Upacara HUT RI di IKN: perayaan yang berlebihan?

upacara-hut-ri-di-ikn:-perayaan-yang-berlebihan?

Peringatan hari kemerdekaan Indonesia ke-79 pada tahun ini berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dan Penurunan Bendera Merah Putih akan diselenggarakan di dua tempat yaitu di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, dan di Istana Negara Jakarta.

Khusus pelaksanaan acara di IKN, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah mengalokasikan dana sebesar Rp87 miliar, belum termasuk dana untuk acara di Jakarta. Dana yang disiapkan untuk perayaan HUT RI di IKN tersebut lebih besar dibandingkan dengan anggaran perayaan serupa di Jakarta tahun lalu.

Presiden Joko “Jokowi” Widodo dikabarkan juga akan mengundang sekitar 1.300 tamu untuk menghadiri perayaan HUT RI di IKN, belum termasuk jumlah masyarakat setempat yang juga akan turut meramaikan acara.

Penyelenggaraan upacara peringatan kemerdekaan Indonesia tahun ini kemudian menjadi sorotan masyarakat. Tingginya anggaran dan minimnya kesiapan IKN sebagai tempat pelaksanaan upacara menuai banyak kritik.

Lantas, apakah pelaksanaan peringatan kemerdekaan tahun ini pantas untuk disebut sebagai selebrasi yang berlebihan?

Dalam episode SuarAkademia terbaru, kami berbincang dengan Felia Primaresti, peneliti bidang politik dari The Indonesian Institute.

Felia mengatakan urgensi pemerintah untuk menyelenggarakan upacara kemerdekaan di IKN ini patut dipertanyakan. Menurutnya, di tengah beratnya situasi ekonomi saat ini, mengeluarkan uang hingga Rp87 miliar untuk sebuah upacara peringatan kemerdekaan terkesan memaksakan.

Felia tidak melihat adanya justifikasi yang kuat dari pemerintah dalam mengadakan upacara ini di IKN, selain hanya sebagai simbol legacy Jokowi semata.

Felia juga menitikberatkan buruknya transparansi pemerintah pada publik dalam pelaksanaan acara upacara ini, terutama dalam hal penyerapan anggaran. Jika menggunakan dana yang cukup besar di tengah situasi ekonomi yang tidak menentu, pemerintah seharusnya memberikan informasi kepada masyarakat secara rinci mengenai penggunaan dananya.

Simak episode lengkapnya hanya di SuarAkademia—ngobrol seru isu terkini, bareng akademisi.

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Upacara HUT RI di IKN: perayaan yang berlebihan?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us