8 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y12, Masih Layak Dibeli?

8-kelebihan-dan-kekurangan-vivo-y12,-masih-layak-dibeli?

Kelebihan dan Kekurangan vivo Y12 Header

Gadgetren – Bersaing pada segmen kelas menengah, vivo Y12 membawa spesifikasi yang cukup menarik buat kamu yang punya dana terbatas.

Perangkat yang satu ini sudah dibekali dengan sensor fingerprint di bagian belakang untuk otentikasi menggunakan sidik jari sehingga mempercepat pembukaan kunci layar.

Selain itu, vivo Y12 juga sudah dibekali dengan berbagai dukungan lain yang membuatnya cukup memikat untuk dipilih di kelasnya.

Kelebihan vivo Y12

1. Desain Menarik

vivo Y12 hadir dengan tiga pilihan warna yang menarik seperti Aqua Blue menghadirkan warna gradasi biru dan biru muda dengan sentuhan garis-garis cahaya vertikal.

Sementara Burgundy Red menghadirkan warna gradasi merah tua ke merah dengan sentuhan garis-garis cahaya vertikal dan Thunder Black menghadirkan warna gradasi hitam.

Gradasi warna ini terinspirasi dari pemandangan alam dan danau yang indah. Terlihat pergerakan warna yang bergelombang seperti cahaya terbias pada permukaan air. Pada bagian samping bodinya terdapat lengkungan di tiap sisinya untuk genggaman yang lebih nyaman.

2. Lancar Untuk Multitasking

vivo Y12 sudah dilengkapi dengan chipset MediaTek Helio P22 (12nm) Octa-Core 2 GHz yang dikombinasikan dengan RAM 3 GB sehingga sudah cukup dapat menjalankan aplikasi secara multitasking dengan lancar.

Terdapat juga dukungan Ultra Game Mode yang dirancang khusus untuk memberikan pengalaman bermain game yang lebih lancar. Competition Mode aktif dapat meningkatkan performa ketika menjalankan game.

Hadir dengan dua varian, ponsel ini dijual dengan harga Rp1.499.000 untuk penyimpanan internal 32 GB dan Rp1.599.000 untuk penyimpanan internal 64 GB. Namun jika kapasitas internalnya kurang lega, maka dapat juga menambahkan microSD.

3. Layar Luas

Dari bagian depan, vivo Y12 sudah dilengkapi dengan layar Ultra Screen 6,35 inci yang mempunyai rasio 19,3:9 dan resolusi HD+ (1544 x 720 piksel) yang dapat menampilkan konten dengan baik.

Selain untuk menyimpan kamera depan, poni berbentuk waterdrop pada ponsel ini digunakan untuk mengurangi bezel sehingga mampu membuat konten dapat terlihat lebih luas.

4. Hadir dengan Multi Kamera

vivo Y12 hadir dengan dukungan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 13 MP, ultrawide 8 MP, dan depth 2 MP. Kamera ultrawide dapat memudahkan pengambilan foto dengan area luas secara mudah.

Sementara kamera utama dan depth dapat digabungkan untuk menghasilkan foto bokeh secara instan. Adapun kamera depannya mempunyai resolusi 8 MP yang dapat menghasilkan foto selfie dengan baik.

5. Baterai Jumbo

vivo Y12 sudah dilengkapi dengan baterai 5.000 mAh dan didukung fitur hemat daya cerdas yang diklaim vivo mampu bertahan lama dalam pemakaian normal, menonton film, maupun memainkan game.

Terdapat juga Power Saving Mode yang dapat membuat daya tahan baterai menjadi lebih lama lagi karena sistem akan mengatur konsumsi energi menjadi lebih efisien pada saat titik kritis 5% hingga 15%.

Kekurangan vivo Y12

1. Masih Menggunakan Poni

vivo Y12 masih menggunakan poni berbentuk waterdrop di bagian depannya untuk menampung kamera depan sehingga terlihat kurang modern dibandingkan dengan perangkat yang menggunakan punch hole.

2. Belum Ada NFC

Vivo Y12 belum dilengkapi dengan fitur NFC (Near Field Communication) yang padahal ponsel di harga Rp1 jutaan sudah banyak yang mendukung fitur tersebut untuk memudahkan dalam melakukan pembayaran digital maupun e-money.

NFC juga dapat digunakan untuk menduplikasi kartu akses seperti apartemen atau perkantoran sehingga tidak perlu repot-repot lagi mengeluarkan kartu akses fisik.

3. Tidak Ada Fitur Fast Charging

Dengan baterai berkapasitas 5.000mAh, tentunya membuat pengisian daya baterai pada ponsel ini akan terasa lama akibat tidak hadirnya fitur Fast Charging.

Bahkan pada ponsel di harga Rp1 jutaan sudah banyak yang menggunakan fitur Fast Charging dengan 15W atau 18W agar tidak perlu menunggu terlalu lama dalam mengisi daya baterainya.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
8 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y12, Masih Layak Dibeli?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us