Revolusi Hijau : Seni Bertani sambil Merusak Lingkungan

revolusi-hijau-:-seni-bertani-sambil-merusak-lingkungan

Apa itu Revolusi Hijau?

Mubadalah.id – Melihat dari bahasanya, revolusi hijau sekilas seperti sebuah upaya perubahan dengan tetap mempertimbangkan kelestarian dan menjaga lingkungan. Dalam pelaksanaanya revolusi hijau bukanlah pertanian yang menjamin akan kelestarian alam dan keanekaragaman hayati, sebab dalam prosesnya sama sekali tidak ramah lingkungan.

Bagaimana Revolusi Hijau bekerja?

Mulanya revolusi hijau ini dimulai oleh Borlaug dengan menciptakan jenis gandum baru yang ia tanam di Meksiko dan mengkampanyekan penggunaan pupuk kimia serta irigasi modern. Singkat sejarah revolusi hijau mulai Indonesia terapkan ketika masa orde baru.

Penerapan sistem yang dilakukan supaya mendapatkan hasil produksi pertanian yang besar adalah  dengan penggunaan bibit jenis baru hasil rekayasa genetik, pemerataan pembangunan irigasi, serta subsidi penyediaan pupuk kimia. Memang dari usaha yang pemerintah orde baru lakukan ini membuahkan hasil swasembada padi selama 5 tahun dari 1984-1989, tetapi tidak dengan keberlanjutan untuk produksi selanjutnya.

Hasil dari Revolusi Hijau di Indonesia

Usaha pemerintah meningkatkan hasil produksi dengan membuat regulasi serta memfasilitasi petani memberikan hasil panen yang besar. Dari hasil genjotan pemerintah menyediakan bibit unggul, memberi subsidi pupuk kimia serta pemerataan irigasi menghasilkan produksi yang besar dan dapat mencukupi ketahanan pangan.

Selain dari hasil produksi, revolusi hijau juga ikut berkontribusi menghasilkan kerusakan lingkungan. Paling dapat kita rasakan yang disebabkan revolusi hijau adalah ketergantungan bibit, ketergantungan pupuk kimia, serta hama yang bermutasi semakin kuat sebab semakin keras dosis pupuk kimia yang kita gunakan.

Over Produksi pertanian

Pengalihan sistem pertanian tradisional menuju pertanian menggunakan teknologi barang tentu memberikan feedback yang tidak tertandingi. Hasil panen yang melimpah serta bersamaan akan menghasilkan padi yang sangat banyak bahkan bisa melebihi kecukupan.

Fenomena ini dapat menimbulkan over produksi yang berdampak pada nilai jual. Dalam hukum penawaran dan penjualan disebutkan Semakin banyak produsen menawarkan barang, pasokannya meningkat, menyebabkan harganya jatuh. Dalam skenario sebaliknya, harga turun karena permintaan untuk suatu produk menurun, sehingga lebih sedikit perusahaan untuk menghasilkan barang itu.

Ketika panen bersamaan dalam kuantitas tinggi, maka jelas akan menurunkan harga jual dari hasil panen tersebut. Efek dari over produksi menimbulkan nilai jual tidak sebanding dengan biaya produksi. Akibatnya para petani merasakan kerugian yang begitu besar. Untuk menanggulangi hal itu banyak petani yang menahan diri untuk tidak langsung menjual hasil panennya hingga menunggu pasokan pasar padi turun sehingga harganya dapat naik.

Dampak keberlanjutan dari Revolusi Hijau

Seperti yang tadi sedikit saya singgung pada pembahasan sebelumnya, sudah terbayang dampak yang dapat kita rasakan begitu banyak. Dampak keberlanjutan dari revolusi hijau pun cukup menarik untuk sedikit saya uraikan.

Pertama, ketergantungan petani terhadap bibit hasil produksi yang menyebabkan terjadinya kapitalisasi benih. Seperti yang kita tahu bahwa pada masa orde baru pemerintah menyediakan benih jenis baru unggul akan tetapi hal itu bersifat sementara.

Dari sementara waktu itu ternyata membuat petani ketergantungan terhadap benih unggul. Tapi yang jadi masalahnya para petani tidak dapat memproduksi bibit unggul. Akibatnya benih dijadikan komoditas yang memiliki nilai jual tinggi dan dikapitalisasi oleh industri benih.

Kedua, petani ketergantungan terhadap pestisida dan pupuk kimia. Semakin hama mendapat pupuk kimia yang keras, semakin ia bermutasi menjadi hama yang lebih kuat. Hal ini tentu merugikan petani sebab meskipun sudah menggunakan pupuk tapi hama sudah kebal akan dosis yang kecil.

Ketiga, kapitalisasi pupuk dan benih.

Keempat, penggunaan pupuk kimia memberikan dampak terhadap tanah serta air. Unsur kimia yang terdapat pada pupuk kimia akan mencemari tanah dan berdampak pada kesuburannya. Semakin banyak kandungan kimia pada tanah maka tanah tidak akan subur lagi.

Pupuk kimia yang terbawa arus air tidak akan larut dan tidak akan hilang efeknya. Ketika pupuk kimia terbawa arus air maka efek dari bahan kimia tersebut akan mencemari sepanjang aliran air serta tanahnya. Dengan begitu penggunaan pupuk kimia bukan hanya berdampak pada tanah di lokasi tempat pupuk digunakan, malah dapat menyebar luas sebab terbawa air mengalir. []

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Revolusi Hijau : Seni Bertani sambil Merusak Lingkungan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us