi tinggi.

RAM dan Penyimpanan

Bersamaan dengan prosesor yang bertenaga, laptop ini pun dibekali penyimpanan NVMe berkapasitas 2 TB untuk menjamin sistem bekerja gesit dalam menunjang segala kebutuhan masa kini berkat kecepatan transfer data yang tinggi.

HP ZBook Power G10 A Storage

Pasalnya dalam pengujian menggunakan Crystal Disk Mark 8, SSD tersebut mampu mendapatkan skor hingga 7.084 MB/s untuk Baca dan 6.031 MB/s untuk Tulis yang mana tergolong sangat tinggi dibandingkan laptop mainstream yang biasanya hanya mencapai kisaran 3.000 MB/s saja.

Sementara untuk RAM, HP membenamkan DDR5 64GB untuk menyeimbangi kinerja dari prosesornya. Hal ini pun memastikan proses multitasking maupun segala aplikasi dapat berjalan lancar saat dibuka secara bersamaan.

Performa Office

Dengan segala spesifikasi yang dibawanya mulai, melakukan aktivitas komputasi yang terbilang umum pada laptop ini tentu saja sudah sangat lanca. Tidak ada kendala sama sekali dalam penggunaan sehari-hari khususnya bekerja.

Melakukan multitasking dengan membuka banyak aplikasi sekaligus pun tidak membebani laptop ini karena sistem selalu terasa responsif. Ketangguhannya pun dapat terlihat ketika diuji menggunakan PCMark 10 yang menyimulasikan penggunaan pada umumnya.

HP ZBook Power G10 A PCMark 10

HP ZBook Power G10 A pun meraih skor PCMark 10 mencapai 6.794 poin dengan nilai produktivitas mencapai 9.518 poin. Lagi-lagi angka tersebut tergolong tinggi yang mana bahkan berada di posisi puncak untuk dari pengujian tim Gadgetren sejauh ini.

Oleh karena itu pastinya HP ZBook Power G10 A bisa selalu diandalkan untuk bekerja kantoran maupun yang berhubungan dengan mengolah data dengan nyaman. Hanya saja laptop ini tidak menyediakan Microsoft Office maupun sejenisnya secara langsung di dalamnya.

Performa Kreatif

Satu hal yang sangat menarik, HP ZBook Power G10 A tidak hanya dipersenjatai dengan Ryzen 9 PRO 9740HS dengan Radeon 780M Graphics melainkan juga ditemani NVIDIA RTX 2000 Generasi Ada untuk menunjang kebutuhan olah grafis.

GPU yang dibuat secara khusus untuk kebutuhan visual dan desain industri profesional ini menawarkan performa tinggi pada sebuah laptop workstation. Tentunya GPU ini juga sudah membawa teknologi mutakhir dari NVIDIA seperti DLSS maupun dukungan Ray Tracing untuk menciptakan grafis yang realistis.

HP ZBook Power G10 Blender

Bahkan ketika diuji menggunakan Blender untuk proses render gambar 3D, laptop ini mampu melakukan render dengan jumlah samples per minute mencapai 1.399 untuk tes Monster, 801 untuk tes Junkshop, dan 750 untuk tes Classroom.

Hal ini tentunya membuat HP ZBook Power G10 A bakal sanggup untuk memenuhi kebutuhan visual yang lebih berat, termasuk dalam hal ini pengolahan grafis 3D maupun kegiatan profesional lainnya. Apalagi terdapat sertifikasi ISV untuk menjamin kinerjanya dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk aplikasi sejenis Autodesk AutoCAD dan Dassault SOLIDWORKS.

Performa Gaming

Walaupun laptop workstation ini lebih ditujukan untuk profesional, namun rasanya tidak lengkap jika menguji kemampuannya dalam menjalankan game. Apalagi dapur pacu yang dibawanya sangat bertenaga baik itu CPU maupun GPU. Oleh karena itu laptop ini langsung diuji menjalankan game berat.

Pada Shadow of the Tomb Raider, HP ZBook Power G10 A dengan sangat mudah menjalankannya pada pengaturan grafis High di resolusi native. Dengan rata-rata 99 FPS, pengalaman bermain yang diberikan tentunya sudah sangat lancar dengan gerakan animasi yang halus.

HP ZBook Power G10 A Shadow of Tomb Raider

Sementara untuk game yang lebih berat lagi, Cyberpunk 2077 pun tetap dilibasnya dengan mudah. Bahkan laptop ini mampu mendapatkan rata-rata 50 FPS baik pada pengaturan grafis Ray Tracing: Ultra di resolusi 1440p yang mana tentunya jadi bisa menikmati kualitas visual yang lebih imersif.

HP ZBook Power G10 A Cyberpunk 2077

Suhu dari CPU maupun GPU maksimal berada di 75 °C ketika bermain game tersebut. Menariknya lagi, kipas laptop ini tidak terlalu berisik walaupun tengah bekerja keras. Hal ini tentunya perlu diacungi jempol karena suara kipas masih dalam batas yang sangat wajar dan tidak akan terlalu mengganggu sekitar.

Oleh karena itu tidak masalah jika ingin mengisi waktu luang dengan bermain game karena HP ZBook Power G10 A sanggup untuk menjalankan game modern masa kini dengan nyaman di pengaturan tinggi sekalipun.

Layar dan Speaker

HP ZBook Power G10 A tampil dengan layar IPS berukuran 15,6 inci yang mampu menampilkan gambar dalam resolusi QHD 1440p piksel dalam rasio 16:9 serta memiliki cakupan warna 100% sRGB. Menariknya lagi, layarnya pun sudah mendukung refresh rate hingga 120 Hz.

Alhasil layarnya selain mampu menampilkan gambar secara tajam dengan warna yang menawan juga dapat menghasilkan gerakan animasi yang jauh lebih mulus. Pengalaman penggunaan secara menyeluruh pun bakal terasa lebih nyaman.

HP ZBook Power G10 A (2)

Layar yang bisa dibuka hingga 180 derajat ini pun sudah dilapisi anti glare untuk mengurangi pantulan cahaya dan tidak ada distorsi ketika dilihat dari sudut ekstrem. Menggunakan laptop di bawah terik matahari sekalipun tetap dapat melihat konten di layar dengan cukup jelas.

Bersamaan dengan itu, laptop ini dilengkapi speaker stereo dengan HP Audio yang mampu menghadirkan suara lantang. Vokal terdengar dengan baik yang mana tentunya penting ketika melakukan video konferensi.

Webcam dan Mikrofon

HP ZBook Power G10 A sudah membawa webcam 5MP di bagian atas layar yang turut memiliki shutter fisik untuk menjaga privasi. Webcam laptop ini mampu menangkap dengan jelas di dalam ruangan tanpa muncul banyak noise.

Warna pun direproduksi dengan baik serta tidak overexpose sehingga terlihat natural seperti bagaimana aslinya. Webcam laptop ini pastinya sudah sangat pantas sekali untuk digunakan meeting maupun pertemuan virtual formal lainnya.

HP ZBook Power G10 Webcam

Tak ketinggalan dukungan Windows Hello pun telah tersedia berkat teknologi inframerah yang dimilikinya untuk memindai wajah. Dengan begitu proses login menjadi semakin mudah lagi melengkapi sensor pindai jari sebagai opsi disediakan.

Sementara mikrofon internal dual array yang ada pada laptop ini terbilang sudah memadai. Tidak jauh berbeda dibandingkan laptop lainnya, namun terdapat AI Noise Suppression yang cukup membantu dalam mengurangi suara masuk dari sekitar.

Daya Tahan Baterai

Walaupun membawa spesifikasi yang bertenaga, HP ZBook Power G10 A menariknya tetap efisien dalam penggunaan daya. Hal ini tentunya tidak lepas berkat Ryzen 9 PRO 9740HS yang memiliki TDP 45W saja untuk performa tinggi yang ditawarkannya.

Laptop ini pun berhasil mendapatkan skor 5 jam 4 menit saat diuji menggunakan PCMark 8 dengan parameter Work, kecerahan layar 50%, refresh rate 120Hz dan backlit keyboard mati. Angka yang sangat bersaing dengan berbagai laptop lain yang fokus terhadap produktivitas.

HP ZBook Power G10 A Baterai 120Hz

Sementara dengan parameter serupa namun dengan refresh rate 60Hz, daya tahannya sedikit meningkat menjadi 5 jam 41 menit. Laptop ini pastinya bakal mampu menemani aktivitas keseharian tanpa perlu terlalu sering terhubung ke sumber daya.

HP ZBook Power G10 A Baterai

Hanya saja untuk pengisian dayanya sendiri tergolong cukup lama karena memakan waktu sekitar 4 jam untuk mengisi baterainya yang sebesar 83 Wh. AC power adapter 150W yang menemaninya pun memiliki ukuran besar yang mana semakin memakan tempat penyimpanan.

Kesimpulan

HP ZBook Power G10 A merupakan laptop workstation yang sangat bertenaga sesuai dengan target pasarnya, yakni para profesional yang sering melakukan pengolahan data. Kinerja tinggi yang ditawarkannya membuat laptop ini sangat nyaman untuk mengerjakan segala aktivitas komputasi.

Ukuran bodinya yang besar tentu memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri tergantung kebutuhan masing-masing. Oleh karena itu HP ZBook Power G10 A serasa seperti perangkat yang semi-mobile karena nyaman ketika sudah di lokasi, namun butuh usaha lebih untuk dibawa ke mana-mana ketimbang kelas ultrabook.

HP ZBook Power G10 A (1)

Layar dari laptop ini pun sudah memadai dan menariknya punya webcam yang jelas sehingga tidak masalah untuk digunakan konferensi virtual tanpa perlu menggunakan kamera eksternal. Selain itu keyboard berukuran penuh yang dibawanya pun terbilang nyaman untuk digunakan mengetik.

Pastinya HP ZBook Power G10 A lebih cocok baik kamu yang tidak ingin kompromi soal performa untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Bahkan laptop ini pun bisa saja dibawa bermain game atau menikmati konten hiburan lainnya dengan imersif ketika tengah bersantai.

Tentang penulis

Fauzi Rasyad

Editor Gadgetren yang telah berkecimpung sebagai penulis seputar teknologi sejak tahun 2015. Dunia komputer hingga smartphone sudah cukup lama ia geluti karena memang tertarik melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun.

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Review HP ZBook Power G10 A, Laptop Untuk Para Kreatif Profesional

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us